Caramantap

Jelaskan Tipe Jaringan Jika Dilihat dari Sisi Kecepatannya

×

Jelaskan Tipe Jaringan Jika Dilihat dari Sisi Kecepatannya

Share this article

Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komputer yang saling terhubung satu sama lain. Jaringan komputer digunakan untuk berbagai keperluan seperti berbagi data, printer, dan internet. Ada beberapa tipe jaringan jika dilihat dari sisi kecepatannya. Berikut adalah penjelasannya:

1. Local Area Network (LAN)

LAN adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang berada dalam satu area yang terbatas seperti dalam satu gedung atau ruangan. Kecepatan jaringan LAN sangat tinggi karena jarak antar komputer yang terhubung sangat dekat. Kecepatan jaringan ini dapat mencapai 100 Mbps hingga 10 Gbps.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

MAN adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa LAN yang terhubung satu sama lain dalam satu kota. Kecepatan jaringan MAN lebih lambat dibandingkan dengan LAN karena jarak antar komputer yang terhubung lebih jauh. Kecepatan jaringan ini dapat mencapai 1 Mbps hingga 100 Mbps.

Pos Terkait:  Cara untuk Memeriksa Penyakit Kurap pada Anjing

3. Wide Area Network (WAN)

WAN adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa MAN atau LAN yang terhubung satu sama lain dalam area yang lebih luas seperti antar kota atau antar negara. Kecepatan jaringan WAN lebih lambat dibandingkan dengan MAN dan LAN karena jarak antar komputer yang terhubung sangat jauh. Kecepatan jaringan ini dapat mencapai 56 Kbps hingga 45 Mbps.

4. Wireless Local Area Network (WLAN)

WLAN adalah jaringan komputer yang terhubung secara nirkabel melalui perangkat seperti router, modem, atau access point. Kecepatan jaringan WLAN dapat mencapai 600 Mbps.

5. Wireless Metropolitan Area Network (WMAN)

WMAN adalah jaringan komputer yang terhubung secara nirkabel melalui perangkat seperti router, modem, atau access point dalam area yang lebih luas seperti dalam satu kota. Kecepatan jaringan WMAN dapat mencapai 70 Mbps.

6. Wireless Wide Area Network (WWAN)

WWAN adalah jaringan komputer yang terhubung secara nirkabel melalui perangkat seperti router, modem, atau access point dalam area yang sangat luas seperti antar negara. Kecepatan jaringan WWAN dapat mencapai 10 Mbps.

7. Satellite Network

Satellite Network adalah jaringan komputer yang menggunakan satelit sebagai media penghubung antar komputer. Kecepatan jaringan Satellite Network dapat mencapai 1 Mbps hingga 2 Gbps.

Pos Terkait:  Cara Top Up Diamond FF di Dana

8. Cellular Network

Cellular Network adalah jaringan komputer yang menggunakan teknologi seluler seperti 3G, 4G, atau 5G sebagai media penghubung antar komputer. Kecepatan jaringan Cellular Network dapat mencapai 100 Mbps hingga 1 Gbps.

9. Internet Network

Internet Network adalah jaringan komputer terbesar yang terhubung seluruh dunia. Kecepatan jaringan Internet Network sangat bervariasi tergantung dari provider internet yang digunakan dan juga jarak antar komputer yang terhubung. Kecepatan jaringan ini dapat mencapai 1 Mbps hingga 10 Gbps.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa tipe jaringan jika dilihat dari sisi kecepatannya. Kecepatan jaringan ini sangat penting untuk mempercepat kinerja jaringan dalam mengirim dan menerima data. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih tipe jaringan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close