Caramantap

Perbedaan Future Perfect dan Future Continuous

×

Perbedaan Future Perfect dan Future Continuous

Share this article

Future Perfect dan Future Continuous adalah dua bentuk waktu yang digunakan dalam bahasa Inggris untuk menyatakan aksi yang akan terjadi di masa depan. Kedua bentuk waktu ini seringkali membingungkan bagi mereka yang sedang belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu, di dalam artikel ini kami akan membahas perbedaan antara Future Perfect dan Future Continuous.

Pengertian Future Perfect

Future Perfect adalah bentuk waktu yang digunakan untuk menyatakan aksi yang akan selesai di masa depan sebelum aksi lain terjadi. Bentuk umum dari Future Perfect adalah:

Subject + will have + past participle

Contoh:

Saya akan sudah selesai belajar sebelum kamu tiba.

I will have finished studying before you arrive.

Pada contoh di atas, kita menggunakan Future Perfect untuk menyatakan bahwa saya akan selesai belajar sebelum kamu tiba.

Pengertian Future Continuous

Future Continuous adalah bentuk waktu yang digunakan untuk menyatakan aksi yang akan sedang berlangsung di masa depan pada waktu tertentu. Bentuk umum dari Future Continuous adalah:

Subject + will be + present participle

Pos Terkait:  Cara Menyembunyikan Love Handles

Contoh:

Saat kamu tiba, saya akan sedang belajar.

When you arrive, I will be studying.

Pada contoh di atas, kita menggunakan Future Continuous untuk menyatakan bahwa saya akan sedang belajar pada saat kamu tiba.

Perbedaan antara Future Perfect dan Future Continuous

Perbedaan utama antara Future Perfect dan Future Continuous adalah bahwa Future Perfect digunakan untuk menyatakan aksi yang akan selesai di masa depan sebelum aksi lain terjadi, sedangkan Future Continuous digunakan untuk menyatakan aksi yang akan sedang berlangsung di masa depan pada waktu tertentu. Contoh:

Saya akan sudah selesai belajar sebelum kamu tiba. (Future Perfect)

Saat kamu tiba, saya akan sedang belajar. (Future Continuous)

Berdasarkan contoh di atas, kita dapat melihat bahwa Future Perfect digunakan untuk menyatakan bahwa aksi belajar akan selesai sebelum aksi kedatanganmu terjadi. Sedangkan, Future Continuous digunakan untuk menyatakan bahwa aksi belajar akan sedang berlangsung pada saat kedatanganmu.

Contoh Penggunaan Future Perfect dan Future Continuous

Berikut adalah contoh penggunaan Future Perfect dan Future Continuous di dalam kalimat:

Future Perfect:

Saat kamu tiba, saya akan sudah menyelesaikan tugas ini.

When you arrive, I will have finished this task.

Pos Terkait:  Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Kerajinan dari Bahan Limbah

Future Continuous:

Saat kamu tiba, saya akan sedang menyelesaikan tugas ini.

When you arrive, I will be finishing this task.

Kesimpulan

Future Perfect dan Future Continuous adalah dua bentuk waktu yang digunakan dalam bahasa Inggris untuk menyatakan aksi yang akan terjadi di masa depan. Future Perfect digunakan untuk menyatakan aksi yang akan selesai di masa depan sebelum aksi lain terjadi, sedangkan Future Continuous digunakan untuk menyatakan aksi yang akan sedang berlangsung di masa depan pada waktu tertentu. Kedua bentuk waktu ini penting untuk dipahami dalam belajar bahasa Inggris, sehingga kita dapat menggunakannya dengan tepat dan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close