Caramantap

Jelaskan Tentang Ketentuan Set Game

×

Jelaskan Tentang Ketentuan Set Game

Share this article

Set game adalah salah satu permainan yang sering dimainkan di berbagai tempat seperti klub olahraga dan pusat kebugaran. Permainan ini membutuhkan kecepatan, kelincahan, dan ketepatan dalam memukul bola. Namun sebelum memulai permainan, ada beberapa ketentuan set game yang harus diketahui. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Jenis Bola yang Digunakan

Set game dimainkan dengan menggunakan bola tenis meja yang berukuran 40mm dan berwarna putih atau oranye. Bola yang digunakan harus memiliki kecepatan dan bobot yang sama untuk memastikan keseimbangan permainan.

2. Ukuran Meja

Ukuran meja set game adalah 274cm panjang, 152,5cm lebar, dan 76cm tinggi. Meja harus diletakkan di permukaan datar dan tidak boleh bergerak selama permainan berlangsung.

3. Jenis Raket

Raket yang digunakan dalam set game harus terbuat dari bahan kayu atau bahan lain yang disetujui oleh Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF). Raket harus memiliki permukaan yang rata dan tidak berlubang, serta tidak membuat suara yang terlalu keras saat digunakan.

4. Poin dalam Set Game

Set game dimainkan hingga salah satu pemain mencapai 11 poin dengan selisih minimal dua poin. Jika kedua pemain mencapai 10 poin, maka permainan dilanjutkan hingga salah satu pemain mencapai selisih dua poin.

5. Cara Servis

Servis dalam set game dilakukan dengan memukul bola ke arah lapangan lawan. Pemain harus melempar bola ke atas setinggi 16cm sebelum memukulnya. Bola harus mengenai sisi lapangan lawan sebelum mengenai sisi lapangan pemain yang melakukan servis.

Pos Terkait:  Cetak Skor Fantastis di AnTuTu, Realme 10 4G Andalkan

6. Cara Memukul Bola

Pemain harus memukul bola dengan raketnya, dan bola harus mengenai sisi lapangan lawan sebelum mengenai sisi lapangan pemain yang melakukan pukulan. Pemain tidak diperbolehkan memukul bola sebelum bola mengenai meja atau memukul bola dengan tangan atau bagian tubuh lainnya.

7. Peraturan Perilaku

Pemain harus menghormati lawan dan wasit selama permainan berlangsung. Pemain tidak diperbolehkan mengeluarkan kata-kata atau gerakan yang tidak pantas, serta tidak diperbolehkan mengganggu konsentrasi lawan.

8. Jeda Waktu

Jeda waktu dalam set game adalah 2 menit setelah setiap lima game. Jeda waktu ini bisa digunakan untuk minum atau beristirahat sejenak sebelum memulai set berikutnya.

9. Penentuan Serve

Penentuan serve dalam set game dilakukan dengan cara undian. Pemenang undian dapat memilih untuk melakukan serve atau memilih sisi lapangan.

10. Penggantian Raket

Pemain diperbolehkan mengganti raket selama permainan berlangsung jika raket yang digunakan rusak atau tidak layak digunakan. Penggantian raket harus dilakukan di sela-sela permainan dan harus mendapat persetujuan dari wasit.

11. Time Out

Setiap pemain diperbolehkan meminta time out selama permainan berlangsung. Time out diberikan selama 1 menit dan maksimal 1 kali dalam setiap game.

12. Poin Khusus

Jika kedua pemain mencapai 10 poin, maka permainan dilanjutkan dengan sistem deuce. Artinya, permainan dilanjutkan hingga salah satu pemain mencapai selisih dua poin.

13. Peraturan Penonton

Penonton harus menghormati pemain dan wasit selama permainan berlangsung. Penonton tidak diperbolehkan melakukan tindakan yang mengganggu jalannya permainan atau mengeluarkan kata-kata atau gerakan yang tidak pantas.

14. Cara Menang

Pemain yang berhasil mencapai 11 poin dengan selisih minimal dua poin akan menjadi pemenang dalam set game. Pemain yang berhasil memenangkan 3 set game terlebih dahulu akan menjadi pemenang dalam pertandingan.

15. Peraturan Khusus

Setiap klub atau pusat kebugaran bisa memiliki peraturan khusus dalam set game. Peraturan ini bisa berkaitan dengan jumlah pemain, sistem pertandingan, atau ketentuan lainnya yang disepakati bersama.

Pos Terkait:  Cara Live IG: Langkah Mudah untuk Menggunakan Fitur Live di Instagram

16. Teknik Servis

Teknik servis yang baik bisa membantu pemain untuk mendapatkan poin dengan mudah. Pemain harus melempar bola ke atas setinggi 16cm sebelum memukulnya, dan bola harus mengenai sisi lapangan lawan sebelum mengenai sisi lapangan pemain yang melakukan servis.

