Caramantap

Cara Merubah Format Flashdisk Exfat ke Fat32

×

Cara Merubah Format Flashdisk Exfat ke Fat32

Share this article

Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan yang sangat populer digunakan oleh banyak orang karena ukurannya yang kecil dan mudah dibawa-bawa. Namun, terkadang kita membutuhkan untuk mengubah format flashdisk exfat ke fat32 agar bisa digunakan pada perangkat yang tidak mendukung format exfat. Berikut adalah cara merubah format flashdisk exfat ke fat32:

1. Backup Data dari Flashdisk

Sebelum merubah format flashdisk exfat ke fat32, pastikan untuk melakukan backup data dari flashdisk terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kehilangan data yang ada pada flashdisk selama proses merubah format.

2. Buka Disk Management

Setelah melakukan backup data dari flashdisk, buka disk management pada komputer. Caranya adalah dengan menekan tombol windows + R pada keyboard, kemudian ketik “diskmgmt.msc” dan tekan enter.

3. Pilih Flashdisk yang Akan Dirubah Formatnya

Pada disk management, pilih flashdisk yang akan dirubah formatnya. Pastikan flashdisk yang akan dirubah formatnya sudah terhubung pada komputer.

Pos Terkait:  Bagaimana Seorang Mukmin Harus Bersikap Ketika Meraih Kesuksesan

4. Hapus Partisi yang Ada pada Flashdisk

Setelah memilih flashdisk yang akan dirubah formatnya, hapus partisi yang ada pada flashdisk dengan cara klik kanan pada partisi dan pilih “Delete Volume.

5. Buat Partisi Baru dengan Format Fat32

Setelah partisi dihapus, buat partisi baru pada flashdisk dengan format fat32 dengan cara klik kanan pada flashdisk dan pilih “New Simple Volume. Kemudian ikuti langkah-langkah yang ada pada wizard yang muncul.

6. Selesai

Setelah proses pembuatan partisi baru selesai, flashdisk sudah berhasil dirubah formatnya dari exfat ke fat32 dan bisa digunakan pada perangkat yang tidak mendukung format exfat.

Kesimpulan

Merubah format flashdisk exfat ke fat32 cukup mudah dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah diatas. Namun, pastikan untuk melakukan backup data dari flashdisk terlebih dahulu agar tidak terjadi kehilangan data selama proses merubah format. Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa merubah format flashdisk akan menghapus semua data yang ada pada flashdisk, sehingga pastikan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close