Cara Merubah Tulisan di HP Oppo

Posted on

HP Oppo merupakan salah satu jenis ponsel yang digemari oleh banyak orang di Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, fitur yang disediakan juga cukup lengkap. Namun, ada kalanya pengguna merasa kurang nyaman dengan jenis tulisan yang digunakan oleh HP Oppo. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara merubah tulisan di HP Oppo.

Pilih Bahasa

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih bahasa yang ingin digunakan. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” di HP Oppo Anda. Kemudian, pilih menu “Bahasa & Masukan”. Di sana, Anda akan menemukan berbagai pilihan bahasa yang bisa dipilih, seperti bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan lain sebagainya. Pilihlah bahasa yang diinginkan dan simpan perubahan.

Ubah Jenis Tulisan

Selain memilih bahasa, Anda juga bisa mengubah jenis tulisan yang digunakan oleh HP Oppo. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih menu “Bahasa & Masukan”. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Tulisan”. Pilihlah jenis tulisan yang diinginkan, seperti huruf besar atau kecil, tulisan tebal atau miring, dan sebagainya. Setelah itu, simpan perubahan yang telah dilakukan.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak puas dengan jenis tulisan yang tersedia di HP Oppo, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk merubahnya. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan antara lain “iFont” dan “GO Launcher. Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut melalui Play Store atau App Store. Setelah itu, ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengubah jenis tulisan pada HP Oppo Anda.

Mengubah Ukuran Tulisan

Ada kalanya pengguna merasa kesulitan untuk membaca tulisan di HP Oppo karena ukurannya terlalu kecil atau terlalu besar. Oleh karena itu, Anda bisa mengubah ukuran tulisan tersebut sesuai dengan kebutuhan. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih menu “Bahasa & Masukan”. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Ukuran Tulisan”. Pilihlah ukuran yang diinginkan dan simpan perubahan.

Mengubah Warna Tulisan

Jika Anda bosan dengan warna tulisan yang monoton, Anda bisa mengubahnya menjadi lebih berwarna. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih menu “Bahasa & Masukan”. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Warna Tulisan”. Pilihlah warna yang diinginkan dan simpan perubahan.

Pos Terkait:  Cara Mengembalikan Notifikasi yang Terhapus

Mengubah Gaya Tulisan

Tidak hanya jenis tulisan saja yang bisa diubah, namun gaya tulisan juga bisa disesuaikan dengan selera Anda. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih menu “Bahasa & Masukan”. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Gaya Tulisan”. Pilihlah gaya tulisan yang diinginkan, seperti Latin, Cina, atau Arab, dan simpan perubahan.

Mengubah Jenis Huruf

Bagi pengguna yang ingin merubah jenis huruf pada HP Oppo, caranya cukup mudah. Masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih menu “Bahasa & Masukan”. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Jenis Huruf”. Pilihlah jenis huruf yang diinginkan, seperti Arial, Times New Roman, atau Verdana, dan simpan perubahan.

Mengubah Tampilan Aplikasi

Untuk mengubah tampilan aplikasi pada HP Oppo, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Nova Launcher” atau “Apex Launcher. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan antarmuka pada HP Oppo menjadi lebih menarik dan personal. Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut melalui Play Store atau App Store.

Mengubah Tampilan Tema

HP Oppo juga menyediakan berbagai tema yang bisa digunakan oleh pengguna. Namun, jika Anda masih ingin mengubah tampilan tema, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Zedge” atau “Walli. Aplikasi tersebut menyediakan berbagai tema yang bisa diunduh secara gratis.

Mengatur Kecerahan Layar

Untuk membuat tulisan pada HP Oppo lebih jelas dan mudah dibaca, Anda bisa mengatur kecerahan layar. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih menu “Tampilan”. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Kecerahan Layar”. Pilihlah kecerahan yang diinginkan dan simpan perubahan.

Mengatur Kontras Layar

Mengatur kontras layar juga bisa membantu membuat tulisan pada HP Oppo lebih jelas dan mudah dibaca. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih menu “Tampilan”. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Kontras Layar”. Pilihlah kontras yang diinginkan dan simpan perubahan.

Menambahkan Widget

Widget adalah salah satu fitur yang sangat berguna pada HP Oppo. Anda bisa menambahkan widget seperti jam, cuaca, atau kalender untuk mempermudah penggunaan HP Oppo. Caranya, tap dan tahan pada layar utama HP Oppo Anda. Kemudian, pilih opsi “Widget” dan pilih widget yang diinginkan. Setelah itu, tarik widget tersebut ke layar utama HP Oppo Anda.

Menambahkan Shortcuts

Shortcuts juga bisa membantu mempermudah penggunaan HP Oppo. Anda bisa menambahkan shortcuts untuk aplikasi yang sering digunakan, seperti WhatsApp atau Instagram. Caranya, tap dan tahan pada aplikasi yang ingin ditambahkan shortcut-nya. Kemudian, pilih opsi “Tambahkan Shortcuts” dan simpan perubahan.

