Cara Mengembalikan Data Setelah Factory Reset Oppo

Posted on

Factory reset adalah proses menghapus semua data pada perangkat Oppo Anda dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Ini dapat berguna jika Anda ingin menjual atau memberikan perangkat Anda kepada orang lain, tetapi juga dapat menyebabkan kehilangan data yang penting. Jika Anda melakukan factory reset pada Oppo Anda dan ingin mengembalikan data yang hilang, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

1. Gunakan Fitur Backup Oppo

Oppo memiliki fitur backup bawaan yang dapat membantu Anda memulihkan data yang hilang setelah factory reset. Anda dapat menggunakannya untuk membackup data Anda sebelum melakukan factory reset dan kemudian mengembalikannya setelah selesai. Berikut adalah cara menggunakan fitur backup Oppo:

  1. Buka menu Pengaturan pada perangkat Oppo Anda.
  2. Pilih opsi Additional Settings.
  3. Pilih opsi Backup and Reset.
  4. Pilih opsi Backup and Restore.
  5. Pilih opsi Backup.
  6. Pilih data yang ingin Anda backup dan pilih OK.
  7. Tunggu hingga proses backup selesai.
  8. Setelah factory reset selesai, buka kembali menu Backup and Restore dan pilih opsi Restore.
  9. Pilih data yang ingin Anda pulihkan dan pilih OK.
  10. Tunggu hingga proses restore selesai.
Pos Terkait:  Resensi Cerpen Dua Dunia: Karya Fantastis Karya Budi Darma

2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak menggunakan fitur backup Oppo, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengembalikan data yang hilang setelah factory reset. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda melakukan ini, seperti EaseUS MobiSaver, DiskDigger, atau Dumpster. Berikut adalah cara menggunakan EaseUS MobiSaver untuk mengembalikan data Oppo Anda:

  1. Unduh dan instal EaseUS MobiSaver dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi dan pilih opsi Scan.
  3. Tunggu hingga proses scanning selesai.
  4. Pilih data yang ingin Anda pulihkan dan pilih opsi Restore.
  5. Tunggu hingga proses restore selesai.

3. Gunakan Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika kedua cara di atas tidak berhasil mengembalikan data Oppo Anda setelah factory reset, Anda dapat mencoba menggunakan layanan pemulihan data profesional. Ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan ini, seperti Ontrack atau Stellar Data Recovery. Namun, perlu diingat bahwa layanan ini dapat cukup mahal dan mungkin tidak terjangkau bagi sebagian orang.

Kesimpulan

Factory reset Oppo dapat menyebabkan kehilangan data yang penting, tetapi ada beberapa cara untuk mengembalikannya. Anda dapat menggunakan fitur backup Oppo, aplikasi pihak ketiga, atau layanan pemulihan data profesional. Pastikan untuk membackup data Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *