Caramantap

Perbedaan Mitosis dan Meiosis dalam Bentuk Tabel

×

Perbedaan Mitosis dan Meiosis dalam Bentuk Tabel

Share this article

Mitosis dan meiosis adalah proses reproduksi sel yang penting bagi organisme. Keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal tujuan, jumlah kromosom, dan fase selama proses. Dalam artikel ini, akan dijelaskan perbedaan antara mitosis dan meiosis dalam bentuk tabel.

Perbedaan Tujuan

Mitosis Meiosis
Membuat sel somatik Membuat sel gamet

Mitosis bertujuan untuk membuat sel somatik yang identik dengan sel induknya. Sel somatik adalah sel yang terdapat di tubuh organisme dan bukan sel reproduksi. Meiosis bertujuan untuk membuat sel gamet, yaitu sel reproduksi yang digunakan untuk berkembang biak.

Perbedaan Jumlah Kromosom

Mitosis Meiosis
2n (diploid) n (haploid)

Selama mitosis, jumlah kromosom tetap sama seperti sel induknya. Sel induknya merupakan sel diploid, yang berarti memiliki dua set kromosom. Selama meiosis, jumlah kromosom berkurang menjadi setengahnya. Sel gamet merupakan sel haploid, yang hanya memiliki satu set kromosom.

Perbedaan Fase Selama Proses

Mitosis Meiosis
Satu tahap Dua tahap

Mitosis hanya memiliki satu tahap, yaitu pembelahan sel. Selama proses ini, kromosom dipisahkan menjadi dua set yang identik dan terbentuk dua sel baru. Meiosis memiliki dua tahap, yaitu meiosis I dan meiosis II. Selama meiosis I, kromosom homolog dipasangkan dan disilangkan satu sama lain, kemudian dipisahkan menjadi dua sel haploid. Selama meiosis II, kromosom dipisahkan seperti dalam mitosis dan terbentuk empat sel haploid baru.

Pos Terkait:  Harga dan Spesifikasi iPhone 8 Bekas, Cuma 3 Jutaan, Masih

Kesimpulan

Dalam tabel di atas, dapat dilihat perbedaan antara mitosis dan meiosis. Mitosis bertujuan untuk membuat sel somatik, memiliki jumlah kromosom tetap, dan hanya memiliki satu tahap. Meiosis bertujuan untuk membuat sel gamet, memiliki jumlah kromosom setengahnya, dan memiliki dua tahap selama proses. Penting untuk memahami perbedaan ini untuk memahami proses reproduksi sel dan bagaimana organisme berkembang biak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close