Caramantap

Cara Select Object Photoshop untuk Pemula

×

Cara Select Object Photoshop untuk Pemula

Share this article

Photoshop adalah software editing foto yang sangat populer di kalangan profesional maupun pemula. Salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh Photoshop adalah kemampuannya untuk melakukan seleksi objek pada foto. Seleksi objek ini sangat penting untuk mempermudah proses editing dan memungkinkan kita untuk memanipulasi objek dengan lebih mudah. Namun, bagi pemula, cara select object Photoshop mungkin terlihat rumit. Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk melakukan select object pada Photoshop:

1. Gunakan Tool Selection

Tool Selection merupakan tool yang paling umum digunakan untuk melakukan select object pada Photoshop. Tool ini dapat ditemukan pada toolbar di sebelah kiri layar. Ada beberapa jenis tool selection yang dapat digunakan, seperti Rectangular Marquee Tool, Elliptical Marquee Tool, Lasso Tool, dan Polygonal Lasso Tool. Pilih salah satu tool yang sesuai dengan objek yang ingin dipilih.

2. Pilih Objek dengan Tool Selection

Setelah memilih tool selection yang sesuai, drag tool tersebut di sekitar objek yang ingin dipilih. Pastikan objek terpilih dengan baik dan tidak ada bagian yang terlewat.

3. Refine Edge

Jika objek yang dipilih memiliki tepian yang tidak rata atau detail yang rumit, gunakan fitur Refine Edge untuk memperhalus seleksi. Fitur ini dapat ditemukan pada toolbar seleksi atau melalui menu Select – Refine Edge.

4. Gunakan Quick Selection Tool

Jika objek yang ingin dipilih memiliki warna atau tekstur yang berbeda dengan background, pilih Quick Selection Tool. Tool ini dapat membantu Anda membuat seleksi dengan lebih cepat dan akurat. Pilih tool ini pada toolbar di sebelah kiri layar dan drag tool di sekitar objek yang ingin dipilih.

Pos Terkait:  Cara Mengganti Umur di YouTube

5. Seleksi Layer

Jika objek yang ingin dipilih berada pada layer yang berbeda dengan background, gunakan fitur Select Layer pada menu Select. Pilih layer yang ingin dipilih dan gunakan tool selection untuk membuat seleksi.

6. Menghindari Kesalahan Seleksi

Agar tidak membuat kesalahan seleksi, pastikan Anda menggunakan zoom in untuk memperbesar objek yang ingin dipilih. Periksa juga seleksi dengan menggunakan fitur Quick Mask pada toolbar seleksi. Quick Mask akan menampilkan seleksi dengan warna merah sehingga Anda dapat melihat dengan jelas bagian mana yang terpilih dan bagian mana yang tidak.

7. Kombinasikan Seleksi

Jika objek yang ingin dipilih memiliki bagian yang terpisah, gunakan tool selection untuk membuat seleksi pada setiap bagian dan kombinasikan seleksi tersebut dengan menggunakan fitur Add to Selection atau Subtract from Selection pada toolbar seleksi.

8. Seleksi Berdasarkan Warna

Jika objek yang ingin dipilih memiliki warna yang sama dengan background, gunakan fitur Select Color Range pada menu Select. Pilih warna yang ingin dipilih dan atur tolerance untuk menyesuaikan seleksi.

9. Seleksi Berdasarkan Bentuk

Jika objek yang ingin dipilih memiliki bentuk yang sama dengan objek lain pada foto, gunakan fitur Magic Wand Tool pada toolbar seleksi. Pilih tool ini dan klik pada bagian objek yang ingin dipilih. Photoshop akan membuat seleksi otomatis berdasarkan bentuk objek.

10. Seleksi Berdasarkan Area

Jika objek yang ingin dipilih memiliki area yang sama dengan objek lain pada foto, gunakan fitur Rectangular Marquee Tool atau Elliptical Marquee Tool pada toolbar seleksi. Pilih tool ini dan buat seleksi pada area objek yang ingin dipilih.

11. Seleksi Berdasarkan Kontras

Jika objek yang ingin dipilih memiliki kontras yang tinggi dengan background, gunakan fitur Select – Color Range pada menu Select. Pilih Shadow atau Highlight dan atur Fuzziness untuk menyesuaikan seleksi.

12. Seleksi Berdasarkan Garis

Jika objek yang ingin dipilih memiliki garis yang jelas, gunakan fitur Pen Tool pada toolbar seleksi. Pilih tool ini dan buat garis di sekitar objek yang ingin dipilih. Setelah selesai, klik kanan dan pilih Make Selection untuk membuat seleksi.

Pos Terkait:  Cara Instal NFC di Android

13. Seleksi Berdasarkan Objek

Jika objek yang ingin dipilih berada di dalam objek lain pada foto, gunakan fitur Select – Object pada menu Select. Photoshop akan membuat seleksi otomatis berdasarkan objek yang ingin dipilih.

14. Seleksi dengan Layer Mask

Jika ingin membuat seleksi yang lebih halus, gunakan fitur Layer Mask pada layer objek yang ingin dipilih. Pilih layer objek dan klik pada ikon Layer Mask pada bawah Layers Panel. Buat seleksi pada layer mask dengan menggunakan Brush Tool.

