Caramantap

Cara Menambah Memori VGA untuk Meningkatkan Performa Gaming

×

Cara Menambah Memori VGA untuk Meningkatkan Performa Gaming

Share this article

Memori VGA adalah salah satu komponen penting dalam sebuah PC gaming. Semakin besar kapasitas memori VGA, semakin baik kualitas grafis yang dihasilkan. Namun, tidak semua orang mampu membeli VGA dengan memori yang besar. Beruntungnya, ada cara untuk meningkatkan memori VGA tanpa harus membeli komponen baru. Berikut adalah cara menambah memori VGA yang dapat dilakukan.

1. Overclock VGA

Overclock VGA adalah proses meningkatkan kecepatan clock memori VGA yang dilakukan melalui software. Dengan meningkatkan kecepatan clock, maka performa VGA akan meningkat dan memori VGA juga akan ikut meningkat. Namun, overclock VGA harus dilakukan dengan hati-hati karena jika terlalu berlebihan dapat merusak komponen VGA.

2. Menambahkan VRAM

VRAM adalah memori yang digunakan untuk menyimpan data grafis pada VGA. Semakin besar kapasitas VRAM, semakin baik kualitas grafis yang dihasilkan. Untuk menambah kapasitas VRAM, dapat dilakukan melalui BIOS VGA atau software pihak ketiga seperti MSI Afterburner. Namun, tidak semua VGA mendukung penambahan VRAM.

3. Menggunakan RAM sebagai VRAM

RAM pada PC juga dapat digunakan sebagai VRAM pada VGA. Hal ini dapat dilakukan dengan mengubah setting pada BIOS dan menggunakan software seperti RivaTuner. Namun, penggunaan RAM sebagai VRAM dapat mempengaruhi performa PC secara keseluruhan.

4. Menambahkan VGA Card

Jika memori VGA pada PC sudah tidak dapat ditingkatkan lagi, maka solusi terbaik adalah menambahkan VGA Card baru dengan memori yang lebih besar. Namun, hal ini tentu membutuhkan biaya yang cukup besar.

5. Membersihkan PC

Pembersihan PC secara berkala dapat membantu meningkatkan performa PC secara keseluruhan. Terkadang, debu dan kotoran pada komponen PC dapat menghambat sirkulasi udara dan mempengaruhi performa PC. Dengan membersihkan PC secara berkala, maka performa PC juga akan meningkat.

Pos Terkait:  Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee karena Barang Kurang

6. Menggunakan SSD

SSD adalah salah satu komponen yang dapat membantu meningkatkan performa PC secara keseluruhan. Dengan menggunakan SSD sebagai tempat penyimpanan sistem operasi dan game, maka waktu loading game akan lebih cepat dan performa PC juga akan meningkat. Namun, penggunaan SSD membutuhkan biaya yang cukup besar.

7. Menambahkan Fan

Penambahan fan pada PC dapat membantu memperbaiki sirkulasi udara pada PC. Dengan sirkulasi udara yang baik, maka suhu PC juga akan lebih stabil dan performa PC juga akan meningkat. Namun, penambahan fan harus dilakukan dengan hati-hati karena jika terlalu banyak dapat membuat suara PC menjadi bising.

8. Menggunakan Monitor yang Sesuai

Monitor juga berpengaruh pada performa PC. Dengan menggunakan monitor yang sesuai dengan spesifikasi PC, maka kualitas grafis yang dihasilkan akan lebih baik dan performa PC juga akan meningkat. Namun, monitor yang sesuai dengan spesifikasi PC juga membutuhkan biaya yang cukup besar.

9. Menonaktifkan Fitur yang Tidak Diperlukan

Fitur seperti Aero dan visual effect pada Windows dapat mempengaruhi performa PC secara keseluruhan. Dengan menonaktifkan fitur yang tidak diperlukan, maka performa PC akan meningkat. Namun, penggunaan fitur seperti Aero dan visual effect dapat membantu memperindah tampilan Windows.