Pos Terkait:  Cara Menghubungkan Headset ke PC Windows 10

Mengaktifkan Mode Malam

Mode malam sangat berguna bagi pengguna yang sering menggunakan HP Oppo di malam hari. Mode ini akan mengurangi cahaya yang dipancarkan oleh layar HP Oppo, sehingga mata tidak akan cepat lelah. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih menu “Tampilan”. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Mode Malam”. Aktifkan opsi tersebut dan simpan perubahan.

Mengaktifkan Mode Hemat Baterai

Mode hemat baterai sangat berguna bagi pengguna yang sering menggunakan HP Oppo dalam waktu yang lama. Mode ini akan mengurangi penggunaan daya baterai pada HP Oppo, sehingga baterai akan lebih awet. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih menu “Baterai”. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Mode Hemat Baterai”. Aktifkan opsi tersebut dan simpan perubahan.

Mengaktifkan Mode Penghemat Data

Mode penghemat data sangat berguna bagi pengguna yang sering menggunakan internet pada HP Oppo. Mode ini akan mengurangi penggunaan data internet pada HP Oppo, sehingga kuota internet tidak cepat habis. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih menu “Jaringan Seluler”. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Mode Penghemat Data”. Aktifkan opsi tersebut dan simpan perubahan.

Menambahkan Fingerprint

Fingerprint adalah salah satu fitur keamanan yang sangat berguna pada HP Oppo. Anda bisa menambahkan fingerprint untuk membuka kunci layar HP Oppo Anda. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih menu “Keamanan”. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Fingerprint”. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menambahkan fingerprint pada HP Oppo Anda.

Menambahkan PIN atau Pola Layar

Anda juga bisa menambahkan PIN atau pola layar sebagai salah satu fitur keamanan pada HP Oppo. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih menu “Keamanan”. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Kunci Layar”. Pilihlah opsi “PIN” atau “Pola” dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menambahkan PIN atau pola layar pada HP Oppo Anda.

Menambahkan Sinyal

Sinyal adalah salah satu fitur penting pada HP Oppo. Jika sinyal kurang baik, maka pengguna tidak akan bisa menggunakan internet atau menerima panggilan. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan sinyal pada HP Oppo Anda dengan cara memasang antena penguat sinyal atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “OpenSignal”.

Menambahkan Memory Eksternal

Jika penyimpanan internal pada HP Oppo sudah penuh, maka Anda bisa menambahkan memory eksternal untuk memperluas kapasitas penyimpanan. Caranya, beli memory eksternal yang sesuai dengan jenis HP Oppo Anda. Setelah itu, pasang memory eksternal tersebut pada slot yang tersedia di HP Oppo Anda.

Pos Terkait:  10 Kode Redeem FF 10 Januari Terbaru, Buruan Cepat

Memperbarui Sistem Operasi

Memperbarui sistem operasi pada HP Oppo sangat penting untuk menjaga kinerja HP Oppo tetap optimal. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih menu “Tentang Ponsel”. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Pembaruan Perangkat Lunak”. Jika ada pembaruan yang tersedia, ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk memperbarui sistem operasi pada HP Oppo Anda.

Menghapus Aplikasi Tidak Penting

Jika penyimpanan internal pada HP Oppo sudah penuh, maka Anda bisa menghapus aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih menu “Aplikasi”. Di sana, Anda akan menemukan daftar aplikasi yang terpasang pada HP Oppo Anda. Pilihlah aplikasi yang ingin dihapus dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menghapus aplikasi tersebut.

Mengoptimalkan Penggunaan Baterai

Agar baterai pada HP Oppo lebih awet, Anda bisa mengoptimalkan penggunaannya dengan cara mengurangi kecerahan layar, menonaktifkan fitur GPS atau Bluetooth saat tidak digunakan, dan menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih menu “Baterai”. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Optimalkan Penggunaan Baterai”. Aktifkan opsi tersebut dan simpan perubahan.

Menambahkan RAM

Jika HP Oppo Anda sering mengalami lag atau lemot, maka Anda bisa menambahkan RAM pada HP Oppo Anda. Caranya, beli RAM yang sesuai dengan jenis HP Oppo Anda. Setelah itu, bawa HP Oppo Anda ke tempat service HP terdekat untuk dipasangkan RAM tersebut.

Menambahkan Kapasitas Baterai

Jika baterai pada HP Oppo Anda sering cepat habis, maka Anda bisa menambahkan kapasitas baterai pada HP Oppo Anda. Caranya, beli baterai yang memiliki kapasitas lebih besar dari baterai asli HP Oppo Anda. Setelah itu, bawa HP Oppo Anda ke tempat service HP terdekat untuk dipasangkan baterai tersebut.

Menghapus Cache Aplikasi

Cache aplikasi bisa memakan ruang penyimpanan pada HP Oppo Anda. Oleh karena itu, Anda bisa menghapus cache aplikasi secara berkala untuk menghemat ruang penyimpanan. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan” dan pilih menu “Aplikasi”. Di sana, Anda akan menemukan daftar aplikasi yang terpasang pada HP Oppo Anda. Pilihlah aplikasi yang ingin dihapus cache-nya dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menghapus cache tersebut.

Menghapus File Sampah</