Caramantap

Cara Memberi Ulasan di Rumah Siap Kerja

×

Cara Memberi Ulasan di Rumah Siap Kerja

Share this article

Bagi sebagian besar pekerja, memberikan ulasan pada kinerja rekan kerja atau atasan merupakan tugas yang cukup penting. Hal ini bertujuan untuk memberikan umpan balik positif maupun negatif dalam rangka mengembangkan kinerja mereka. Namun, bagaimana jika situasi saat ini sedang dalam kondisi pandemi dan memaksa Anda untuk bekerja dari rumah? Tenang saja, artikel ini akan membahas cara memberi ulasan di rumah siap kerja.

1. Menentukan Waktu yang Tepat

Sebelum memberikan ulasan, pastikan untuk menentukan waktu yang tepat. Jangan memberikan ulasan ketika rekan kerja atau atasan sedang sibuk atau tidak ada waktu luang. Lebih baik tentukan waktu yang tepat dan pastikan mereka memiliki waktu yang cukup untuk menerima ulasan Anda.

2. Buat Daftar Poin-Poin Penting

Sebelum memberikan ulasan, pastikan untuk membuat daftar poin-poin penting terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda tidak lupa dan dapat memberikan ulasan yang terstruktur.

3. Gunakan Bahasa yang Menyenangkan

Saat memberikan ulasan, pastikan untuk menggunakan bahasa yang menyenangkan. Jangan gunakan bahasa yang kasar atau menghakimi. Gunakan bahasa yang sopan dan ramah agar rekan kerja atau atasan lebih mudah menerima ulasan Anda.

Pos Terkait:  Cara untuk Menangkap Lalat: Tips dan Trik untuk Menghindari Lalat di Rumah

4. Berikan Ulasan yang Konstruktif

Yang perlu diingat saat memberikan ulasan adalah memberikan ulasan yang konstruktif. Berikan feedback yang positif dan negative secara seimbang. Jangan hanya memberikan feedback yang negatif saja. Berikan juga solusi atau saran untuk meningkatkan kinerja mereka.

5. Berikan Ulasan yang Jelas dan Spesifik

Ketika memberikan ulasan, pastikan untuk memberikan ulasan yang jelas dan spesifik. Jangan memberikan ulasan yang ambigu atau tidak jelas. Berikan contoh-contoh yang spesifik agar rekan kerja atau atasan lebih memahami apa yang Anda maksud.

6. Fokus pada Kinerja, Bukan pada Pribadi

Yang perlu diingat saat memberikan ulasan adalah fokus pada kinerja, bukan pada pribadi. Jangan mengkritik pribadi mereka, tetapi berikan ulasan pada kinerja mereka.

7. Hindari Memberikan Ulasan Terlalu Serius

Saat memberikan ulasan, hindari memberikan ulasan terlalu serius. Berikan ulasan dengan santai dan jangan terlalu kaku. Hal ini bertujuan agar rekan kerja atau atasan lebih mudah menerima ulasan Anda.

8. Hindari Memberikan Ulasan di Depan Orang Lain

Saat memberikan ulasan, hindari memberikan ulasan di depan orang lain. Berikan ulasan secara pribadi agar rekan kerja atau atasan lebih mudah menerima ulasan Anda.

9. Berikan Ulasan secara Teratur

Untuk meningkatkan kinerja rekan kerja atau atasan, berikan ulasan secara teratur. Hal ini bertujuan agar mereka dapat terus meningkatkan kinerjanya dan mencapai tujuan yang diinginkan.

10. Jangan Lupa untuk Memberikan Apresiasi

Saat memberikan ulasan, jangan lupa untuk memberikan apresiasi pada kinerja rekan kerja atau atasan yang baik. Hal ini bertujuan agar mereka semakin termotivasi dan meningkatkan kinerjanya.

11. Gunakan Teknologi untuk Memberikan Ulasan

Saat sedang bekerja dari rumah, gunakan teknologi untuk memberikan ulasan. Anda dapat menggunakan aplikasi chat atau video call untuk memberikan ulasan secara langsung.

12. Berikan Ulasan secara Objektif

Yang perlu diingat saat memberikan ulasan adalah memberikan ulasan secara objektif. Jangan memberikan ulasan yang didasarkan pada perasaan atau emosi Anda. Berikan ulasan secara objektif agar rekan kerja atau atasan dapat menerima ulasan Anda dengan baik.

13. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Saat memberikan ulasan, pastikan untuk menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Hindari menggunakan bahasa yang sulit atau rumit. Gunakan bahasa yang mudah dipahami agar rekan kerja atau atasan lebih mudah memahami ulasan Anda.

Pos Terkait:  Larangan Pakai Filter We Bare Bears, Alasannya Bikin

14. Berikan Ulasan yang Terstruktur

Saat memberikan ulasan, pastikan untuk memberikan ulasan yang terstruktur. Berikan ulasan pada poin-poin yang sudah Anda buat sebelumnya. Hal ini bertujuan agar ulasan yang diberikan lebih terstruktur dan mudah dipahami.

15. Hindari Memberikan Ulasan yang Terlalu Panjang

Saat memberikan ulasan, hindari memberikan ulasan yang terlalu panjang. Berikan ulasan secara singkat dan padat agar rekan kerja atau atasan lebih mudah memahami ulasan Anda.

