Caramantap

Cara Memperbaiki Video yang Rusak 2

×

Cara Memperbaiki Video yang Rusak 2

Share this article

Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Diputar

Jika Anda memiliki video yang tidak bisa diputar di komputer atau smartphone Anda, maka Anda perlu melakukan beberapa langkah untuk memperbaikinya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti VLC Media Player atau GOM Player yang dapat membaca berbagai format video.

Jika menggunakan aplikasi tersebut tidak berhasil, maka Anda bisa mencoba untuk merubah format video tersebut menjadi format yang lebih umum seperti MP4 atau AVI. Anda bisa menggunakan software seperti Handbrake atau Freemake Video Converter untuk melakukan konversi format video tersebut.

Jika semua cara tersebut tidak berhasil, maka kemungkinan besar file video tersebut rusak dan tidak bisa diperbaiki. Anda bisa mencoba untuk mencari file video yang sama di internet atau meminta teman Anda untuk mengirimkan file video tersebut kembali.

Memperbaiki Video yang Terpotong-potong

Jika video yang Anda miliki terpotong-potong atau tidak lengkap, maka Anda bisa mencoba untuk menggabungkan file video tersebut menggunakan software seperti Avidemux atau VirtualDub. Anda bisa memilih bagian-bagian video yang ingin Anda gabungkan dan menyimpannya sebagai satu file video yang utuh.

Pos Terkait:  Cara Menulis Petisi Gambar

Jika file video tersebut terpotong-potong karena ukuran file yang terlalu besar, maka Anda bisa mencoba untuk membagi file tersebut menjadi beberapa bagian menggunakan software seperti HJSplit atau 7-Zip. Anda bisa mengirimkan bagian-bagian tersebut secara terpisah dan kemudian menggabungkannya kembali di komputer Anda.

Memperbaiki Video yang Terputus-putus

Jika video yang Anda tonton terputus-putus atau buffering terus menerus, maka kemungkinan besar masalah tersebut bukan karena file video yang rusak, melainkan karena koneksi internet yang buruk atau terlalu lambat.

Anda bisa mencoba untuk memperbaiki masalah tersebut dengan mengecek koneksi internet Anda atau memilih kualitas video yang lebih rendah. Anda juga bisa mencoba untuk menonton video tersebut di waktu yang berbeda atau menggunakan VPN untuk mengakses situs streaming yang terblokir di negara Anda.

Memperbaiki Video yang Hilang Suaranya

Jika video yang Anda tonton tidak memiliki suara atau suara terdengar sangat kecil, maka Anda bisa mencoba untuk memperbaikinya dengan menggunakan fitur equalizer pada software pemutar video Anda. Anda bisa menaikkan level volume atau menyesuaikan frekuensi suara agar lebih jelas dan terdengar lebih baik.

Jika masalah tersebut tidak bisa diatasi dengan equalizer, maka kemungkinan besar file video tersebut rusak atau terdapat masalah pada codec audio yang digunakan. Anda bisa mencoba untuk mengunduh codec audio yang sesuai dengan file video tersebut atau menggunakan software pihak ketiga seperti K-Lite Codec Pack untuk memperbaiki masalah tersebut.

Pos Terkait:  Logo FF Keren D: Simbol Permainan yang Ikonik

Kesimpulan

Memperbaiki video yang rusak bisa menjadi tugas yang sulit dan memakan waktu, terutama jika Anda tidak tahu penyebab masalah tersebut. Namun, dengan menggunakan beberapa tips dan trik yang telah disebutkan di atas, Anda bisa dengan mudah memperbaiki video yang rusak dan menikmati kembali video tersebut dengan kualitas yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *