Cara Telpon ke Luar Negeri Pakai Telepon Rumah

Posted on

Bagi yang sering bepergian ke luar negeri, pasti sering kali merasa kesulitan dalam berkomunikasi dengan keluarga, kerabat, atau rekan bisnis di tanah air. Terutama jika ingin menggunakan telepon rumah sebagai sarana komunikasi yang lebih murah dibandingkan telepon seluler. Nah, di sini akan dijelaskan cara telpon ke luar negeri pakai telepon rumah dengan mudah dan efektif.

1. Periksa Tarif Telepon

Saat ingin melakukan panggilan ke luar negeri, pastikan untuk mengecek tarif telepon yang berlaku dari negara asal ke negara tujuan. Biasanya, setiap negara memiliki tarif yang berbeda-beda tergantung dari operator yang digunakan. Jadi, pastikan untuk mengecek tarif terlebih dahulu agar tidak terkena biaya yang mahal.

2. Aktifkan Layanan Roaming

Jika ingin menggunakan telepon rumah untuk melakukan panggilan ke luar negeri, pastikan untuk mengaktifkan layanan roaming terlebih dahulu. Layanan ini memungkinkan telepon rumah dapat digunakan di luar negeri dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan biaya roaming telepon seluler. Untuk mengaktifkan layanan ini, hubungi provider telepon rumah yang Anda gunakan.

3. Menyiapkan Nomor Tujuan

Sebelum melakukan panggilan ke luar negeri, pastikan untuk menyiapkan nomor tujuan yang akan dihubungi. Pastikan nomor tersebut benar dan lengkap, termasuk dengan kode negara dan kode area. Jangan lupa juga untuk mengecek perbedaan waktu antara negara asal dan negara tujuan agar tidak mengganggu waktu istirahat orang yang dihubungi.

4. Tekan Kode Panggilan Internasional

Setelah menyiapkan nomor tujuan, saatnya untuk menekan kode panggilan internasional. Kode ini berfungsi untuk menghubungkan telepon rumah ke negara tujuan. Kode ini berbeda-beda tergantung dari negara asal dan negara tujuan. Biasanya kode ini diawali dengan angka 00 atau +. Sebagai contoh, jika ingin menelepon ke Amerika Serikat dari Indonesia, maka kode panggilan internasionalnya adalah 001 atau +1.

Pos Terkait:  Cara Melakukan Loncat Bintang: Teknik Dasar Berlatih

5. Masukkan Nomor Tujuan

Setelah menekan kode panggilan internasional, saatnya untuk memasukkan nomor tujuan yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan nomor tersebut benar dan lengkap. Jangan lupa juga untuk menunggu beberapa saat hingga panggilan terhubung ke negara tujuan.

6. Tunggu Hingga Terhubung

Setelah memasukkan nomor tujuan, tunggu beberapa saat hingga panggilan terhubung ke negara tujuan. Dalam beberapa kasus, terkadang panggilan tidak langsung terhubung ke negara tujuan. Jika hal ini terjadi, jangan langsung memutuskan panggilan dan coba lagi beberapa saat kemudian.

7. Gunakan Kartu Telepon

Jika ingin lebih hemat biaya, Anda juga bisa menggunakan kartu telepon untuk melakukan panggilan ke luar negeri. Kartu telepon ini biasanya dapat dibeli di toko-toko telepon atau minimarket. Pastikan untuk memilih kartu telepon yang sesuai dengan kebutuhan Anda, terutama dalam hal tarif dan operator yang digunakan.

8. Jangan Gunakan Telepon Seluler

Jika ingin lebih hemat biaya, hindari menggunakan telepon seluler untuk melakukan panggilan ke luar negeri. Biaya panggilan ke luar negeri menggunakan telepon seluler lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan telepon rumah atau kartu telepon.

9. Pilih Waktu yang Tepat

Saat ingin melakukan panggilan ke luar negeri, pastikan untuk memilih waktu yang tepat. Hindari melakukan panggilan pada jam-jam sibuk seperti siang hari atau malam hari. Pilihlah waktu yang sepi agar panggilan dapat terhubung dengan lebih mudah dan cepat.

10. Gunakan Aplikasi Chatting

Selain menggunakan telepon rumah atau kartu telepon, Anda juga bisa menggunakan aplikasi chatting untuk berkomunikasi dengan keluarga atau rekan bisnis di luar negeri. Aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line, dan Skype dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara atau video call dengan biaya yang lebih murah.

11. Jangan Terlalu Lama Berbicara

Agar lebih hemat biaya, hindari terlalu lama berbicara saat melakukan panggilan ke luar negeri. Usahakan untuk menjelaskan tujuan atau pesan secara singkat dan jelas agar panggilan tidak terlalu lama. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih dan mengakhiri panggilan dengan sopan.

12. Cek Kualitas Sinyal

Saat ingin melakukan panggilan ke luar negeri, pastikan untuk mengecek kualitas sinyal terlebih dahulu. Pastikan sinyal di sekitar Anda cukup kuat dan stabil agar panggilan dapat terhubung dengan lancar. Jika sinyal kurang baik, cobalah untuk mencari tempat yang lebih baik untuk melakukan panggilan.

13. Gunakan Headset

Jika ingin lebih nyaman saat melakukan panggilan ke luar negeri, Anda bisa menggunakan headset atau earphone. Dengan menggunakan headset, Anda tidak perlu mengangkat telepon secara langsung dan tangan Anda bisa lebih leluasa melakukan hal lain.

Pos Terkait:  Cara Melihat Video di Facebook Kita

14. Hindari Panggilan Darurat

Hindari melakukan panggilan darurat saat ingin menelepon ke luar negeri. Panggilan darurat biasanya hanya dapat digunakan dalam keadaan darurat yang mengancam jiwa atau keselamatan seseorang. Jangan gunakan panggilan darurat hanya untuk sekedar bertanya atau mengobrol dengan teman atau keluarga di luar negeri.

15. Cek Biaya Panggilan

Setelah melakukan panggilan ke luar negeri, pastikan untuk mengecek biaya panggilan yang dikenakan. Biasanya biaya panggilan ke luar negeri akan ditampilkan pada tagihan telepon bulanan. Jangan lupa untuk mengecek apakah biaya yang dikenakan sudah sesuai dengan tarif yang berlaku atau tidak.

16. Gunakan Layanan Callback

Jika ingin lebih hemat biaya, Anda juga bisa menggunakan layanan callback untuk melakukan panggilan ke luar negeri. Layanan ini memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan ke luar negeri dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan tarif telepon biasa. Untuk menggunakan layanan ini, Anda perlu menghubungi provider telepon rumah yang Anda gunakan.

17. Hindari Panggilan ke Nomor Premium

Hindari melakukan panggilan ke nomor premium saat ingin menelepon ke luar negeri. Nomor premium biasanya memiliki tarif yang lebih mahal dibandingkan dengan nomor biasa. Jangan sampai terjebak dalam penipuan yang menggunakan nomor premium untuk menarik biaya yang lebih mahal.

18. Gunakan Layanan VoIP

Jika ingin lebih hemat biaya, Anda juga bisa menggunakan layanan VoIP (Voice over Internet Protocol) untuk melakukan panggilan ke luar negeri. Layanan ini menggunakan jaringan internet sebagai sarana komunikasi, sehingga biaya yang dikenakan lebih murah dibandingkan dengan tarif telepon biasa. Untuk menggunakan layanan ini, Anda perlu mengunduh aplikasi VoIP yang tersedia di internet.

19. Pastikan Informasi yang Diberikan Benar

Sebelum melakukan panggilan ke luar negeri, pastikan untuk memastikan informasi yang diberikan benar dan lengkap. Pastikan nomor tujuan, kode panggilan internasional, dan tarif telepon sudah sesuai dengan yang berlaku. Jangan sampai ada kesalahan atau ketidaksengajaan yang dapat mempengaruhi biaya panggilan.

20. Cek Waktu yang Tepat

Selain memilih waktu yang tepat untuk melakukan panggilan, pastikan juga untuk mengecek waktu yang tepat untuk dihubungi. Jangan mengganggu waktu istirahat atau waktu kerja orang yang dihubungi. Pastikan waktu yang tepat untuk menghubungi orang yang diinginkan agar panggilan dapat terhubung dengan lancar.

21. Jangan Berbicara Terlalu Kencang

Jika ingin melakukan panggilan ke luar negeri menggunakan telepon rumah, pastikan untuk tidak berbicara terlalu kencang. Hindari teriakan atau suara yang terlalu keras agar tidak mengganggu orang di sekitar Anda. Usahakan untuk berbicara dengan suara yang normal dan jelas agar pesan yang ingin disampaikan dapat dimengerti dengan baik.

22. Jangan Berbicara Terlalu Pelan

Sebaliknya, hindari juga berbicara terlalu pelan saat melakukan panggilan ke luar negeri. Jangan sampai pesan yang ingin disampaikan tidak dapat dimengerti dengan baik oleh orang yang dihubungi. Usahakan untuk berbicara dengan suara yang normal dan jelas agar pesan dapat tersampaikan dengan baik.

Pos Terkait:  Cara Top Up Stumble Guys di Codashop, Mudah dan Murah

23. Hindari Panggilan Berulang-ulang

Jangan sampai terlalu sering melakukan panggilan berulang-ulang saat ingin menelepon ke luar negeri. Selain dapat mengganggu orang yang dihubungi, hal ini juga akan mempengaruhi biaya panggilan yang dikenakan. Jika tidak mendapat jawaban atau sinyal sibuk, cobalah untuk mencoba beberapa saat kemudian.

24. Gunakan Telepon yang Berkualitas

Untuk mendapatkan kualitas panggilan yang baik, pastikan untuk menggunakan telepon yang berkualitas. Jangan menggunakan telepon yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Pastikan juga untuk mengecek kabel dan sambungan telepon agar panggilan dapat terhubung dengan lancar.

25. Jangan Terlalu Bergantung pada Telepon

Hindari terlalu bergantung pada telepon saat ingin berkomunikasi dengan keluarga atau rekan bisnis di luar negeri. Cobalah untuk berkomunikasi melalui email, chat, atau video call agar lebih efektif dan hemat biaya. Gunakan telepon hanya jika memang diperlukan dan tidak ada alternatif yang lebih efektif.

26. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Mudah Dipahami

Agar pesan yang ingin disampaikan dapat dimengerti dengan baik, pastikan untuk menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Hindari menggunakan bahasa yang sulit atau terlalu formal agar pesan dapat tersampaikan dengan baik. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih dan mengakhiri panggilan dengan sopan.

27. Hindari Gangguan saat Berbicara

Hindari gangguan saat sedang berbicara dengan orang di luar negeri. Matikan televisi atau radio yang berisik, dan hindari berbicara di tempat yang ramai atau bising. Pastikan lingkungan sekitar Anda tenang agar panggilan dapat terhubung dengan lancar dan pesan dapat tersampaikan dengan baik.

28. Pastikan Ponsel Tidak Dalam Mode Pesawat

Sebelum melakukan panggilan ke luar negeri, pastikan untuk memastikan ponsel tidak dalam mode pesawat. Mode pesawat akan mematikan semua fungsi telepon, termasuk panggilan dan pesan teks. Pastikan untuk mematikan mode pesawat sebelum melakukan panggilan ke luar negeri.

29. Gunakan Bahasa yang Sesuai

Jika ingin berbicara dengan orang yang tidak fasih dalam bahasa Indonesia, pastikan untuk menggunakan bahasa yang sesuai. Cobalah untuk menggunakan bahasa Inggris atau bahasa yang lebih universal agar pesan dapat tersampaikan dengan baik. Jangan terlalu bersemangat dan hindari penggunaan bahasa slang atau kasar.