Caramantap

Jelaskan Perbedaan Antara Kerumunan Publik dan Massa 2

×

Jelaskan Perbedaan Antara Kerumunan Publik dan Massa 2

Share this article

Di Indonesia, kerumunan publik dan massa 2 seringkali dianggap sama. Namun, sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara kerumunan publik dan massa 2.

Definisi Kerumunan Publik

Kerumunan publik adalah sekelompok orang yang berkumpul di suatu tempat dengan tujuan yang sama, misalnya memprotes atau menghadiri acara publik. Kerumunan publik biasanya terdiri dari orang-orang yang memiliki latar belakang yang berbeda, tetapi berkumpul dengan tujuan yang sama.

Kerumunan publik biasanya terbentuk secara spontan dan tidak memiliki struktur yang terorganisir. Orang-orang dalam kerumunan publik biasanya tidak memiliki pemimpin atau koordinator yang jelas.

Definisi Massa 2

Massa 2 adalah sekelompok orang yang berkumpul dengan tujuan spesifik, seperti memprotes atau melakukan aksi politik. Massa 2 biasanya terdiri dari orang-orang yang memiliki latar belakang atau kepentingan yang sama.

Berbeda dengan kerumunan publik, massa 2 biasanya terorganisir dan memiliki pemimpin atau koordinator yang jelas. Massa 2 juga memiliki struktur yang lebih terorganisir dan biasanya memiliki taktik atau strategi khusus untuk mencapai tujuan mereka.

Pos Terkait:  Syarat Top Up Pinjaman BFI untuk Meningkatkan Dana Anda Secara Cepat dan Mudah

Perbedaan Utama Antara Kerumunan Publik dan Massa 2

Perbedaan utama antara kerumunan publik dan massa 2 terletak pada tujuan dan struktur. Kerumunan publik biasanya terbentuk secara spontan dan tidak memiliki tujuan atau taktik khusus. Sedangkan, massa 2 memiliki tujuan dan taktik khusus untuk mencapai tujuan mereka.

Perbedaan lain antara kerumunan publik dan massa 2 adalah struktur. Kerumunan publik tidak memiliki struktur yang terorganisir dan tidak memiliki pemimpin atau koordinator yang jelas. Sedangkan, massa 2 memiliki struktur yang terorganisir dan memiliki pemimpin atau koordinator yang jelas.

Contoh Kerumunan Publik

Contoh kerumunan publik adalah orang-orang yang berkumpul di taman untuk menonton pertunjukan musik atau orang-orang yang berkumpul di jalan untuk merayakan kemenangan tim sepak bola nasional. Orang-orang dalam kerumunan publik biasanya berkumpul dengan tujuan yang bersifat positif dan tidak bersifat politik.

Contoh Massa 2

Contoh massa 2 adalah orang-orang yang berkumpul di jalan untuk memprotes kebijakan pemerintah atau orang-orang yang berkumpul di depan gedung parlemen untuk menuntut hak-hak mereka. Orang-orang dalam massa 2 biasanya berkumpul dengan tujuan yang bersifat politik atau sosial.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kerumunan publik dan massa 2. Kerumunan publik biasanya terbentuk secara spontan dan tidak terorganisir, sedangkan massa 2 memiliki tujuan dan taktik khusus untuk mencapai tujuan mereka. Massa 2 juga memiliki struktur yang terorganisir dan memiliki pemimpin atau koordinator yang jelas. Kita harus memahami perbedaan ini agar dapat membedakan antara kerumunan publik dan massa 2 serta mengetahui cara menghadapinya.

Pos Terkait:  Jelaskan Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat di Perkotaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close