Caramantap

Cara Menggerakkan Animasi di Adobe Flash

×

Cara Menggerakkan Animasi di Adobe Flash

Share this article

Pendahuluan

Adobe Flash adalah salah satu perangkat lunak yang cukup populer untuk membuat animasi. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menggerakkan animasi di Adobe Flash. Artikel ini akan membahas beberapa aspek dasar dalam menggerakkan animasi di Adobe Flash.

1. Membuat Objek

Langkah pertama dalam membuat animasi di Adobe Flash adalah membuat objek. Objek dapat berupa gambar atau bentuk dasar seperti kotak atau lingkaran. Setelah membuat objek, kita dapat menambahkan warna, mengubah ukuran dan mengubah properti lainnya.

2. Menambahkan Keyframe

Setelah membuat objek, kita perlu menambahkan keyframe. Keyframe adalah titik dalam animasi di mana kita dapat memperbarui properti objek. Kita dapat menambahkan keyframe dengan mengklik tombol “Insert Keyframe” di bawah menu “Insert”.

3. Mengatur Properti Objek

Setelah menambahkan keyframe, kita dapat mengubah properti objek. Properti yang dapat diubah termasuk posisi, rotasi, ukuran, dan warna. Kita dapat mengubah properti objek dengan mengklik objek dan mengubah properti di panel properti.

Pos Terkait:  Daftar Pemenang The Game Awards, Sekiro Rebut

4. Menambahkan Animasi

Setelah mengatur properti objek, kita dapat menambahkan animasi. Animasi dapat berupa pergerakan objek, perubahan warna, atau efek lainnya. Kita dapat menambahkan animasi dengan mengklik tombol “Add Motion Tween” di bawah menu “Insert”.

5. Menambahkan Easing

Easing adalah teknik untuk membuat animasi terlihat lebih alami. Dalam Adobe Flash, kita dapat menambahkan easing dengan mengklik tombol “Edit Easing” di panel properti.

6. Menambahkan Suara

Selain animasi visual, Adobe Flash juga mendukung animasi suara. Kita dapat menambahkan animasi suara dengan menambahkan file suara ke timeline dan mengatur properti suara.

7. Menambahkan Aksi

Selain animasi visual dan suara, Adobe Flash juga mendukung aksi. Aksi dapat berupa tindakan pengguna seperti mengklik tombol atau tindakan program seperti memuat data.

8. Menyimpan Animasi

Setelah selesai membuat animasi, kita dapat menyimpan animasi dengan mengklik tombol “File” dan memilih “Save As”. Kita dapat memilih format file seperti FLA atau SWF.

Kesimpulan

Menggerakkan animasi di Adobe Flash tidaklah sulit. Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa aspek dasar dalam menggerakkan animasi di Adobe Flash. Dengan memahami konsep dasar ini, kita dapat membuat animasi yang menarik dan profesional.

Pos Terkait:  Cara Mengetahui Tanggal Lahir Seseorang Lewat IG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close