Cara Edit Video Potrait Menjadi Landscape

Posted on

Mungkin kamu pernah mengambil video dengan posisi potrait, seperti saat merekam video menggunakan smartphone. Namun, saat kamu memutar video tersebut di layar yang lebih besar, seperti televisi atau monitor komputer, video tersebut akan terlihat sangat kecil atau bahkan tidak bisa ditampilkan dengan baik.

Namun, jangan khawatir karena kamu masih bisa mengubah video potrait tersebut menjadi landscape dengan menggunakan software editing video. Berikut adalah cara edit video potrait menjadi landscape yang bisa kamu coba:

1. Pilih Software Editing Video

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih software editing video yang akan kamu gunakan. Ada banyak software editing video yang bisa kamu gunakan, seperti Adobe Premiere, Final Cut Pro, atau iMovie.

Pilihlah software editing video yang kamu kuasai atau yang paling mudah digunakan sehingga kamu bisa mengedit video dengan lebih mudah.

Pos Terkait:  Cara Mengembalikan IMEI yang Hilang Tanpa Root

2. Import Video Potrait ke dalam Software

Setelah memilih software editing video, langkah selanjutnya adalah mengimport video potrait yang ingin kamu edit ke dalam software tersebut. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka software editing video dan menekan tombol import file, lalu pilih video potrait yang ingin kamu edit.

3. Buat Sequence Baru

Sebelum mulai mengedit video, kamu perlu membuat sequence baru dengan ukuran landscape agar video potrait bisa ditampilkan dengan baik. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuat sequence baru dengan ukuran 1920 x 1080 pixel untuk video Full HD atau 1280 x 720 pixel untuk video HD.

4. Drag Video ke Timeline

Setelah membuat sequence baru, kamu bisa mulai mengedit video. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu men-drag video potrait ke timeline dan posisikan video tersebut di tengah layar.

5. Crop Video

Jika kamu ingin mengubah bagian video yang terpotong, kamu bisa menggunakan fitur crop pada software editing video yang kamu gunakan. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu men-select video dan memilih fitur crop, lalu sesuaikan bagian video yang ingin kamu potong.

6. Scale Video

Jika video potrait terlihat terlalu kecil di dalam layar landscape, kamu bisa menggunakan fitur scale pada software editing video untuk memperbesar ukuran video. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu men-select video dan memilih fitur scale, lalu sesuaikan ukuran video dengan layar.

Pos Terkait:  Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

7. Gunakan Background

Jika kamu ingin menambahkan background pada video yang sudah diubah menjadi landscape, kamu bisa menggunakan fitur background pada software editing video. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu men-select video dan memilih fitur background, lalu pilih warna atau gambar yang ingin kamu gunakan sebagai background.

8. Tambahkan Efek Transisi

Untuk membuat video terlihat lebih profesional, kamu bisa menambahkan efek transisi pada video. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu men-select video dan memilih efek transisi yang ingin kamu gunakan, lalu atur durasi dan kecepatan efek transisi tersebut.

9. Sesuaikan Audio

Jika video potrait memiliki audio yang terpotong, kamu bisa menggunakan fitur audio pada software editing video untuk memperbaiki audio tersebut. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu men-select audio dan memilih fitur audio, lalu atur volume dan kualitas audio tersebut.

10. Export Video

Setelah selesai mengedit video, kamu bisa mengekspor video tersebut ke dalam format yang kamu inginkan, seperti MP4 atau AVI. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memilih format dan atur kualitas video yang ingin kamu export, lalu tunggu proses ekspor selesai.

Itulah cara edit video potrait menjadi landscape yang bisa kamu coba. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat video potrait terlihat lebih baik saat ditampilkan di layar yang lebih besar.

Pos Terkait:  Cara Convert YouTube ke MP3 Online: Mudah dan Cepat

Jangan lupa untuk selalu mencoba dan bereksperimen dengan berbagai fitur pada software editing video agar kamu bisa menghasilkan video yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *