Caramantap

Bagaimana Cara Berkembang Biak dan Mengembangbiakan Tanaman Lengkuas

×

Bagaimana Cara Berkembang Biak dan Mengembangbiakan Tanaman Lengkuas

Share this article

Tanaman lengkuas atau serai adalah salah satu tanaman herbal yang sering digunakan sebagai bumbu dapur atau obat tradisional. Tanaman ini mudah ditemukan di Indonesia, karena tumbuh subur di daerah tropis. Lengkuas dapat berkembang biak dengan mudah dan dapat dikembangbiakan untuk memperbanyak jumlah tanaman. Berikut adalah beberapa cara berkembang biak dan mengembangbiakan tanaman lengkuas:

1. Pembibitan

Pembibitan lengkuas dapat dilakukan dengan cara merundukannya pada tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang. Setelah itu, tutup bibit tersebut dengan tanah dan siram dengan air secukupnya. Bibit biasanya akan tumbuh setelah 1-2 minggu, tergantung dari kondisi tanah dan iklim.

2. Stek

Stek adalah cara mengambil potongan batang dari tanaman lengkuas dan menancapkannya pada tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang. Setelah itu, tutup potongan batang tersebut dengan tanah dan siram dengan air secukupnya. Stek akan tumbuh menjadi tanaman baru setelah beberapa minggu.

3. Pembagian Rimpang

Pembagian rimpang adalah cara memisahkan rimpang lengkuas menjadi beberapa bagian dan menanamnya pada tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang. Pastikan setiap bagian rimpang memiliki tunas yang sehat dan akar yang baik. Setelah itu, tutup rimpang tersebut dengan tanah dan siram dengan air secukupnya. Rimpang akan tumbuh menjadi tanaman baru dalam beberapa minggu.

Pos Terkait:  Cara Pakai OpenVPN Connect: Panduan Lengkap

4. Perbanyakan Lengkuas dengan Cara Okulasi

Cara okulasi adalah cara memasukkan tunas dari tanaman lengkuas yang sehat ke dalam batang tanaman lain yang sehat. Tunas tersebut kemudian akan tumbuh menjadi tanaman lengkuas yang baru. Cara ini memerlukan keahlian khusus dan lebih sulit dilakukan dibandingkan dengan cara-cara lainnya.

5. Penanaman dalam Pot

Lengkuas dapat ditanam dalam pot dengan cara menanam bibit atau rimpang pada tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang. Pastikan pot tersebut memiliki lubang untuk drainase agar air tidak tergenang dan mengakibatkan kerusakan pada akar. Siram tanaman secara teratur dan letakkan pot di tempat yang teduh namun tetap terkena sinar matahari yang cukup.

6. Persiapan Lahan Tanam

Sebelum menanam lengkuas, pastikan lahan tanam telah disiapkan dengan baik. Bersihkan area tanam dari semak atau rumput liar dan gali lubang yang cukup besar untuk menampung bibit atau rimpang. Campurkan tanah dengan pupuk kandang atau kompos untuk meningkatkan kesuburan tanah. Pastikan tanah cukup lembab dan terkena sinar matahari yang cukup.

7. Penanaman Lengkuas

Setelah lahan tanam telah disiapkan, tanam bibit atau rimpang lengkuas pada lubang yang sudah digali. Pastikan bahwa bibit atau rimpang ditanam dengan kedalaman yang cukup dan jarak antar tanaman yang memadai. Siram tanaman secara teratur dan jaga kelembaban tanah dengan memberikan air secukupnya.

Pos Terkait:  Apa Perbedaan Laptop dan Komputer?

8. Pemeliharaan Tanaman

Untuk memastikan pertumbuhan lengkuas yang sehat, pastikan tanaman mendapatkan perawatan yang cukup. Siram tanaman secara teratur dan gunakan pupuk organik atau pupuk kimia yang sesuai untuk meningkatkan kesuburan tanah. Potong daun atau tunas yang menguning atau rusak untuk mencegah penyebaran penyakit.

9. Panen

Lengkuas dapat dipanen setelah 8-12 bulan menanam. Tunas yang sudah cukup besar dapat dipanen secara bertahap atau seluruh tanaman dapat digali untuk memanen rimpangnya. Pastikan rimpang yang dipanen sudah cukup matang dan tidak mengalami kerusakan. Rimpang dapat digunakan sebagai bahan bumbu dapur atau sebagai obat tradisional.

10. Kesimpulan

Berkembang biak dan mengembangbiakan tanaman lengkuas dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti pembibitan, stek, pembagian rimpang, dan okulasi. Penanaman dapat dilakukan dalam pot atau di lahan tanam yang sudah disiapkan dengan baik. Pastikan tanaman mendapatkan perawatan yang cukup dan panen rimpang secara berkala setelah 8-12 bulan menanam. Dengan mengikuti cara-cara tersebut, Anda dapat memperbanyak jumlah tanaman lengkuas dan mendapatkan manfaat dari tanaman yang berguna ini.

close