Caramantap

Cara Menyembunyikan Status Online di FB

×

Cara Menyembunyikan Status Online di FB

Share this article

Facebook adalah salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia. Saat ini, ada lebih dari 2,8 miliar pengguna aktif bulanan yang menggunakan Facebook untuk berinteraksi dengan teman, keluarga, dan bahkan bisnis. Namun, terkadang kita ingin menyembunyikan status online kita agar tidak terlihat oleh orang lain. Apa yang harus dilakukan?

1. Gunakan Fitur “Aktivitas Seluler”

Satu-satunya cara untuk benar-benar menyembunyikan status online Anda di Facebook adalah dengan tidak masuk ke akun Anda sama sekali. Namun, jika Anda masih ingin menggunakan Facebook tetapi tidak ingin terlihat online, Anda dapat menggunakan fitur “Aktivitas Seluler. Fitur ini memungkinkan Anda untuk tetap terhubung dengan teman-teman Anda melalui aplikasi Facebook Messenger tanpa harus terlihat online di aplikasi utama.

2. Matikan Fitur “Aktifkan Status Online”

Jika Anda ingin tetap masuk ke akun Anda tetapi tidak ingin terlihat online, Anda dapat mematikan fitur “Aktifkan Status Online. Caranya cukup mudah. Pertama, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas halaman Facebook Anda. Kemudian, pilih “Setelan” dari menu drop-down. Di sana, pilih “Privasi” di sebelah kiri dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Siapa yang dapat melihat kapan saya online?. Pilih “Hanya Saya” dan matikan fitur “Aktifkan Status Online”.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda menyembunyikan status online Anda di Facebook. Salah satu aplikasi yang populer adalah “Facebook Stealth. Aplikasi ini dapat menyembunyikan status online Anda dari teman-teman Anda tanpa harus mematikan fitur “Aktifkan Status Online”. Namun, pastikan untuk membaca ulasan dan mengunduh aplikasi hanya dari sumber yang terpercaya.

4. Jangan Posting Status

Jika Anda tidak ingin terlihat online di Facebook, jangan posting status. Saat Anda melakukan posting status, Anda akan terlihat online oleh teman-teman Anda. Jadi, jika Anda ingin menyembunyikan status online Anda, hindari untuk melakukan posting status.

Pos Terkait:  Perbedaan Waktu Perancis dan Indonesia

5. Batasi Teman

Jika Anda merasa terlalu banyak teman di Facebook dan tidak ingin semua orang melihat status online Anda, Anda dapat membatasi teman Anda. Caranya cukup mudah. Pertama, klik ikon “Teman” di halaman profil Anda. Kemudian, pilih “Edit Teman” dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Batasi Teman. Di sana, Anda dapat memilih teman-teman yang ingin Anda batasi.

6. Gunakan Mode Privat

Facebook juga memiliki mode privat yang dapat membantu Anda menyembunyikan status online Anda. Ketika mode privat diaktifkan, teman-teman Anda tidak akan dapat melihat status online Anda atau melihat apakah Anda sedang mengetik. Namun, mode ini hanya dapat diaktifkan selama 24 jam dan harus diaktifkan kembali setelah itu.

7. Matikan Notifikasi

Notifikasi di Facebook adalah salah satu fitur yang paling mengganggu. Jika Anda tidak ingin terus-menerus menerima notifikasi dari Facebook, Anda dapat mematikan notifikasi. Caranya cukup mudah. Pertama, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas halaman Facebook Anda. Kemudian, pilih “Setelan” dari menu drop-down. Di sana, pilih “Notifikasi” di sebelah kiri dan matikan notifikasi yang tidak Anda inginkan.

8. Gunakan Mode Tidur

Facebook juga memiliki mode tidur yang dapat membantu Anda menyembunyikan status online Anda. Ketika mode tidur diaktifkan, teman-teman Anda tidak akan dapat melihat status online Anda atau melihat apakah Anda sedang mengetik. Namun, mode ini hanya dapat diaktifkan selama 8 jam dan harus diaktifkan kembali setelah itu.

9. Batasi Status

Jika Anda hanya ingin membatasi status online Anda untuk beberapa teman, Anda dapat membatasi status. Caranya cukup mudah. Pertama, buat posting status baru. Kemudian, klik ikon “Publik” di bawah kotak posting status Anda. Di sana, Anda dapat memilih teman-teman yang ingin Anda batasi.

10. Aktifkan Fitur “Mode Apa yang Sedang Anda Pikirkan?”

Jika Anda ingin tetap terhubung dengan teman-teman Anda tetapi tidak ingin terlihat online, Anda dapat menggunakan fitur “Mode Apa yang Sedang Anda Pikirkan?. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memposting pembaruan status tanpa harus terlihat online oleh teman-teman Anda.

11. Batasi Komentar

Jika Anda sering menerima komentar yang tidak diinginkan di status Anda, Anda dapat membatasi komentar. Caranya cukup mudah. Pertama, buka posting status Anda. Kemudian, klik ikon garis tiga di sudut kanan atas posting status Anda dan pilih “Batasi Komentar. Di sana, Anda dapat memilih siapa saja yang dapat mengomentari posting status Anda.

