Caramantap

Cara Trading Futures: Panduan Lengkap untuk Pemula

×

Cara Trading Futures: Panduan Lengkap untuk Pemula

Share this article

Trading futures merupakan salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga komoditas, saham, atau indeks di masa depan. Namun, sebelum mulai trading, ada beberapa hal yang perlu dipahami agar bisa mengoptimalkan peluang keuntungan dan mengurangi risiko kerugian. Berikut adalah panduan lengkap untuk pemula tentang cara trading futures.

Pahami Kontrak Futures

Sebelum memulai trading futures, penting untuk memahami kontrak futures itu sendiri. Kontrak futures adalah perjanjian untuk membeli atau menjual suatu aset di masa depan dengan harga yang sudah ditentukan sebelumnya. Setiap kontrak futures memiliki ukuran dan spesifikasi yang berbeda-beda tergantung pada jenis aset yang diperdagangkan.

Pilih Broker Terpercaya

Setelah memahami kontrak futures, langkah selanjutnya adalah memilih broker terpercaya. Pilihlah broker yang sudah teregulasi dan memiliki reputasi yang baik. Selain itu, pastikan broker tersebut menyediakan platform trading yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap.

Pelajari Analisis Teknikal dan Fundamental

Analisis teknikal dan fundamental merupakan dua metode analisis yang umum digunakan dalam trading futures. Analisis teknikal melibatkan pengamatan terhadap pergerakan harga dan pola grafik untuk memprediksi arah pergerakan harga selanjutnya. Sementara analisis fundamental melibatkan analisis terhadap faktor-faktor ekonomi dan politik yang mempengaruhi harga aset.

Tentukan Strategi Trading

Setelah memilih broker dan memahami analisis teknikal dan fundamental, langkah selanjutnya adalah menentukan strategi trading. Ada berbagai macam strategi trading yang bisa dipilih, seperti day trading, swing trading, atau position trading. Pilihlah strategi yang sesuai dengan gaya trading dan tujuan investasi Anda.

Ciptakan Rencana Trading

Setelah menentukan strategi trading, buatlah rencana trading yang jelas dan terperinci. Rencana trading harus mencakup target profit, level stop loss, dan penggunaan leverage. Rencana trading yang baik dapat membantu mengurangi risiko kerugian dan meningkatkan peluang keuntungan.

Pos Terkait:  Bagaimana Sikapmu Menghadapi Modernisasi yang Terjadi Saat Ini

Gunakan Leverage dengan Bijak

Salah satu keuntungan trading futures adalah penggunaan leverage. Leverage memungkinkan trader untuk mengontrol posisi yang lebih besar dari modal yang dimiliki. Namun, penggunaan leverage yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kerugian. Gunakan leverage dengan bijak dan sesuai dengan rencana trading Anda.

Pahami Risiko Trading Futures

Trading futures memiliki risiko yang tinggi. Sebelum memulai trading, pahami risiko yang ada dan siapkan diri untuk menghadapinya. Risiko trading futures antara lain adalah risiko pasar, risiko likuiditas, dan risiko leverage. Pastikan Anda sudah memiliki rencana untuk mengatasi risiko tersebut.

Mulai Trading dengan Akun Demo

Sebelum mulai trading dengan akun riil, coba dulu trading dengan akun demo. Akun demo memungkinkan trader untuk berlatih trading dengan uang virtual tanpa risiko kerugian. Dengan berlatih trading menggunakan akun demo, trader dapat menguji strategi trading dan meningkatkan keterampilan trading mereka sebelum mulai trading dengan uang riil.

Gunakan Stop Loss

Stop loss adalah level harga di mana posisi trading akan ditutup otomatis jika harga mencapai level tersebut. Penggunaan stop loss dapat membantu mengurangi risiko kerugian dan melindungi modal trading Anda. Pastikan Anda selalu menggunakan stop loss saat trading futures.

Pilih Aset yang Dikenal

Pilih aset yang dikenal dan dipahami dengan baik saat trading futures. Jangan terlalu bergantung pada rekomendasi orang lain atau memilih aset hanya karena sedang populer. Pilihlah aset yang sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman trading Anda.

Tetap Tenang dan Disiplin

Trading futures dapat menjadi emosional dan membutuhkan disiplin yang tinggi. Tetap tenang dan disiplin saat trading dan jangan biarkan emosi mengambil alih keputusan trading Anda. Selalu patuhi rencana trading dan jangan terlalu sering mengubah strategi trading.

Gunakan Analisis Multi-Timeframe

Analisis multi-timeframe melibatkan pengamatan terhadap grafik pada beberapa timeframe yang berbeda untuk memperoleh gambaran yang lebih komprehensif tentang pergerakan harga. Penggunaan analisis multi-timeframe dapat membantu meningkatkan akurasi prediksi arah pergerakan harga.

Perhatikan Berita Ekonomi

Berita ekonomi dan politik dapat mempengaruhi pergerakan harga aset. Perhatikan berita ekonomi dan politik yang terkait dengan aset yang diperdagangkan dan gunakan informasi tersebut dalam pengambilan keputusan trading. Namun, jangan terlalu bergantung pada berita dan selalu patuhi rencana trading Anda.

Gunakan Teknik Manajemen Risiko

Teknik manajemen risiko melibatkan penggunaan instrumen seperti stop loss, take profit, dan trailing stop untuk mengelola risiko trading. Pastikan Anda menggunakan teknik manajemen risiko yang sesuai dengan rencana trading Anda dan tidak terlalu memaksakan diri untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Pos Terkait:  Cara Top Up Free Fire di OVO Murah Tanpa Ribet

Perhatikan Biaya Trading

Perhatikan biaya trading saat memilih broker dan melakukan trading futures. Biaya trading yang tinggi dapat mengurangi keuntungan yang didapat dari trading. Pastikan Anda memilih broker yang menyediakan biaya trading yang kompetitif dan transparan.

Pahami Jam Trading

Jam trading futures dapat bervariasi tergantung pada aset yang diperdagangkan. Pahami jam trading aset yang Anda pilih dan pastikan Anda dapat trading di jam-jam yang sesuai dengan jadwal Anda. Jangan trading di luar jam trading yang ditentukan karena dapat berdampak pada likuiditas dan risiko trading.

Gunakan Analisis Sentimen Pasar

Analisis sentimen pasar melibatkan pengamatan terhadap persepsi dan sikap trader terhadap suatu aset. Penggunaan analisis sentimen pasar dapat membantu memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang pergerakan harga aset dan memperkuat analisis teknikal dan fundamental.

Jangan Terlalu Serakah

Jangan terlalu serakah saat trading futures. Jangan terlalu memaksakan diri untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar dan jangan biarkan emosi mengambil alih keputusan trading Anda. Tetap patuhi rencana trading dan jangan trading di luar batas risiko yang sudah ditentukan.

Perhatikan Margin Call

Margin call terjadi saat modal trading Anda tidak mencukupi untuk menutup posisi trading yang merugi. Pastikan Anda selalu memantau margin level dan tidak membiarkan margin level terlalu rendah. Jika margin call terjadi, segera lakukan tindakan yang diperlukan untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Gunakan Teknik Averaging

Teknik averaging melibatkan pembukaan posisi baru dengan ukuran yang sama saat posisi lama masih mengalami kerugian. Penggunaan teknik averaging dapat membantu mengurangi kerugian dan meningkatkan peluang keuntungan. Namun, teknik averaging juga memiliki risiko yang tinggi dan harus digunakan dengan hati-hati.

Perhatikan Volatilitas Pasar

Volatilitas pasar dapat mempengaruhi pergerakan harga aset. Perhatikan volatilitas pasar dan gunakan informasi tersebut dalam pengambilan keputusan trading. Namun, jangan terlalu bergantung pada volatilitas pasar dan selalu patuhi rencana trading Anda.

Gunakan Teknik Hedging

Teknik hedging melibatkan pembukaan posisi trading yang berlawanan dengan posisi trading yang sudah ada untuk mengurangi risiko kerugian. Penggunaan teknik hedging dapat membantu melindungi modal trading Anda dan mengurangi risiko kerugian. Namun, teknik hedging juga memiliki risiko yang tinggi dan harus digunakan dengan hati-hati.

Perhatikan Psikologi Trading

Psikologi trading memainkan peran penting dalam kesuksesan trading futures. Perhatikan psikologi trading Anda dan jangan biarkan emosi mengambil alih keputusan trading. Selalu tetap tenang dan disiplin saat trading dan jangan terlalu serakah.

Pahami Konsep Roll Over

Roll over terjadi saat kontrak futures yang telah jatuh tempo digantikan dengan kontrak futures baru. Konsep roll over perlu dipahami karena dapat mempengaruhi posisi trading Anda dan biaya trading. Pastikan Anda memahami konsep roll over dan menyesuaikan rencana trading Anda dengan jadwal roll over yang ada.

Pos Terkait:  Sebutkan Jenis-Jenis Perlengkapan Kantor

Gunakan Analisis Intermarket

Analisis intermarket melibatkan pengamatan terhadap hubungan antara pasar yang berbeda seperti pasar saham, pasar obligasi, dan pasar komoditas. Penggunaan analisis intermarket dapat membantu memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang pergerakan harga aset dan memperkuat analisis teknikal dan fundamental.

Perhatikan Tren Pasar

Perhatikan tren pasar saat trading futures. Perhatikan arah pergerakan harga dan jangan melawan tren pasar. Selalu patuhi rencana trading dan jangan terlalu serakah saat tren pasar sedang menguntungkan.

Gunakan Teknik Scalping

Teknik scalping melibatkan pembukaan dan penutupan posisi trading dalam waktu singkat dengan tujuan mendapatkan keuntungan kecil namun berkali-kali. Penggunaan teknik scalping dapat membantu meningkatkan peluang keuntungan, namun juga memiliki risiko yang tinggi dan harus digunakan dengan hati-hati.

Perhatikan Likuiditas Pasar

Likuiditas pasar dapat mempengaruhi kemudahan dalam membeli atau menjual aset. Perhatikan likuiditas pasar dan pastikan Anda dapat melakukan trading dengan mudah dan cepat. Jangan trading di pasar yang likuiditasnya rendah karena dapat berdampak pada risiko trading.

Gunakan Teknik Pyramiding

Teknik pyramiding melibatkan penambahan posisi trading yang sama saat posisi trading sebelumnya sudah menghasilkan keuntungan. Penggunaan teknik pyramiding dapat membantu meningkatkan peluang keuntungan, namun juga memiliki risiko yang tinggi dan harus digunakan dengan hati-hati.

Perhatikan Komisi dan Spread

Komisi dan spread dapat mempengaruhi biaya trading futures. Perhatikan besaran komisi dan spread saat memilih broker dan pastikan Anda memilih broker yang menyediakan biaya trading yang kompetitif dan transparan.

Gunakan Teknik Arah Posisi

Teknik arah posisi melibatkan pembukaan posisi trading yang sama dengan arah pergerakan harga saat ini. Penggunaan teknik arah posisi dapat membantu meningkatkan peluang keuntungan, namun juga memiliki risiko yang tinggi dan harus digunakan dengan hati-hati.

Perhatikan Jangka Waktu Trading

Perhatikan jangka waktu trading saat trading futures. Pilihlah jangka waktu trading yang sesuai dengan strategi trading dan tujuan investasi Anda. Jangan trading di jangka waktu yang terlalu pendek atau terlalu panjang karena dapat berdampak pada risiko trading.

Gunakan Teknik Breakout

Teknik breakout melibatkan pembukaan posisi trading saat harga melewati level resistensi atau support yang penting. Penggunaan teknik breakout dapat membantu meningkatkan peluang keuntungan, namun juga memiliki risiko yang tinggi dan harus digunakan dengan hati-hati.

close