17. Teknik Forehand

Teknik forehand adalah teknik memukul bola dengan sisi raket yang menghadap ke depan. Pemain harus memukul bola dengan gerakan yang tepat dan menggunakan kekuatan yang cukup untuk menghasilkan pukulan yang kuat dan akurat.

18. Teknik Backhand

Teknik backhand adalah teknik memukul bola dengan sisi raket yang menghadap ke belakang. Pemain harus memukul bola dengan gerakan yang tepat dan menggunakan kekuatan yang cukup untuk menghasilkan pukulan yang kuat dan akurat.

19. Teknik Smash

Teknik smash adalah teknik memukul bola dengan kekuatan penuh untuk menghasilkan pukulan yang cepat dan kuat. Pemain harus memukul bola dengan gerakan yang tepat dan menggunakan kekuatan tubuh yang cukup untuk menghasilkan pukulan yang maksimal.

20. Teknik Block

Teknik block adalah teknik membalas pukulan lawan dengan mengembalikan bola dengan gerakan yang ringan dan tepat. Pemain harus memukul bola dengan sisi raket yang menghadap ke depan untuk menghasilkan pukulan yang akurat dan tidak terlalu keras.

21. Teknik Chop

Teknik chop adalah teknik memukul bola dengan gerakan yang melintir untuk menghasilkan pukulan yang lambat dan mengganggu lawan. Pemain harus memukul bola dengan sisi raket yang menghadap ke belakang dan menggunakan gerakan yang tepat untuk menghasilkan pukulan yang akurat.

22. Teknik Loop

Teknik loop adalah teknik memukul bola dengan gerakan yang melengkung untuk menghasilkan pukulan yang cepat dan kuat. Pemain harus memukul bola dengan sisi raket yang menghadap ke depan dan menggunakan gerakan yang tepat untuk menghasilkan pukulan yang akurat.

23. Teknik Drive

Teknik drive adalah teknik memukul bola dengan gerakan yang lurus untuk menghasilkan pukulan yang cepat dan kuat. Pemain harus memukul bola dengan sisi raket yang menghadap ke depan dan menggunakan gerakan yang tepat untuk menghasilkan pukulan yang akurat.

Pos Terkait:  Perbedaan Antara At, In, dan On dalam Bahasa Inggris

24. Teknik Serve and Volley

Teknik serve and volley adalah teknik servis yang diikuti dengan pergerakan maju ke depan untuk memukul bola yang dikembalikan lawan. Pemain harus melakukan servis dengan gerakan yang tepat dan segera bergerak maju untuk memukul bola yang dikembalikan lawan.

25. Teknik Push

Teknik push adalah teknik memukul bola dengan gerakan yang ringan untuk mengembalikan bola dengan akurat. Pemain harus memukul bola dengan sisi raket yang menghadap ke depan dan menggunakan gerakan yang tepat untuk menghasilkan pukulan yang akurat.

26. Teknik Flick

Teknik flick adalah teknik memukul bola dengan gerakan yang cepat dan melintir untuk menghasilkan pukulan yang cepat dan kuat. Pemain harus memukul bola dengan sisi raket yang menghadap ke depan dan menggunakan gerakan yang tepat untuk menghasilkan pukulan yang akurat.

27. Teknik Lob

Teknik lob adalah teknik memukul bola dengan gerakan melengkung ke atas untuk menghasilkan pukulan yang tinggi. Pemain harus memukul bola dengan sisi raket yang menghadap ke belakang dan menggunakan gerakan yang tepat untuk menghasilkan pukulan yang akurat.

28. Teknik Drop Shot

Teknik drop shot adalah teknik memukul bola dengan gerakan ringan ke depan untuk menghasilkan pukulan yang jatuh di depan lawan. Pemain harus memukul bola dengan sisi raket yang menghadap ke depan dan menggunakan gerakan yang tepat untuk menghasilkan pukulan yang akurat.

29. Teknik Counter Drive

Teknik counter drive adalah teknik memukul bola dengan gerakan yang cepat dan lurus untuk menghasilkan pukulan yang cepat dan kuat. Pemain harus memukul bola dengan sisi raket yang menghadap ke depan dan menggunakan gerakan yang tepat untuk menghasilkan pukulan yang akurat.

30. Kesimpulan

Set game adalah permainan yang membutuhkan kecepatan, kelincahan, dan ketepatan dalam memukul bola. Sebelum memulai permainan, ada beberapa ketentuan set game yang harus diketahui, mulai dari jenis bola yang digunakan hingga teknik-teknik yang bisa digunakan dalam permainan. Dengan menguasai ketentuan set game dan teknik-teknik dalam permainan, pemain bisa memenangkan pertandingan dengan mudah.

close