Caramantap

Cara Menghilangkan Suara Vokal di Video

×

Cara Menghilangkan Suara Vokal di Video

Share this article

Jika Anda seorang videographer atau content creator, mungkin pernah mengalami kesulitan ketika ingin menghilangkan suara vokal di dalam video. Suara vokal bisa menjadi penghalang dalam membuat video yang berkualitas. Apakah Anda pernah mengalami hal tersebut?

Jangan khawatir, di artikel ini akan dibahas cara menghilangkan suara vokal di video dengan mudah dan cepat. Simak artikel ini sampai selesai dan jangan lewatkan tips-tips yang akan diberikan.

1. Menggunakan Software Editing Video

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan suara vokal di video adalah dengan menggunakan software editing video. Ada beberapa software editing video yang bisa digunakan seperti Adobe Premiere, Final Cut Pro, atau Vegas Pro.

Langkah-langkahnya pun cukup mudah. Pertama, import video yang akan diedit ke dalam software editing video. Kemudian, pilih audio track yang ingin dihapus suaranya dan hapus track tersebut.

Setelah itu, tambahkan track audio baru tanpa suara vokal ke dalam video. Anda bisa mendapatkan track audio tanpa suara vokal di internet atau membuatnya sendiri menggunakan software audio editing seperti Audacity.

Pos Terkait:  Mengapa Melukis Berbeda dengan Menggambar? Jelaskan

2. Menggunakan Aplikasi Online

Jika Anda tidak memiliki software editing video atau tidak ingin menginstal software di komputer Anda, Anda bisa menggunakan aplikasi online untuk menghilangkan suara vokal di video. Ada beberapa aplikasi online yang bisa digunakan seperti Kapwing, CloudConvert, atau Clideo.

Langkah-langkahnya pun cukup mudah. Pertama, upload video yang akan dihilangkan suara vokalnya ke dalam aplikasi online. Kemudian, pilih opsi menghilangkan suara vokal atau menghapus audio track.

Setelah itu, download video yang telah dihilangkan suara vokalnya dan Anda siap menggunakannya.

3. Menggunakan Plugin atau Add-On

Jika Anda menggunakan software editing video seperti Adobe Premiere atau Final Cut Pro, Anda bisa menggunakan plugin atau add-on untuk menghilangkan suara vokal di video. Ada beberapa plugin atau add-on yang bisa digunakan seperti Audacity, iZotope RX, atau WavePad.

Langkah-langkahnya pun cukup mudah. Pertama, instal plugin atau add-on yang ingin digunakan ke dalam software editing video. Kemudian, pilih audio track yang ingin dihilangkan suara vokalnya dan hapus track tersebut.

Setelah itu, tambahkan track audio baru tanpa suara vokal ke dalam video. Anda bisa mendapatkan track audio tanpa suara vokal di internet atau membuatnya sendiri menggunakan software audio editing seperti Audacity.

Pos Terkait:  Cara Bayar Tiket Lion Air via Mobile Banking Mandiri

4. Menutup Suara Vokal dengan Suara Lain

Jika Anda tidak ingin menghilangkan suara vokal di video secara keseluruhan, Anda bisa menutup suara vokal dengan suara lain seperti musik atau efek suara. Cara ini bisa membuat video Anda lebih menarik dan berbeda dari video lainnya.

Langkah-langkahnya pun cukup mudah. Pertama, pilih musik atau efek suara yang ingin digunakan. Kemudian, tambahkan musik atau efek suara tersebut ke dalam video.

Setelah itu, atur volume suara vokal dan suara lainnya agar tidak saling tumpang tindih dan mengganggu pendengaran.

5. Merekam Ulang Audio

Jika Anda memiliki waktu dan sumber daya yang cukup, cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghilangkan suara vokal di video adalah dengan merekam ulang audio. Cara ini bisa menjadi solusi terbaik jika kualitas audio yang ingin dihilangkan suara vokalnya tidak cukup baik.

Langkah-langkahnya pun cukup mudah. Pertama, putar video yang ingin dihilangkan suara vokalnya dan rekam audio baru menggunakan microphone.

Setelah itu, tambahkan audio baru tersebut ke dalam video dan hilangkan audio track yang ingin dihapus suaranya.

Kesimpulan

Menghilangkan suara vokal di video bisa menjadi tantangan bagi seorang videographer atau content creator. Namun, dengan cara-cara yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa menghilangkan suara vokal di video dengan mudah dan cepat.

Pos Terkait:  Player Mobile Legends dengan Pendapatan Tertinggi, RRQ

Jangan lupa untuk memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan jangan ragu untuk mencoba cara-cara tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close