Caramantap

Cara Menghilangkan Suara Bising di Video – Tips Ampuh!

×

Cara Menghilangkan Suara Bising di Video – Tips Ampuh!

Share this article

Video adalah salah satu media yang sangat populer saat ini. Namun, terkadang saat merekam video, suara bising bisa mengganggu kualitas rekaman. Untungnya, ada beberapa cara untuk menghilangkan suara bising di video. Berikut adalah tips ampuh untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Gunakan Mikrofon yang Lebih Baik

Mikrofon adalah salah satu faktor kunci dalam merekam suara yang baik. Jika Anda mengalami masalah suara bising di video, pertama-tama Anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti mikrofon Anda. Pastikan Anda menggunakan mikrofon yang berkualitas tinggi yang dapat mengurangi suara bising.

2. Rekam Video di Tempat yang Tenang

Suara bising seringkali disebabkan oleh lingkungan yang bising. Jadi, pastikan bahwa Anda merekam video di tempat yang tenang. Hindari merekam video di tempat yang ramai seperti jalan raya atau tempat keramaian.

3. Gunakan Filter Suara pada Perangkat Lunak Edit Video

Jika Anda sudah merekam video dan masih mengalami masalah suara bising, Anda dapat menggunakan fitur filter suara pada perangkat lunak edit video. Filter suara dapat membantu menghilangkan suara bising dengan mudah.

Pos Terkait:  Lirik Mengapa Engkau Datang Bila Untuk Pergi: Sebuah Lagu yang Menyentuh Hati

4. Gunakan Perangkat Lunak Perekam Suara yang Lebih Baik

Jika Anda sering merekam video dengan suara bising, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak perekam suara yang lebih baik. Perangkat lunak perekam suara yang lebih baik dapat menghasilkan suara yang lebih baik dan mengurangi suara bising.

5. Gunakan Teknik Penyaringan Suara

Teknik penyaringan suara adalah teknik yang dapat digunakan untuk menghilangkan suara bising dari rekaman audio atau video. Teknik ini melibatkan penggunaan perangkat lunak khusus yang dapat memisahkan suara yang diinginkan dari suara bising.

6. Gunakan Mikrofon Lapel

Mikrofon lapel adalah mikrofon yang ditempelkan pada pakaian Anda. Mikrofon ini sangat berguna ketika merekam video di tempat yang bising atau ketika Anda berbicara di depan kamera. Dengan menggunakan mikrofon lapel, suara Anda akan lebih jelas dan bebas dari suara bising.

7. Gunakan Aplikasi Perekam Suara

Aplikasi perekam suara adalah aplikasi yang dapat diunduh dan diinstal pada smartphone atau tablet Anda. Aplikasi ini dapat membantu menghasilkan suara yang lebih baik dan mengurangi suara bising ketika merekam video.

8. Periksa Pengaturan Suara pada Perangkat Anda

Periksa pengaturan suara pada perangkat Anda seperti pengaturan volume dan pengaturan equalizer. Pastikan bahwa pengaturan suara pada perangkat Anda sudah diatur dengan benar untuk menghasilkan suara yang jelas dan bebas dari suara bising.

9. Gunakan Mikrofon Eksternal

Jika Anda menggunakan kamera atau smartphone untuk merekam video, Anda dapat menggunakan mikrofon eksternal untuk menghasilkan suara yang lebih baik dan mengurangi suara bising.

10. Gunakan Perangkat Lunak Pengurang Suara Bising

Perangkat lunak pengurang suara bising dapat membantu menghilangkan suara bising dari rekaman audio atau video. Perangkat lunak ini mudah digunakan dan sangat efektif dalam menghilangkan suara bising.

11. Rekam dengan Jarak yang Lebih Dekat

Rekam video dengan jarak yang lebih dekat dapat membantu mengurangi suara bising. Dengan merekam video dengan jarak yang lebih dekat, suara yang dihasilkan akan lebih jelas dan bebas dari suara bising.

12. Gunakan Mikrofon Shotgun

Mikrofon shotgun adalah mikrofon yang dirancang khusus untuk merekam suara yang jelas dan bebas dari suara bising. Mikrofon ini sangat berguna ketika merekam video di lingkungan yang bising.

Pos Terkait:  Bagaimana Cara Tag di Instagram?

13. Gunakan Teknik Pengurangan Bising

Teknik pengurangan bising adalah teknik yang dapat digunakan untuk mengurangi suara bising dari rekaman audio atau video. Teknik ini melibatkan penggunaan perangkat lunak khusus yang dapat meminimalkan suara bising.

14. Gunakan Kabel Eksternal atau Wireless

Jika Anda menggunakan kamera atau smartphone untuk merekam video, Anda dapat menggunakan kabel eksternal atau wireless untuk menghubungkan mikrofon atau perangkat suara lainnya.

15. Hindari Merekam Video di Tempat yang Berisik

Jika Anda ingin merekam video dengan suara yang jelas dan bebas dari suara bising, hindari merekam video di tempat yang berisik seperti di dekat jalan raya atau tempat keramaian.

