CaramantapHubungan PribadiMakanan dan PenjamuanPeliharaan & Hewan

Penjelasan Bahan Organik, Humus, dan Jejaring Makanan dalam Tanah

×

Penjelasan Bahan Organik, Humus, dan Jejaring Makanan dalam Tanah

Share this article

Apa itu Bahan Organik, Humus, dan Jejaring Makanan dalam Tanah?

Berikut penjelasan selengkapnya;

Pemahaman tentang peranan organisme tanah merupakan hal penting dalam pengelolaan tanah berkelanjutan. Berdasarkan pemahaman ini fokus pembahasan kita diarahkan pada strategi untuk membangun jumlah dan keragaman organisme tanah. Seperti halnya sapi dan hewan ternak lainnya, peternakan tanah memerlukan makanan yang tepat. Makanan itu berasal dari bahan organik.

Bahan organik dan humus merupakan istilah yang menggambarkan arti yang agak berbeda tetapi merupakan sesuatu yang berhubungan. Bahan organik menunjukkan fraksi tanah yang tersusun atas organisme hidup dan residu tanaman dalam berbagai tahap dekomposisi. Humus hanya merupakan bagian kecil dari bahan organik.

Humus merupakan produk akhir dekomposisi bahan organik dan bersifat relatif stabil. Dekomposisi selanjutnya dari humus terjadi sangat lambat baik dalam kondisi alami maupun pada lahan pertanian. Di dalam sistem alami, keseimbangan dicapai antara jumlah pembentukan humus dan jumlah penguraian humus. Keseimbangan juga terjadi pada kebanyakan lahan pertanian, tetapi seringkali pada level humus tanah yang jauh lebih rendah.

Humus memberikan kontribusi terhadap struktur tanah, yang pada gilirannya menghasilkan tanaman kualitas tinggi. Hal ini jelas bahwa pengelolaan bahan organik dan humus merupakan hal yang sangat penting untuk mempertahankan keberlanjutan seluruh ekosistem tanah.

Pos Terkait:  cara pembayaran baf di atm bca

Manfaat topsoil yang kaya dalam kandungan bahan organik dan humus adalah banyak sekali. Antara lain, kecepatan dekomposisi residu tanaman

meningkat, granulasi tanah akan membentuk agregat yang stabil, mengurangi terbentuknya kerak dan bongkahan keras, memperbaiki drainase internal, infiltrasi air menjadi lebih baik, dan kapasitas pegang air dan hara meningkat.

Perbaikan struktur tanah memudahkan pengolahan tanah, meningkatkan kapasitas pegang air tanah, mengurangi erosi, pembentukan dan pemanenan tanaman yang dikonsumsi di bagian akarnya menjadi lebih baik, dan sistem perakaran tanaman menjadi lebih dalam dan subur.

Bahan organik tanah dapat diumpamakan sebagai bank hara tanaman. Tanah yang mengandung 4% bahan organik di lapisan atasnya akan mempunyai 80.000 kg bahan organik per hektarnya. 80.000 kg bahan organik akan mengandung kira-kira 5.25% N, bila dikonversi sebesar 4.200 kg/ha.

Dengan asumsi 5% laju pelepasan terjadi selama musim tanam, bahan organik tersebut dapat menyuplai 210 kg N untuk tanaman. Namun jika bahan organik tersebut dimungkinkan mendegradasi dan melepaskan N, maka pupuk buatan akan diperlukan untuk menyangga hasil tanaman.

Seluruh organisme tanah yang telah disebutkan di atas, kecuali Ganggang, bergantung pada bahan organik sebagai sumber makannya. Jadi, untuk mempertahankan populasinya, bahan organik harus diperbaharui dari tanaman yang tumbuh di atas tanah atau dari kotoran hewan ternak, kompos atau bahan lain yang diimpos dari luar daerah.

Pos Terkait:  Memahami dan Menghargai Perbedaan Jumlah Bilangan Rakaat

Ketika hewan-hewan tanah memakannya, maka kesuburan tanah akan meningkat dan tanah akan memberikan makanan bagi tanaman.

Akhirnya, membangun bahan organik dan humus di dalam tanah merupakan suatu bahan mengelola organisme hidup di dalam tanah, yang merupakan sesuatu yang berhubungan erat dengan pengelolaan kehidupan atau peternakan hewan di dalam tanah.

Hal ini memerlukan pekerjaan untuk mempertahankan kondisi kelembaban, temperatur, status hara, pH, dan aerasi yang sesuai di dalam tanah. Ini juga melibatkan pemberian sumber makanan yang konstan dari bahan organik segar.

Bila kita simpulkan prinsip pengelolaan tanah berkelanjutan adalah:

1. Hewan tanah mendaur ulang hara dan memberikan banyak manfaat.

2. Bahan organik merupakan makanan hewan tanah.

3. Tanah seharusnya tertutup untuk melindunginya dari erosi dan temperatur yang ekstrim.

4. Pengolahan tanah mempercepat proses dekomposisi bahan organik.

5. Nitrogen yang berlebihan mempercepat dekomposisi bahan organik, jumlah nitrogen yang tidak memadai memperlambat dekomposisi bahan organik dan tanaman mengalami kekurangan hara N.

6. Pembajakan tanah mempercepat dekomposisi bahan organik, merusak habitat alami cacing tanah, dan meningkatkan erosi.

7. Untuk membangun bahan organik tanah, produksi atau penambahan bahan organik harus melebihi dekomposisi bahan organik.

Pos Terkait:  Cara Kerja Broker Forex: Panduan Lengkap untuk Pemula

8. Tingkat kesuburan tanah memerlukan kisaran N yang sesuai sebelum program pembangunan tanah dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close