16. Berikan Ulasan yang Berdasarkan Fakta

Yang perlu diingat saat memberikan ulasan adalah memberikan ulasan yang berdasarkan fakta. Hindari memberikan ulasan yang berdasarkan asumsi atau rumor. Berikan ulasan yang berdasarkan fakta agar rekan kerja atau atasan lebih memahami ulasan Anda.

17. Berikan Ulasan pada Waktu yang Tepat

Saat memberikan ulasan, pastikan untuk memberikan ulasan pada waktu yang tepat. Jangan memberikan ulasan ketika rekan kerja atau atasan sedang dalam keadaan emosi atau sedang tidak mood. Berikan ulasan pada waktu yang tepat agar rekan kerja atau atasan dapat menerima ulasan Anda dengan baik.

18. Gunakan Bahasa yang Tegas

Saat memberikan ulasan, gunakan bahasa yang tegas. Jangan menggunakan bahasa yang ambigu atau tidak jelas. Gunakan bahasa yang tegas agar rekan kerja atau atasan lebih memahami ulasan Anda.

19. Berikan Ulasan yang Jujur dan Terbuka

Yang perlu diingat saat memberikan ulasan adalah memberikan ulasan yang jujur dan terbuka. Berikan ulasan dengan jujur dan terbuka agar rekan kerja atau atasan dapat menerima ulasan Anda dengan baik.

20. Hindari Memberikan Ulasan yang Berlebihan

Saat memberikan ulasan, hindari memberikan ulasan yang berlebihan. Berikan ulasan secara proporsional agar rekan kerja atau atasan dapat menerima ulasan Anda dengan baik.

21. Berikan Ulasan yang Membangun

Saat memberikan ulasan, pastikan untuk memberikan ulasan yang membantu membangun kinerja rekan kerja atau atasan. Berikan ulasan dengan tujuan membantu mereka untuk meningkatkan kinerjanya.

22. Berikan Ulasan yang Berdasarkan Pengalaman

Yang perlu diingat saat memberikan ulasan adalah memberikan ulasan yang berdasarkan pengalaman. Hindari memberikan ulasan yang berdasarkan asumsi atau rumor. Berikan ulasan yang berdasarkan pengalaman agar rekan kerja atau atasan lebih memahami ulasan Anda.

Pos Terkait:  Cara Menyetel Jam Tangan Digital dengan Mudah

23. Hindari Memberikan Ulasan yang Tidak Diperlukan

Saat memberikan ulasan, hindari memberikan ulasan yang tidak diperlukan. Berikan ulasan hanya pada hal-hal yang memang perlu diberikan ulasan.

24. Berikan Ulasan yang Berbasis pada Tujuan

Saat memberikan ulasan, pastikan untuk memberikan ulasan yang berbasis pada tujuan. Berikan ulasan dengan tujuan untuk membantu rekan kerja atau atasan mencapai tujuan mereka.

25. Berikan Ulasan pada Saat yang Tepat

Saat memberikan ulasan, pastikan untuk memberikan ulasan pada saat yang tepat. Berikan ulasan pada saat yang tepat agar rekan kerja atau atasan dapat menerima ulasan Anda dengan baik.

26. Berikan Ulasan yang Dapat Diterima

Yang perlu diingat saat memberikan ulasan adalah memberikan ulasan yang dapat diterima. Berikan ulasan dengan bahasa yang sopan dan ramah agar rekan kerja atau atasan dapat menerima ulasan Anda dengan baik.

27. Hindari Memberikan Ulasan yang Tidak Berdasarkan Fakta

Saat memberikan ulasan, hindari memberikan ulasan yang tidak berdasarkan fakta. Berikan ulasan yang berdasarkan fakta agar rekan kerja atau atasan lebih memahami ulasan Anda.

28. Hindari Memberikan Ulasan yang Terlalu Umum

Saat memberikan ulasan, hindari memberikan ulasan yang terlalu umum. Berikan ulasan secara spesifik agar rekan kerja atau atasan dapat memahami ulasan Anda dengan baik.

29. Berikan Ulasan yang Membantu

Saat memberikan ulasan, pastikan untuk memberikan ulasan yang membantu. Berikan ulasan dengan tujuan membantu rekan kerja atau atasan meningkatkan kinerjanya.

30. Berikan Ulasan yang Bersifat Konstruktif

Yang perlu diingat saat memberikan ulasan adalah memberikan ulasan yang bersifat konstruktif. Berikan ulasan dengan tujuan untuk membantu rekan kerja atau atasan meningkatkan kinerjanya.

Kesimpulan

Memberikan ulasan pada rekan kerja atau atasan merupakan tugas yang cukup penting dalam mengembangkan kinerja mereka. Namun, dalam situasi pandemi seperti saat ini, memberikan ulasan bisa menjadi lebih sulit karena harus dilakukan dari rumah. Oleh karena itu, perlu diperhatikan beberapa hal dalam memberikan ulasan di rumah siap kerja seperti menentukan waktu yang tepat, membuat daftar poin-poin penting, menggunakan bahasa yang menyenangkan, memberikan ulasan yang konstruktif, dan berikan ulasan yang jelas dan spesifik.

close