Caramantap

Cara Mengecek LCD Oppo

×

Cara Mengecek LCD Oppo

Share this article

Jika Anda pengguna smartphone Oppo, pastinya Anda ingin merawat perangkat tersebut agar tetap dalam kondisi yang baik, termasuk layar atau LCD-nya. Namun, terkadang layar Oppo bisa mengalami masalah seperti blank, pecah, atau baret. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek kondisi LCD Oppo secara berkala untuk menghindari masalah yang lebih besar. Berikut adalah cara mengecek LCD Oppo yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Matikan Smartphone Oppo

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan smartphone Oppo Anda. Hal ini dilakukan agar Anda dapat melihat layar dengan lebih jelas dan membantu Anda dalam mengecek kondisi layar.

2. Bersihkan Layar Oppo

Setelah smartphone Oppo dimatikan, langkah selanjutnya adalah membersihkan layar Oppo dengan kain atau lap lembut. Pastikan tidak ada debu atau kotoran yang menempel pada layar Oppo, karena hal ini dapat mempengaruhi hasil pengecekan kondisi layar.

Pos Terkait:  Profil dan Biodata RRQ Clayyy, Midlaner Andalan

3. Nyalakan Smartphone Oppo

Setelah layar Oppo dibersihkan, nyalakan smartphone Oppo kembali. Kemudian, perhatikan tampilan pada layar Oppo. Apakah tampilan pada layar Oppo normal atau tidak?

4. Perhatikan Warna pada Layar Oppo

Selanjutnya, perhatikan warna pada layar Oppo. Jika warna pada layar Oppo terlihat normal, artinya layar Oppo masih dalam kondisi yang baik.

5. Cek Layar Oppo dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengecek kondisi layar Oppo secara lebih mendalam. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah LCD Checker. Aplikasi ini dapat menampilkan gambar dan pola pada layar Oppo untuk mengecek kondisi layar secara lebih mendalam.

6. Perhatikan Bagian Tepi Layar Oppo

Jika bagian tepi layar Oppo terlihat hitam atau tidak merata, artinya layar Oppo mengalami masalah dead pixel atau piksel mati. Masalah ini umumnya tidak berpengaruh terhadap performa dan fungsionalitas layar, namun tetap saja mengganggu tampilan layar Oppo.

7. Perhatikan Bagian Tengah Layar Oppo

Jika bagian tengah layar Oppo terlihat hitam atau tidak menampilkan gambar dengan jelas, artinya layar Oppo mengalami masalah dead zone atau zona mati. Masalah ini dapat mempengaruhi fungsionalitas layar Oppo, terutama saat Anda ingin mengetik atau memilih aplikasi pada layar Oppo.

Pos Terkait:  Bagaimana Sifat Sinar Terusan dalam Medan Listrik

8. Perhatikan Bagian Bawah Layar Oppo

Jika bagian bawah layar Oppo terlihat hitam atau tidak menampilkan gambar dengan jelas, artinya layar Oppo mengalami masalah ghost touch atau sentuhan hantu. Masalah ini terjadi ketika layar Oppo merespons sentuhan tanpa ada interaksi dari pengguna.

9. Cek Layar Oppo dengan Mencoba Touchscreen

Anda juga dapat mengecek kondisi layar Oppo dengan mencoba touchscreen. Coba sentuh layar Oppo pada berbagai bagian dan perhatikan respons yang diberikan. Jika layar Oppo merespons dengan baik, artinya layar Oppo masih dalam kondisi yang baik.

10. Cek Layar Oppo dengan Menggunakan Kabel USB

Anda juga dapat mengecek kondisi layar Oppo dengan menghubungkan smartphone Oppo ke laptop atau PC dengan menggunakan kabel USB. Kemudian, perhatikan apakah layar Oppo terdeteksi dengan baik oleh laptop atau PC.

11. Cek Layar Oppo dengan Mencoba Aksesori Tambahan

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba mengecek kondisi layar Oppo dengan menggunakan aksesori tambahan seperti VR headset atau speaker. Jika layar Oppo masih berfungsi dengan baik saat digunakan dengan aksesori tersebut, artinya masalah berada pada bagian lain dari smartphone Oppo.

12. Cek Kondisi Baterai Oppo

Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja layar Oppo adalah kondisi baterai Oppo. Pastikan baterai Oppo dalam kondisi yang baik dan terisi penuh sebelum melakukan pengecekan kondisi layar Oppo.

Pos Terkait:  Cara Mengganti Nomor Facebook

13. Perhatikan Kondisi Suhu Lingkungan

Suhu lingkungan juga mempengaruhi kondisi layar Oppo. Pastikan smartphone Oppo digunakan pada suhu lingkungan yang sesuai dan tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

14. Perhatikan Kondisi Kelembaban Lingkungan

Kelembaban lingkungan juga mempengaruhi kondisi layar Oppo. Pastikan smartphone Oppo digunakan pada kelembaban lingkungan yang sesuai dan tidak terlalu lembab atau terlalu kering.

15. Perhatikan Kondisi Pencahayaan Lingkungan

Pencahayaan lingkungan juga mempengaruhi kondisi layar Oppo. Pastikan smartphone Oppo digunakan pada kondisi pencahayaan yang sesuai dan tidak terlalu terang atau terlalu gelap.

16. Cek Kondisi Smartphone Oppo Secara Keseluruhan

Terakhir, pastikan Anda melakukan pengecekan kondisi smartphone Oppo secara keseluruhan, bukan hanya layar Oppo saja. Pastikan semua komponen smartphone Oppo berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah pada bagian lain dari smartphone Oppo.

Conclusion

Demikianlah cara mengecek LCD Oppo yang bisa Anda lakukan sendiri. Dengan melakukan pengecekan kondisi layar secara berkala, Anda dapat menghindari masalah yang lebih besar pada smartphone Oppo Anda. Selain itu, pastikan Anda merawat smartphone Oppo dengan baik agar tetap dalam kondisi yang baik dan tahan lama.

close