Caramantap

Perbedaan Fungsi dan Prosedur

×

Perbedaan Fungsi dan Prosedur

Share this article

Sebagai seorang programmer, Anda pasti sudah mengenal istilah fungsi dan prosedur. Kedua istilah ini sering digunakan dalam membuat program. Namun, apakah Anda tahu apa perbedaan antara fungsi dan prosedur?

Apa itu Fungsi?

Fungsi adalah blok kode yang dapat dipanggil kapan saja dalam program. Fungsi dapat digunakan untuk melakukan tugas tertentu dan mengembalikan nilai sebagai hasil dari tugas tersebut. Fungsi sering digunakan untuk mengorganisir kode dan membuat program lebih mudah dipahami.

Contoh penggunaan fungsi adalah seperti berikut:

function hitungLuasSegitiga(alas, tinggi) {var luas = (alas * tinggi) / 2;return luas;}var alasSegitiga = 10;var tinggiSegitiga = 5;var luasSegitiga = hitungLuasSegitiga(alasSegitiga, tinggiSegitiga);console.log("Luas segitiga adalah " + luasSegitiga);

Pada contoh di atas, fungsi hitungLuasSegitiga digunakan untuk menghitung luas segitiga dengan parameter alas dan tinggi. Kemudian, hasil perhitungan tersebut dikembalikan sebagai nilai dan disimpan dalam variabel luasSegitiga.

Apa itu Prosedur?

Prosedur adalah blok kode yang juga dapat dipanggil kapan saja dalam program. Namun, prosedur tidak mengembalikan nilai. Prosedur sering digunakan untuk melakukan tugas-tugas yang tidak memerlukan nilai kembali atau hanya melakukan tugas yang sederhana.

Contoh penggunaan prosedur adalah seperti berikut:

function tampilkanPesan() {console.log("Halo, selamat datang di website kami!");}tampilkanPesan();

Pada contoh di atas, prosedur tampilkanPesan digunakan untuk menampilkan pesan sederhana di konsol. Prosedur tersebut tidak memerlukan parameter dan tidak mengembalikan nilai.

Pos Terkait:  5 Hero Tank Terkuat di Mobile Legends, Masuk META

Perbedaan Fungsi dan Prosedur

Setelah mengetahui apa itu fungsi dan prosedur, berikut adalah beberapa perbedaan antara keduanya:

Kesimpulan

Fungsi dan prosedur adalah dua konsep dasar dalam pemrograman. Keduanya dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu dalam program. Namun, perbedaan utama antara fungsi dan prosedur adalah fungsi dapat mengembalikan nilai, sedangkan prosedur tidak. Selain itu, fungsi sering digunakan untuk mengorganisir kode dan membuat program lebih mudah dipahami. Sedangkan, prosedur sering digunakan untuk melakukan tugas-tugas yang sederhana dan tidak memerlukan nilai kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close