Caramantap

Jelaskan yang Dimaksud Ornamen

×

Jelaskan yang Dimaksud Ornamen

Share this article

Ornamen adalah seni hias yang biasa digunakan untuk mempercantik suatu benda. Ornamen dapat ditemukan pada benda-benda seperti pakaian, bangunan, dan perhiasan. Ornamen juga dapat dijadikan sebagai ciri khas suatu budaya atau zaman tertentu.

Asal Usul Ornamen

Ornamen telah ada sejak zaman purba. Ornamen pada masa itu terbuat dari batu, kayu, atau tulang binatang. Ornamen pada masa itu berfungsi sebagai simbol kekuatan atau keberuntungan.

Pada zaman Mesir Kuno, ornamen digunakan untuk memperindah bangunan dan perhiasan. Ornamen pada masa itu terinspirasi dari bentuk alam seperti tumbuhan dan hewan.

Pada masa Yunani dan Romawi, ornamen digunakan untuk menghias bangunan dan patung. Ornamen pada masa itu menggambarkan keindahan tubuh manusia dan dewa-dewi Yunani dan Romawi.

Jenis-Jenis Ornamen

Ornamen dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan bahan dan motifnya. Berikut adalah beberapa jenis ornamen:

1. Ornamen Geometris

Ornamen geometris terdiri dari bentuk-bentuk geometris seperti segitiga, lingkaran, dan persegi. Ornamen ini biasanya ditemukan pada kain tenun dan anyaman. Ornamen geometris juga dapat ditemukan pada bangunan-bangunan kuno seperti kuil.

Pos Terkait:  Cara Hack Homescapes dengan Download Aplikasi

2. Ornamen Flora dan Fauna

Ornamen flora dan fauna menggambarkan bentuk-bentuk tumbuhan dan hewan. Ornamen ini biasanya ditemukan pada perhiasan dan seni lukis. Ornamen flora dan fauna juga dapat ditemukan pada bangunan-bangunan kuno seperti kuil dan istana.

3. Ornamen Figuratif

Ornamen figuratif menggambarkan bentuk-bentuk manusia, hewan, atau dewa-dewi. Ornamen ini biasanya ditemukan pada patung dan seni lukis. Ornamen figuratif juga dapat ditemukan pada bangunan-bangunan kuno seperti kuil dan istana.

Fungsi Ornamen

Ornamen memiliki beberapa fungsi, antara lain:

1. Memperindah

Ornamen digunakan untuk memperindah suatu benda seperti pakaian, perhiasan, dan bangunan. Ornamen yang indah dapat meningkatkan nilai estetika suatu benda.

2. Menunjukkan Status

Ornamen juga dapat menunjukkan status seseorang. Ornamen yang mahal dan indah biasanya dipakai oleh orang-orang kaya atau bangsawan.

3. Meningkatkan Nilai Ekonomi

Ornamen yang mahal dan langka dapat meningkatkan nilai ekonomi suatu benda seperti perhiasan dan barang antik.

Contoh Ornamen yang Terkenal

Berikut adalah beberapa contoh ornamen yang terkenal:

1. Batik

Batik adalah seni tenun yang berasal dari Indonesia. Batik biasanya menggunakan ornamen geometris dan flora.

2. Art Deco

Art Deco adalah gaya seni dekoratif yang populer pada tahun 1920-an dan 1930-an. Art Deco menggunakan ornamen geometris dan figuratif yang modern.

Pos Terkait:  Contoh Teks Sejarah tentang Kerajaan

3. Barong

Barong adalah tari tradisional Bali yang menggambarkan seekor makhluk mitos. Barong menggunakan ornamen fauna dan figuratif yang indah.

Kesimpulan

Ornamen adalah seni hias yang digunakan untuk memperindah suatu benda. Ornamen memiliki berbagai jenis dan fungsi. Contoh ornamen yang terkenal antara lain batik, Art Deco, dan Barong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close