10. Menggunakan Game Booster

Game Booster adalah software yang dapat membantu meningkatkan performa PC khususnya saat bermain game. Game Booster akan menonaktifkan fitur yang tidak diperlukan dan mengoptimalkan performa PC untuk bermain game. Namun, penggunaan Game Booster juga membutuhkan RAM yang cukup besar.

11. Menggunakan Cooling Pad

Cooling Pad adalah alat yang dapat membantu menurunkan suhu pada laptop. Dengan suhu yang lebih rendah, maka performa laptop juga akan lebih baik. Namun, penggunaan Cooling Pad juga membutuhkan biaya yang cukup besar.

12. Menambahkan Thermal Paste

Thermal Paste adalah bahan yang digunakan untuk menghubungkan antara CPU dan heatsink pada PC. Dengan menambahkan thermal paste pada CPU, maka suhu CPU akan lebih stabil dan performa PC juga akan meningkat. Namun, penambahan thermal paste harus dilakukan dengan hati-hati karena jika terlalu banyak dapat merusak komponen PC.

13. Menggunakan Kipas Angin

Kipas angin dapat membantu menurunkan suhu pada ruangan. Dengan suhu yang lebih rendah, maka performa PC juga akan lebih baik. Namun, penggunaan kipas angin juga membutuhkan biaya yang cukup besar.

14. Menambahkan RAM

RAM adalah salah satu komponen penting dalam PC. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak program yang dapat dijalankan dan semakin baik performa PC. Dengan menambahkan RAM, maka performa PC juga akan meningkat. Namun, penambahan RAM membutuhkan biaya yang cukup besar.

Pos Terkait:  Rekomendasi Novel Terbaik di Noveltoon

15. Menggunakan Processor yang Sesuai

Processor juga berpengaruh pada performa PC. Dengan menggunakan processor yang sesuai dengan kebutuhan, maka performa PC juga akan lebih baik. Namun, penggunaan processor yang sesuai dengan kebutuhan juga membutuhkan biaya yang cukup besar.

16. Menambahkan Hard Disk

Hard Disk adalah tempat penyimpanan data pada PC. Semakin besar kapasitas hard disk, semakin banyak data yang dapat disimpan dan semakin baik performa PC. Dengan menambahkan hard disk, maka performa PC juga akan meningkat. Namun, penambahan hard disk membutuhkan biaya yang cukup besar.

17. Menambahkan Power Supply

Power Supply adalah salah satu komponen penting dalam PC. Dengan menambahkan power supply yang lebih besar, maka PC akan mendapatkan pasokan listrik yang lebih stabil dan performa PC juga akan meningkat. Namun, penambahan power supply membutuhkan biaya yang cukup besar.

18. Menggunakan Modem yang Sesuai

Modem berpengaruh pada kecepatan internet yang diterima oleh PC. Dengan menggunakan modem yang sesuai dengan kebutuhan, maka kecepatan internet yang diterima juga akan lebih baik dan performa PC juga akan meningkat. Namun, modem yang sesuai dengan kebutuhan juga membutuhkan biaya yang cukup besar.

19. Menggunakan Router yang Sesuai

Router juga berpengaruh pada kecepatan internet yang diterima oleh PC. Dengan menggunakan router yang sesuai dengan kebutuhan, maka kecepatan internet yang diterima juga akan lebih baik dan performa PC juga akan meningkat. Namun, router yang sesuai dengan kebutuhan juga membutuhkan biaya yang cukup besar.

20. Menggunakan Kabel LAN

Kabel LAN dapat membantu meningkatkan kecepatan internet yang diterima oleh PC. Dengan menggunakan kabel LAN, maka kecepatan internet yang diterima juga akan lebih baik dan performa PC juga akan meningkat. Namun, penggunaan kabel LAN juga membutuhkan biaya yang cukup besar.

21. Menambahkan Printer

Printer adalah salah satu perangkat yang dapat membantu mempercepat pekerjaan pada PC. Dengan menambahkan printer, maka pekerjaan yang berkaitan dengan cetak dokumen atau gambar akan lebih cepat dan performa PC juga akan meningkat. Namun, penambahan printer membutuhkan biaya yang cukup besar.

