Caramantap

Cara Private Akun Twitter: Simak Langkah Mudahnya

×

Cara Private Akun Twitter: Simak Langkah Mudahnya

Share this article

Twitter merupakan salah satu media sosial yang cukup populer di dunia, termasuk di Indonesia. Dalam menggunakan Twitter, ada beberapa pengguna yang ingin menjaga privasi akun mereka dengan cara memprivate akun Twitter. Nah, bagi kamu yang ingin melakukan langkah ini, simak cara private akun Twitter berikut ini.

1. Masuk ke Akun Twitter

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke akun Twitter kamu. Kemudian, klik foto profil kamu yang terletak di bagian pojok kanan atas halaman Twitter.

2. Pilih “Settings and Privacy”

Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan. Pilih “Settings and Privacy” untuk membuka pengaturan dan privasi akun kamu.

3. Klik “Privacy and Safety”

Di dalam menu “Settings and Privacy”, pilih “Privacy and Safety”. Pada bagian “Privacy”, kamu dapat melakukan beberapa pengaturan privasi, termasuk memprivate akun Twitter kamu.

4. Aktifkan “Protect Your Tweets”

Untuk memprivate akun Twitter kamu, aktifkan opsi “Protect Your Tweets”. Dengan mengaktifkan opsi ini, hanya orang-orang yang kamu pilih yang dapat melihat tweet kamu. Orang-orang yang tidak kamu pilih harus meminta persetujuan terlebih dahulu agar dapat mengikuti akun kamu.

Pos Terkait:  Bagaimana Bunyi Asas Doppler

5. Simpan Perubahan

Setelah melakukan pengaturan privasi, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang telah kamu lakukan. Caranya, klik tombol “Save changes” di bagian bawah halaman.

6. Verifikasi Akun Kamu

Jika kamu ingin memprivate akun Twitter kamu, kamu juga harus melakukan verifikasi akun terlebih dahulu. Kamu dapat melakukan verifikasi akun dengan cara memasukkan nomor telepon atau alamat email. Setelah itu, Twitter akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon atau email kamu.

7. Masukkan Kode Verifikasi

Setelah menerima kode verifikasi dari Twitter, masukkan kode tersebut ke dalam kolom yang tersedia. Setelah itu, akun kamu akan terverifikasi dan kamu dapat memprivate akun Twitter kamu.

8. Batalkan Verifikasi

Jika kamu ingin membatalkan verifikasi akun, kamu dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

– Masuk ke akun Twitter kamu.

– Klik foto profil kamu yang terletak di bagian pojok kanan atas halaman Twitter.

– Pilih “Settings and Privacy”.

– Pilih “Privacy and Safety”.

– Di bagian “Privacy”, nonaktifkan opsi “Protect Your Tweets”.

– Simpan perubahan yang telah kamu lakukan.

9. Jangan Menerima Permintaan Mengikuti dari Orang yang Tidak Dikenal

Jika kamu telah memprivate akun Twitter kamu, pastikan untuk tidak menerima permintaan mengikuti dari orang yang tidak dikenal. Selalu periksa profil orang yang ingin mengikuti akun kamu sebelum memberikan persetujuan.

10. Batasi Orang yang Dapat Melihat Tweet Kamu

Setelah memprivate akun Twitter kamu, kamu juga dapat membatasi orang-orang yang dapat melihat tweet kamu. Caranya, masuk ke pengaturan privasi dan pilih “Tweet Privacy. Di sana, kamu dapat memilih untuk membatasi tweet kamu agar hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang kamu pilih.

11. Jangan Membagikan Informasi Pribadi

Selalu berhati-hati dalam membagikan informasi pribadi di Twitter, terutama jika kamu telah memprivate akun kamu. Pastikan untuk tidak membagikan informasi seperti nomor telepon atau alamat email di tweet kamu.

12. Gunakan Password yang Kuat

Untuk menjaga keamanan akun Twitter kamu, gunakan password yang kuat dan tidak mudah ditebak. Gunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol untuk membuat password yang kuat.

13. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Untuk meningkatkan keamanan akun Twitter kamu, aktifkan verifikasi dua langkah. Dengan mengaktifkan opsi ini, kamu akan menerima kode verifikasi melalui SMS atau aplikasi autentikasi setiap kali kamu masuk ke akun Twitter kamu.

Pos Terkait:  Jelaskan Perbedaan Suksesi Primer dan Suksesi Sekunder

14. Gunakan Aplikasi Keamanan

Twitter juga menyediakan aplikasi keamanan untuk membantu melindungi akun kamu dari ancaman keamanan. Kamu dapat mengunduh aplikasi keamanan Twitter di App Store atau Google Play Store.

15. Hapus Tweet Lama

Untuk menjaga privasi akun Twitter kamu, pastikan untuk menghapus tweet lama yang tidak relevan atau sensitif. Caranya, masuk ke profil kamu dan pilih “Tweets. Di sana, kamu dapat melihat tweet yang telah kamu kirim dan menghapus tweet yang tidak kamu inginkan.