16. Gunakan Filter Suara pada Mikrofon

Beberapa jenis mikrofon dilengkapi dengan filter suara yang dapat membantu mengurangi suara bising saat merekam video. Pastikan Anda menggunakan mikrofon yang dilengkapi dengan fitur ini untuk menghasilkan suara yang lebih baik.

17. Gunakan Teknik Penyaringan Frekuensi

Teknik penyaringan frekuensi adalah teknik yang dapat digunakan untuk menghilangkan suara bising dari rekaman audio atau video dengan memfilter frekuensi tertentu yang menghasilkan suara bising.

18. Gunakan Mikrofon dengan Kualitas yang Lebih Baik

Jika Anda mengalami masalah suara bising di video, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan mikrofon dengan kualitas yang lebih baik. Mikrofon dengan kualitas yang lebih baik dapat menghasilkan suara yang lebih jelas dan bebas dari suara bising.

19. Gunakan Teknik Pengurangan Suara di Perangkat Lunak

Teknik pengurangan suara adalah teknik yang dapat digunakan untuk mengurangi suara bising dari rekaman audio atau video dengan menggunakan perangkat lunak khusus yang dapat meminimalkan suara bising.

20. Gunakan Perangkat Lunak Penghilang Suara Bising

Perangkat lunak penghilang suara bising adalah perangkat lunak khusus yang dapat menghilangkan suara bising dari rekaman audio atau video. Perangkat lunak ini sangat efektif dalam menghilangkan suara bising.

21. Gunakan Teknik Pengurangan Noise

Teknik pengurangan noise adalah teknik yang dapat digunakan untuk mengurangi suara bising dari rekaman audio atau video dengan menggunakan perangkat lunak khusus yang dapat meminimalkan suara bising.

22. Gunakan Teknik Pengurangan Suara dengan Pita Lebar

Teknik pengurangan suara dengan pita lebar adalah teknik yang dapat digunakan untuk mengurangi suara bising dari rekaman audio atau video dengan memfilter frekuensi tertentu yang menghasilkan suara bising.

Pos Terkait:  Perbedaan Asuransi dengan Perjanjian Untung-untungan

23. Gunakan Teknik Pengurangan Suara dengan Pita Sempit

Teknik pengurangan suara dengan pita sempit adalah teknik yang dapat digunakan untuk mengurangi suara bising dari rekaman audio atau video dengan memfilter frekuensi tertentu yang menghasilkan suara bising.

24. Gunakan Filter Suara pada Kamera atau Smartphone

Beberapa jenis kamera atau smartphone dilengkapi dengan filter suara yang dapat membantu mengurangi suara bising saat merekam video. Pastikan Anda menggunakan kamera atau smartphone yang dilengkapi dengan fitur ini untuk menghasilkan suara yang lebih baik.

25. Gunakan Teknik Pengurangan Suara dengan FFT

Teknik pengurangan suara dengan FFT adalah teknik yang dapat digunakan untuk mengurangi suara bising dari rekaman audio atau video dengan memfilter frekuensi tertentu yang menghasilkan suara bising.

26. Gunakan Mikrofon dengan Pola Rekaman yang Lebih Baik

Jika Anda mengalami masalah suara bising di video, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan mikrofon dengan pola rekaman yang lebih baik. Mikrofon dengan pola rekaman yang lebih baik dapat menghasilkan suara yang lebih jelas dan bebas dari suara bising.

27. Gunakan Teknik Pengurangan Echo

Teknik pengurangan echo adalah teknik yang dapat digunakan untuk mengurangi suara bising dari rekaman audio atau video dengan menghilangkan suara echo yang menghasilkan suara bising.

28. Gunakan Perangkat Lunak Penghilang Echo

Perangkat lunak penghilang echo adalah perangkat lunak khusus yang dapat menghilangkan suara echo dari rekaman audio atau video. Perangkat lunak ini sangat efektif dalam menghilangkan suara bising.

29. Gunakan Mikrofon dengan Pengurangan Kebisingan

Jika Anda sering merekam video di tempat yang bising, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan mikrofon dengan pengurangan kebisingan. Mikrofon ini dapat membantu menghasilkan suara yang lebih jelas dan bebas dari suara bising.

30. Gunakan Teknik Pengurangan Suara Berulang

Teknik pengurangan suara berulang adalah teknik yang dapat digunakan untuk mengurangi suara bising dari rekaman audio atau video dengan memfilter frekuensi tertentu yang menghasilkan suara bising.

Kesimpulan

Suara bising di video dapat mengganggu kualitas rekaman. Namun, dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat dengan mudah menghilangkan suara bising di video Anda. Ingatlah untuk menggunakan mikrofon yang berkualitas tinggi, merekam di tempat yang tenang, dan menggunakan perangkat lunak atau teknik yang tepat untuk menghasilkan suara yang jelas dan bebas dari suara bising.

close