22. Menggunakan Mouse dan Keyboard yang Sesuai

Mouse dan keyboard juga berpengaruh pada performa PC. Dengan menggunakan mouse dan keyboard yang sesuai dengan kebutuhan, maka pekerjaan yang berkaitan dengan mouse dan keyboard akan lebih cepat dan performa PC juga akan meningkat. Namun, mouse dan keyboard yang sesuai dengan kebutuhan juga membutuhkan biaya yang cukup besar.

Pos Terkait:  cara bayar KPR BTN lewat mobile banking BCA

23. Menambahkan Headset

Headset dapat membantu mempercepat pekerjaan pada PC yang berkaitan dengan suara. Dengan menambahkan headset, maka pekerjaan yang berkaitan dengan suara akan lebih cepat dan performa PC juga akan meningkat. Namun, penambahan headset membutuhkan biaya yang cukup besar.

24. Menambahkan Speaker

Speaker dapat membantu mempercepat pekerjaan pada PC yang berkaitan dengan suara. Dengan menambahkan speaker, maka pekerjaan yang berkaitan dengan suara akan lebih cepat dan performa PC juga akan meningkat. Namun, penambahan speaker membutuhkan biaya yang cukup besar.

25. Menggunakan Antivirus yang Sesuai

Antivirus berpengaruh pada keamanan PC. Dengan menggunakan antivirus yang sesuai dengan kebutuhan, maka PC akan lebih terlindungi dari ancaman virus dan performa PC juga akan meningkat. Namun, antivirus yang sesuai dengan kebutuhan juga membutuhkan biaya yang cukup besar.

26. Menggunakan Firewall yang Sesuai

Firewall juga berpengaruh pada keamanan PC. Dengan menggunakan firewall yang sesuai dengan kebutuhan, maka PC akan lebih terlindungi dari ancaman virus dan performa PC juga akan meningkat. Namun, firewall yang sesuai dengan kebutuhan juga membutuhkan biaya yang cukup besar.

27. Menambahkan Webcam

Webcam adalah salah satu perangkat yang dapat membantu mempercepat pekerjaan pada PC yang berkaitan dengan video. Dengan menambahkan webcam, maka pekerjaan yang berkaitan dengan video akan lebih cepat dan performa PC juga akan meningkat. Namun, penambahan webcam membutuhkan biaya yang cukup besar.

28. Menggunakan Microphone yang Sesuai

Microphone juga berpengaruh pada performa PC yang berkaitan dengan suara. Dengan menggunakan microphone yang sesuai dengan kebutuhan, maka pekerjaan yang berkaitan dengan suara akan lebih cepat dan performa PC juga akan meningkat. Namun, microphone yang sesuai dengan kebutuhan juga membutuhkan biaya yang cukup besar.

29. Menambahkan Scanner

Scanner adalah salah satu perangkat yang dapat membantu mempercepat pekerjaan pada PC yang berkaitan dengan scan dokumen atau gambar. Dengan menambahkan scanner, maka pekerjaan yang berkaitan dengan scan dokumen atau gambar akan lebih cepat dan performa PC juga akan meningkat. Namun, penambahan scanner membutuhkan biaya yang cukup besar.

30. Menggunakan UPS

UPS adalah salah satu perangkat yang dapat membantu melindungi PC dari gangguan listrik. Dengan menggunakan UPS, maka PC akan terlindungi dari gangguan listrik dan performa PC juga akan meningkat. Namun, UPS membutuhkan biaya yang cukup besar.

Demikianlah cara menambah memori VGA yang dapat dilakukan. Dengan melakukan cara-cara tersebut, maka performa PC akan meningkat dan pengalaman gaming akan lebih menyenangkan. Namun, sebelum melakukan cara-cara tersebut, pastikan untuk memahami risiko dan biaya yang dibutuhkan.

close