Caramantap

Cara PM di FB: Panduan Lengkap Mengirim Pesan di Facebook

×

Cara PM di FB: Panduan Lengkap Mengirim Pesan di Facebook

Share this article

Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Selain untuk berbagi status, foto, dan video, Facebook juga memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan atau PM (private message) dengan teman, keluarga, atau bahkan orang yang belum dikenal sekalipun. Namun, bagi sebagian pengguna yang baru menggunakan Facebook, mungkin masih bingung tentang cara mengirim PM. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap cara PM di FB.

1. Login ke Facebook

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah login ke akun Facebook. Jika belum memiliki akun, silakan daftar terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah yang disediakan oleh Facebook.

2. Klik Ikon Pesan

Setelah login ke akun Facebook, cari ikon pesan yang berada di sudut kanan atas halaman. Ikon ini biasanya berupa gambar balon obrolan. Klik ikon tersebut untuk membuka jendela pesan.

3. Klik Tulis Pesan Baru

Setelah jendela pesan terbuka, cari tombol “Tulis Pesan Baru” yang terletak di bagian atas jendela. Klik tombol tersebut untuk membuka kotak pesan baru.

4. Pilih Teman atau Grup yang Ingin Dikirim Pesan

Setelah kotak pesan baru terbuka, cari teman atau grup yang ingin dikirim pesan. Untuk mencari teman, cukup ketikkan nama teman di kolom “Untuk” yang terletak di bagian atas kotak pesan. Facebook juga akan menampilkan rekomendasi teman yang sering diajak berinteraksi. Jika ingin mengirim pesan ke grup, cukup klik ikon grup di samping kolom “Untuk.

5. Ketik Pesan

Setelah memilih teman atau grup, ketik pesan yang ingin dikirim di kolom pesan. Facebook juga menyediakan fitur untuk mengirim pesan suara, stiker, gambar, atau video dengan mengklik tombol yang tersedia di samping kolom pesan.

6. Klik Kirim

Setelah selesai mengetik pesan, klik tombol “Kirim” yang terletak di bawah kolom pesan. Pesan akan terkirim dan muncul di jendela pesan.

Pos Terkait:  Cara Mengganti Halaman Utama pada Google Chrome

7. Mengirim Pesan ke Banyak Orang

Jika ingin mengirim pesan ke banyak orang sekaligus, Facebook juga menyediakan fitur untuk mengirim pesan massal. Caranya adalah dengan membuat grup dan menambahkan anggota yang ingin dikirimi pesan. Setelah itu, ketik pesan di kotak pesan grup dan klik tombol “Kirim”. Pesan akan terkirim ke seluruh anggota grup.

8. Mengirim Pesan Rahasia

Selain mengirim pesan biasa, Facebook juga menyediakan fitur untuk mengirim pesan rahasia atau “secret conversation. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan yang hanya bisa dibuka oleh penerima pesan dan tidak bisa dilihat oleh orang lain, termasuk Facebook sendiri. Caranya adalah dengan mengklik ikon roda gigi di sudut kanan atas jendela pesan dan memilih opsi “Secret Conversation. Setelah itu, pilih teman yang ingin diajak berbicara rahasia dan ketik pesan. Pesan akan terkirim dalam bentuk enkripsi dan hanya bisa dibuka dengan kata sandi yang dibagikan antara pengirim dan penerima pesan.

9. Menghapus Pesan

Jika ingin menghapus pesan yang sudah terkirim, Facebook juga menyediakan fitur untuk menghapus pesan. Caranya adalah dengan mengklik pesan yang ingin dihapus dan memilih opsi “Hapus” atau “Hapus untuk Semua Orang” jika ingin menghapus pesan dari seluruh anggota grup. Pesan yang dihapus tidak bisa dikembalikan lagi.

10. Mengarsipkan Pesan

Jika ingin menyimpan pesan tanpa menghapusnya, Facebook juga menyediakan fitur untuk mengarsipkan pesan. Caranya adalah dengan mengklik pesan yang ingin diarsipkan dan memilih opsi “Arsipkan. Pesan yang diarsipkan akan disimpan di folder arsip dan tidak akan muncul di jendela pesan utama. Untuk melihat pesan yang diarsipkan, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas jendela pesan dan pilih opsi “Arsipkan Pesan.

