Caramantap

Ternyata Bisa, Ini Cara Membuat Header dan Footer di Excel

×

Ternyata Bisa, Ini Cara Membuat Header dan Footer di Excel

Share this article

Excel bukan hanya digunakan untuk membuat tabel atau grafik saja, tetapi juga bisa untuk membuat header dan footer pada lembar kerja. Dengan membuat header dan footer, kita bisa menambahkan informasi penting seperti judul dokumen, tanggal cetak, nomor halaman, dan lain-lain. Bagi yang belum tahu, berikut adalah cara membuat header dan footer di Excel.

1. Buka Lembar Kerja Excel

Pertama-tama, buka lembar kerja Excel yang ingin ditambahkan header atau footer-nya. Pilih tab Insert pada menu bar, lalu klik Header & Footer pada grup Text.

2. Pilih Jenis Header atau Footer

Setelah memilih Header & Footer, akan muncul tiga pilihan header dan footer, yaitu Header kosong, Footer kosong, dan pilihan header dan footer siap pakai. Pilih jenis header atau footer yang ingin ditambahkan pada lembar kerja.

3. Tambahkan Isi Header atau Footer

Setelah memilih jenis header atau footer, kita bisa menambahkan isi header atau footer dengan mengklik bagian kiri, tengah, atau kanan pada bagian header atau footer yang sudah dipilih. Isi header atau footer bisa berupa teks, gambar, atau karakter khusus seperti tanggal dan nomor halaman.

Pos Terkait:  Cara Menghapus History Play Store

4. Ubah Format Teks dan Karakter

Jika ingin mengubah format teks atau karakter pada header atau footer, kita bisa memilih teks atau karakter tersebut, lalu mengklik opsi Format pada grup Header & Footer Tools Design. Di sini, kita bisa mengubah jenis font, ukuran font, warna font, dan lain-lain.

5. Simpan dan Cetak Dokumen

Setelah selesai membuat header atau footer, jangan lupa untuk menyimpan dokumen dan mencetaknya. Header atau footer akan muncul pada setiap halaman saat dicetak, sehingga dokumen akan terlihat lebih profesional dan rapi.

6. Tips untuk Membuat Header dan Footer

Agar header dan footer terlihat lebih baik dan berguna, berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti:

7. Kesimpulan

Membuat header dan footer di Excel tidaklah sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita bisa menambahkan informasi penting pada dokumen serta membuatnya terlihat lebih profesional dan rapi. Selamat mencoba!

Pos Terkait:  Category Games Page 7: Kumpulan Game Seru untuk Dimainkan di Halaman 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close