CaramantapKeluargaMakanan dan Penjamuan

Cara Membuat Macaron Perancis yang Mudah dan Lezat

×

Cara Membuat Macaron Perancis yang Mudah dan Lezat

Share this article

Macaron Perancis adalah kue kecil dengan ciri khas yang unik, terbuat dari tepung almond, gula, dan putih telur. Kue ini memiliki cita rasa yang lezat dan sering dijadikan sebagai hadiah khusus pada acara-acara tertentu seperti ulang tahun, pernikahan, atau perayaan lainnya. Namun, membuat macaron Perancis tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar hasilnya sempurna. Berikut adalah cara membuat macaron Perancis yang mudah dan lezat.

Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat macaron Perancis, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 100 gram tepung almond
  • 100 gram gula tepung
  • 75 gram putih telur
  • 50 gram gula pasir
  • Pewarna makanan (opsional)
Pos Terkait:  Cara Mengganti Username di Shopee

Langkah-langkah untuk Membuat Macaron Perancis

Nah, setelah kamu menyiapkan semua bahan, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat macaron Perancis:

Langkah 1: Membuat Tepung Almond Halus

Langkah pertama adalah membuat tepung almond menjadi halus dengan cara menggilingnya menggunakan blender atau food processor. Setelah halus, ayak tepung almond agar lebih lembut dan tidak menggumpal.

Langkah 2: Membuat Merengue

Langkah selanjutnya adalah membuat merengue dengan cara memasukkan putih telur ke dalam mangkuk besar dan menggunakan mixer listrik untuk mengocoknya hingga berbentuk busa. Kemudian, tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga merengue terbentuk dengan konsistensi yang kokoh dan mengkilat.

Langkah 3: Mencampurkan Tepung Almond dengan Gula Tepung

Setelah merengue terbentuk, campurkan tepung almond yang sudah diayak dengan gula tepung dan aduk rata menggunakan spatula.

Langkah 4: Menggabungkan Merengue dengan Campuran Tepung Almond dan Gula Tepung

Setelah campuran tepung almond dan gula tepung tercampur rata, tambahkan merengue ke dalam campuran tersebut dan aduk rata menggunakan spatula hingga tercampur sempurna. Jangan terlalu sering mengaduk campuran ini agar tidak kehilangan udaranya.

Langkah 5: Menambahkan Pewarna Makanan (Opsional)

Jika kamu ingin memberikan warna pada macaron Perancis, tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan dan aduk rata hingga tercampur sempurna.

Pos Terkait:  Cara Jumper Power Supply: Solusi Mudah untuk Mengatasi Masalah Listrik

Langkah 6: Membuat Adonan Macaron Perancis

Setelah semua bahan tercampur sempurna, masukkan adonan ke dalam piping bag dengan spuit bulat. Kemudian, semprotkan adonan di atas kertas roti yang sudah dilapisi dengan kertas baking dan bentuk menjadi lingkaran kecil dengan diameter sekitar 3 cm.

Langkah 7: Menempatkan Adonan Macaron Perancis ke dalam Oven

Panaskan oven pada suhu 150 derajat Celsius dan panggang macaron Perancis selama 15-20 menit hingga matang dan mengembang. Setelah matang, biarkan macaron Perancis dingin sejenak sebelum diambil dari kertas baking.

Tips Membuat Macaron Perancis yang Sempurna

Membuat macaron Perancis memang memerlukan ketelitian dan kejelian dalam mengikuti setiap langkahnya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu membuat macaron Perancis yang sempurna:

Pos Terkait:  Cara Download Foto Profil Teman Di WhatsApp Tanpa Aplikasi

Kesimpulan

Nah, itu dia cara mudah dan lezat untuk membuat macaron Perancis. Meskipun memerlukan ketelitian dan kejelian dalam setiap langkahnya, hasil akhir dari macaron Perancis yang dibuat pasti akan memuaskan. Jangan lupa praktikkan cara ini dan nikmati hasilnya dengan bersama keluarga dan teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close