11. Memblokir Pengguna

Jika ada pengguna yang mengganggu atau melakukan tindakan tidak menyenangkan, Facebook juga menyediakan fitur untuk memblokir pengguna tersebut. Caranya adalah dengan mengklik nama pengguna yang ingin diblokir di jendela pesan dan memilih opsi “Blokir. Pengguna yang diblokir tidak akan bisa mengirim pesan atau melihat aktivitas akun Anda di Facebook.

12. Membuka Pesan yang Sudah Terbaca

Jika ingin membuka pesan yang sudah terbaca, caranya sangat mudah. Cari jendela pesan yang berisi pesan yang ingin dibuka dan klik pesan tersebut. Pesan akan muncul di kotak pesan dan bisa dibaca kembali.

13. Menandai Pesan sebagai Belum Terbaca

Jika ingin menandai pesan sebagai belum terbaca, Facebook juga menyediakan fitur untuk melakukan hal tersebut. Caranya adalah dengan mengklik pesan yang ingin ditandai dan memilih opsi “Tandai sebagai Belum Terbaca”. Pesan yang ditandai akan muncul dengan tanda “belum terbaca” di jendela pesan.

Pos Terkait:  Penampakan Amazfit T-Rex Pro 2 Beredar, Ini Bocoran Fiturnya

14. Membalas Pesan

Jika ingin membalas pesan yang sudah diterima, caranya sangat mudah. Cari jendela pesan yang berisi pesan yang ingin dibalas dan ketik pesan di kolom pesan. Setelah itu, klik tombol “Kirim” untuk mengirim pesan balasan.

15. Menyimpan Pesan ke Dalam Draft

Jika ingin menyimpan pesan ke dalam draft untuk dikirim nanti, Facebook juga menyediakan fitur untuk mengatur draft pesan. Caranya adalah dengan mengetik pesan di kotak pesan dan klik tombol “Simpan sebagai Draft. Pesan akan disimpan di folder draft dan bisa diakses kembali di lain waktu.

16. Mengaktifkan Notifikasi Pesan

Jika ingin menerima notifikasi pesan baru di Facebook, pengguna bisa mengaktifkan fitur notifikasi. Caranya adalah dengan mengklik ikon roda gigi di sudut kanan atas jendela pesan dan memilih opsi “Notifikasi”. Setelah itu, pilih opsi “Aktifkan Notifikasi” untuk menerima notifikasi pesan baru.

17. Mengubah Suara Notifikasi

Jika ingin mengubah suara notifikasi pesan, Facebook juga menyediakan fitur untuk mengganti suara notifikasi. Caranya adalah dengan mengklik ikon roda gigi di sudut kanan atas jendela pesan dan memilih opsi “Notifikasi”. Setelah itu, pilih opsi “Ubah Suara” dan pilih suara notifikasi yang diinginkan.

18. Menonaktifkan Notifikasi Pesan

Jika ingin menonaktifkan notifikasi pesan, Facebook juga menyediakan fitur untuk menonaktifkan notifikasi. Caranya adalah dengan mengklik ikon roda gigi di sudut kanan atas jendela pesan dan memilih opsi “Notifikasi”. Setelah itu, pilih opsi “Nonaktifkan Notifikasi” untuk tidak menerima notifikasi pesan baru.

19. Menyimpan Foto dari Pesan

Jika ingin menyimpan foto atau gambar dari pesan, Facebook juga menyediakan fitur untuk menyimpan foto pesan. Caranya adalah dengan mengklik foto atau gambar yang ingin disimpan dan memilih opsi “Simpan Gambar. Foto atau gambar akan disimpan di galeri atau folder yang ditentukan.

20. Mengirim Pesan ke Orang yang Belum Berteman

Jika ingin mengirim pesan ke orang yang belum berteman di Facebook, Facebook juga menyediakan fitur untuk mengirim pesan tanpa harus berteman terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengklik ikon pesan dan ketikkan nama orang yang ingin dikirimi pesan di kolom “Untuk”. Setelah itu, ketik pesan dan klik tombol “Kirim”. Pesan akan terkirim ke orang tersebut meskipun belum berteman di Facebook.