16. Jangan Mudah Percaya dengan Link yang Diterima

Jangan mudah percaya dengan link yang diterima melalui DM atau mention di Twitter. Link tersebut dapat mengandung malware atau phising yang dapat membahayakan akun Twitter kamu.

17. Periksa Aplikasi yang Dapat Mengakses Akun Twitter Kamu

Twitter juga memiliki fitur untuk memeriksa aplikasi yang dapat mengakses akun Twitter kamu. Pastikan untuk memeriksa aplikasi yang telah kamu berikan akses ke akun Twitter kamu dan hapus aplikasi yang tidak kamu gunakan lagi.

18. Batasi Penggunaan Twitter di Perangkat Lain

Jika kamu sering menggunakan Twitter di perangkat lain, pastikan untuk membatasi penggunaan Twitter di perangkat lain. Caranya, masuk ke pengaturan dan pilih “Apps and Devices”. Di sana, kamu dapat memeriksa perangkat mana saja yang telah terhubung dengan akun Twitter kamu.

19. Jangan Gunakan WiFi Publik

Untuk menjaga keamanan akun Twitter kamu, hindari menggunakan WiFi publik. WiFi publik dapat membahayakan keamanan akun kamu karena dapat memungkinkan orang lain untuk mengakses akun Twitter kamu.

20. Gunakan VPN

Jika kamu ingin menggunakan WiFi publik, gunakan VPN untuk membantu melindungi akun Twitter kamu dari ancaman keamanan. VPN akan membantu menyembunyikan alamat IP kamu dan membuat koneksi internet kamu lebih aman.

21. Jangan Menyimpan Password di Perangkat Lain

Jangan menyimpan password akun Twitter kamu di perangkat lain, terutama jika perangkat tersebut bukan milik kamu. Jika kamu ingin menyimpan password akun Twitter kamu di perangkat lain, pastikan untuk menggunakan fitur pengamanan seperti password manager.

22. Gunakan Antivirus

Untuk menjaga keamanan akun Twitter kamu, pastikan untuk menggunakan antivirus yang terbaru dan terpercaya. Antivirus akan membantu melindungi akun Twitter kamu dari serangan malware dan virus.

Pos Terkait:  51 Kode Cheat Need For Speed Underground 2 di PC dan Cara Menggunakannya

23. Hindari Memakai Password yang Sama dengan Media Sosial Lain

Jangan menggunakan password yang sama dengan media sosial lain untuk akun Twitter kamu. Jika password kamu terbocor di salah satu media sosial, maka akun Twitter kamu juga dapat terancam keamanannya.

24. Perbarui Aplikasi Twitter

Untuk menjaga keamanan akun Twitter kamu, pastikan untuk selalu memperbarui aplikasi Twitter kamu ke versi yang terbaru. Versi terbaru aplikasi Twitter akan memiliki fitur keamanan yang lebih baik dan dapat membantu melindungi akun Twitter kamu.

25. Gunakan Fitur Pengamanan Twitter Lainnya

Twitter juga memiliki fitur pengamanan lainnya seperti “Login Verification” dan “Security Key. Pastikan untuk menggunakan fitur pengamanan ini untuk meningkatkan keamanan akun Twitter kamu.

26. Jangan Mudah Percaya dengan DM dari Orang yang Tidak Dikenal

Jangan mudah percaya dengan DM yang diterima dari orang yang tidak dikenal di Twitter. DM tersebut dapat mengandung phising atau malware yang dapat membahayakan akun Twitter kamu.

27. Batasi Penggunaan Twitter di Perangkat yang Dapat Diakses Orang Lain

Jika kamu menggunakan Twitter di perangkat yang dapat diakses orang lain seperti komputer umum, pastikan untuk membatasi penggunaan Twitter kamu di perangkat tersebut. Setelah selesai menggunakan Twitter, pastikan untuk keluar dari akun Twitter kamu.

28. Jangan Gunakan Foto Profil yang Terlalu Pribadi

Jangan menggunakan foto profil yang terlalu pribadi di akun Twitter kamu. Foto profil yang terlalu pribadi dapat membahayakan privasi kamu.

29. Jangan Menambahkan Orang yang Tidak Dikenal

Jangan menambahkan orang yang tidak dikenal di akun Twitter kamu. Orang yang tidak kamu kenal dapat membahayakan privasi dan keamanan akun Twitter kamu.

30. Jangan Membagikan Informasi yang Tidak Perlu

Terakhir, jangan membagikan informasi yang tidak perlu di akun Twitter kamu. Informasi yang tidak perlu dapat membahayakan privasi kamu dan membuat akun Twitter kamu rentan terhadap serangan keamanan.

Kesimpulan

Memprivate akun Twitter dapat membantu menjaga privasi kamu di media sosial. Namun, kamu juga harus tetap berhati-hati dalam menggunakan Twitter dan menjaga keamanan akun kamu. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat memprivate akun Twitter kamu dengan mudah dan menjaga keamanan akun kamu dari ancaman keamanan.

close