15. Seleksi dengan Channel Mask

Jika ingin membuat seleksi yang benar-benar halus, gunakan fitur Channel Mask. Pilih Channel pada Channels Panel yang memiliki kontras tertinggi antara objek dan background. Salin Channel tersebut dan buat seleksi pada channel baru dengan menggunakan Levels atau Curves.

16. Membuat Seleksi dengan Color Range

Jika ingin membuat seleksi berdasarkan warna, gunakan fitur Select – Color Range pada menu Select. Pilih warna yang ingin dipilih dan atur tolerance untuk menyesuaikan seleksi.

17. Seleksi dengan Magic Wand Tool

Jika ingin membuat seleksi dengan cepat, gunakan fitur Magic Wand Tool pada toolbar seleksi. Pilih tool ini dan klik pada bagian objek yang ingin dipilih. Photoshop akan membuat seleksi otomatis berdasarkan warna atau kontras objek.

18. Seleksi dengan Quick Selection Tool

Jika ingin membuat seleksi dengan cepat dan akurat, gunakan fitur Quick Selection Tool pada toolbar seleksi. Pilih tool ini dan drag tool di sekitar objek yang ingin dipilih. Photoshop akan membuat seleksi otomatis berdasarkan warna atau kontras objek.

19. Menghapus Seleksi

Jika ingin menghapus seleksi, gunakan fitur Deselect pada toolbar seleksi atau tekan Ctrl + D pada keyboard.

20. Mengganti Seleksi

Jika ingin mengganti seleksi, gunakan tool selection yang sesuai untuk membuat seleksi baru. Photoshop akan mengganti seleksi lama dengan seleksi baru.

21. Menyimpan Seleksi

Jika ingin menyimpan seleksi, gunakan fitur Save Selection pada menu Select. Beri nama pada seleksi dan pilih channel atau layer mask untuk menyimpan seleksi.

22. Mengubah Seleksi

Jika ingin mengubah seleksi, gunakan tool selection yang sesuai untuk membuat seleksi baru. Pilih fitur Intersect with Selection atau Subtract from Selection pada toolbar seleksi untuk mengubah seleksi.

Pos Terkait:  Cara Membatasi Kecepatan Wifi Per User

23. Menggabungkan Seleksi

Jika ingin menggabungkan seleksi, gunakan fitur Add to Selection pada toolbar seleksi. Pilih tool selection yang sesuai dan buat seleksi pada bagian yang ingin digabungkan.

24. Menyeleksi Semua Objek

Jika ingin memilih semua objek pada foto, gunakan fitur Select All pada menu Select atau tekan Ctrl + A pada keyboard.

25. Menyeleksi Objek dengan Satu Warna

Jika ingin memilih objek dengan satu warna, gunakan fitur Magic Wand Tool pada toolbar seleksi. Pilih tool ini dan klik pada bagian objek yang memiliki warna yang sama. Photoshop akan membuat seleksi otomatis berdasarkan warna objek.

26. Menyeleksi Objek dengan Warna yang Berbeda

Jika ingin memilih objek dengan warna yang berbeda, gunakan fitur Select – Color Range pada menu Select. Pilih warna yang ingin dipilih dan atur tolerance untuk menyesuaikan seleksi.

27. Menyeleksi Objek dengan Tepian yang Rata

Jika ingin memilih objek dengan tepian yang rata, gunakan fitur Magnetic Lasso Tool pada toolbar seleksi. Pilih tool ini dan ikuti tepian objek dengan hati-hati. Photoshop akan membuat seleksi otomatis berdasarkan tepian objek.

28. Menyeleksi Objek dengan Detail yang Rumit

Jika ingin memilih objek dengan detail yang rumit, gunakan fitur Refine Edge pada toolbar seleksi atau melalui menu Select – Refine Edge. Atur pengaturan pada fitur ini untuk membuat seleksi yang halus dan akurat.

29. Membuat Seleksi dengan Path

Jika ingin membuat seleksi dengan path, gunakan fitur Pen Tool pada toolbar seleksi. Pilih tool ini dan buat path di sekitar objek yang ingin dipilih. Setelah selesai, klik kanan dan pilih Make Selection untuk membuat seleksi.

30. Menyeleksi Objek dengan Latar Belakang yang Rumit

Jika ingin memilih objek dengan latar belakang yang rumit, gunakan fitur Select – Subject pada menu Select. Photoshop akan membuat seleksi otomatis berdasarkan objek yang paling menonjol pada foto.

Kesimpulan

Cara select object Photoshop memang terlihat rumit bagi pemula. Namun, dengan latihan dan penggunaan tool selection yang tepat, Anda dapat membuat seleksi dengan cepat dan akurat. Gunakan fitur Refine Edge untuk memperhalus seleksi dan tool selection yang sesuai untuk membuat seleksi pada objek yang berbeda. Jangan lupa untuk menyimpan seleksi yang telah dibuat untuk digunakan kembali pada editing berikutnya.

close