21. Membatalkan Permintaan Pertemanan

Jika ingin membatalkan permintaan pertemanan yang sudah dikirimkan, Facebook juga menyediakan fitur untuk membatalkan permintaan tersebut. Caranya adalah dengan mengklik ikon teman di halaman profil dan memilih opsi “Permintaan Pertemanan. Setelah itu, cari permintaan pertemanan yang ingin dibatalkan dan klik tombol “Batalkan Permintaan”. Permintaan pertemanan akan dibatalkan dan tidak akan muncul lagi di halaman profil.

Pos Terkait:  Cara Install Python

22. Menghapus Pertemanan

Jika ingin menghapus teman di Facebook, Facebook juga menyediakan fitur untuk menghapus pertemanan. Caranya adalah dengan mengklik ikon teman di halaman profil dan memilih opsi “Daftar Teman”. Setelah itu, cari teman yang ingin dihapus dan klik tombol “Hapus Teman”. Teman akan dihapus dari daftar teman dan tidak bisa melihat aktivitas akun Anda di Facebook.

23. Menonaktifkan Akun Facebook

Jika ingin menonaktifkan akun Facebook sementara waktu, Facebook juga menyediakan fitur untuk menonaktifkan akun. Caranya adalah dengan mengklik ikon panah di sudut kanan atas halaman dan memilih opsi “Pengaturan”. Setelah itu, pilih opsi “Umum” dan klik “Edit” di sebelah kanan opsi “Manajemen Akun. Setelah itu, pilih opsi “Menonaktifkan Akun” dan ikuti langkah-langkah yang disediakan oleh Facebook.

24. Menghapus Akun Facebook

Jika ingin menghapus akun Facebook secara permanen, Facebook juga menyediakan fitur untuk menghapus akun. Namun, sebelum menghapus akun, pastikan sudah membackup data dan informasi yang ingin disimpan. Caranya adalah dengan mengklik ikon panah di sudut kanan atas halaman dan memilih opsi “Pengaturan”. Setelah itu, pilih opsi “Umum” dan klik “Edit” di sebelah kanan opsi “Manajemen Akun”. Setelah itu, pilih opsi “Hapus Akun” dan ikuti langkah-langkah yang disediakan oleh Facebook.

25. Membuat Halaman Facebook

Selain akun pribadi, Facebook juga menyediakan fitur untuk membuat halaman Facebook untuk bisnis, organisasi, atau publik figure. Caranya adalah dengan mengklik ikon panah di sudut kanan atas halaman dan memilih opsi “Buat Halaman”. Setelah itu, pilih kategori halaman yang ingin dibuat dan ikuti langkah-langkah yang disediakan oleh Facebook.

26. Mengelola Halaman Facebook

Setelah membuat halaman Facebook, pengguna juga bisa mengelola halaman tersebut dengan mengakses menu yang tersedia di halaman. Fitur yang disediakan antara lain adalah memposting konten, mengatur pengaturan halaman, membalas pesan pengunjung, dan melihat statistik halaman.

27. Mengikuti Halaman Facebook

Selain membuat halaman Facebook, pengguna juga bisa mengikuti halaman Facebook lain yang menarik minat. Caranya adalah dengan mencari halaman dengan menggunakan fitur pencarian di Facebook dan klik tombol “Ikuti” di halaman tersebut. Konten dari halaman tersebut akan muncul di beranda akun pengguna.

28. Menambahkan Teman di Facebook

Jika ingin menambahkan teman di Facebook, caranya sangat mudah. Cari teman dengan menggunakan fitur pencarian di Facebook dan klik tombol “Tambahkan Teman. Jika permintaan pertemanan diterima, teman akan ditambahkan ke daftar teman di akun pengguna.

29. Mengedit Profil Facebook

Untuk mengedit profil Facebook, pengguna bisa mengakses menu “Profil” di halaman utama akun. Setelah itu, klik tombol “Edit Profil” untuk mengubah informasi profil, foto profil, foto sampul, dan lain sebagainya.

close