12. Batasi Pesan

Jika Anda ingin membatasi pesan yang diterima dari teman-teman Anda, Anda dapat membatasi pesan. Caranya cukup mudah. Pertama, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas halaman Facebook Anda. Kemudian, pilih “Setelan” dari menu drop-down. Di sana, pilih “Privasi” di sebelah kiri dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Siapa yang dapat mengirimi pesan saya?”. Pilih “Hanya Teman” dan batasi pesan yang diterima dari teman-teman Anda.

Pos Terkait:  Manajemen Cafe: Tips untuk Sukses Mengelola Cafe Anda

13. Hapus Teman

Jika Anda ingin benar-benar mengendalikan siapa yang dapat melihat status online Anda, Anda dapat menghapus teman-teman yang tidak Anda kenal. Caranya cukup mudah. Pertama, klik ikon “Teman” di halaman profil Anda. Kemudian, pilih “Edit Teman” dan hapus teman-teman yang tidak Anda kenal atau tidak ingin terhubung dengan.

14. Batasi Pengikut

Jika Anda memiliki banyak pengikut di Facebook dan ingin membatasi siapa yang dapat melihat status online Anda, Anda dapat membatasi pengikut. Caranya cukup mudah. Pertama, klik ikon “Pengikut” di halaman profil Anda. Kemudian, pilih “Edit Pengikut” dan batasi siapa saja yang dapat mengikuti Anda.

15. Gunakan VPN

Jika Anda ingin benar-benar menyembunyikan status online Anda di Facebook, Anda dapat menggunakan VPN. VPN akan menyembunyikan alamat IP Anda dan membuat Anda terlihat seperti terhubung dari lokasi yang berbeda. Namun, pastikan untuk menggunakan VPN hanya dari sumber yang terpercaya dan tidak melanggar kebijakan Facebook.

16. Gunakan Browser Pribadi

Jika Anda ingin tetap masuk ke akun Facebook Anda tetapi tidak ingin terlihat online, Anda dapat menggunakan browser pribadi. Dengan menggunakan browser pribadi, Anda dapat masuk ke akun Facebook Anda tanpa terlihat online oleh teman-teman Anda.

17. Gunakan Aplikasi Messenger

Jika Anda hanya ingin menggunakan aplikasi Facebook Messenger untuk berkomunikasi dengan teman-teman Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi Messenger. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk terhubung dengan teman-teman Anda tanpa harus masuk ke akun Facebook Anda.

18. Hapus Riwayat Aktivitas

Jika Anda ingin benar-benar menghapus jejak aktivitas Anda di Facebook, Anda dapat menghapus riwayat aktivitas. Caranya cukup mudah. Pertama, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas halaman Facebook Anda. Kemudian, pilih “Aktivitas Saya” dari menu drop-down. Di sana, Anda dapat menghapus riwayat aktivitas Anda.

19. Matikan Riwayat Aktivitas

Jika Anda tidak ingin Facebook menyimpan riwayat aktivitas Anda, Anda dapat mematikan fitur “Riwayat Aktivitas”. Caranya cukup mudah. Pertama, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas halaman Facebook Anda. Kemudian, pilih “Setelan” dari menu drop-down. Di sana, pilih “Privasi” di sebelah kiri dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Riwayat Aktivitas”. Matikan fitur “Riwayat Aktivitas”.

20. Gunakan Mode Pribadi

Jika Anda ingin benar-benar membatasi siapa yang dapat melihat status online Anda di Facebook, Anda dapat menggunakan mode pribadi. Mode pribadi memungkinkan Anda untuk terhubung dengan teman-teman Anda tanpa harus terlihat online oleh orang lain.

Pos Terkait:  Cara Memutar YouTube Minimize

21. Hapus Posting Status

Jika Anda ingin benar-benar menghapus jejak aktivitas Anda di Facebook, Anda dapat menghapus posting status Anda. Caranya cukup mudah. Pertama, buka posting status Anda. Kemudian, klik ikon garis tiga di sudut kanan atas posting status Anda dan pilih “Hapus”.

22. Gunakan Mode “Tidak Mengganggu”

Jika Anda ingin tetap terhubung dengan teman-teman Anda tetapi tidak ingin terganggu oleh notifikasi dari Facebook, Anda dapat menggunakan mode “Tidak Mengganggu”. Mode ini akan mematikan notifikasi dari Facebook untuk jangka waktu yang Anda tentukan.

23. Batasi Grup

Jika Anda ingin membatasi siapa saja yang dapat melihat status online Anda di Facebook, Anda dapat membatasi grup. Caranya cukup mudah. Pertama, buka grup yang ingin Anda batasi. Kemudian, klik ikon garis tiga di sudut kanan atas grup dan pilih “Edit Grup”. Di sana, Anda dapat memilih siapa saja yang dapat melihat postingan di grup tersebut.

24. Matikan Fitur “Saran Teman”

Jika Anda tidak ingin Facebook terus-menerus memberikan saran teman baru, Anda dapat mematikan fitur “Saran Teman”. Caranya cukup mudah. Pertama, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas halaman Facebook Anda. Kemudian, pilih “Setelan” dari menu drop-down. Di sana, pilih “Privasi” di sebelah kiri dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Saran Teman”. Matikan fitur “Saran Teman”.

25. Batasi Aplikasi

Jika Anda ingin membatasi aplikasi yang terhubung ke akun Facebook Anda, Anda dapat membatasi aplikasi. Caranya cukup mudah. Pertama, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas halaman Facebook Anda. Kemudian, pilih “Setelan” dari menu drop-down. Di sana, pilih “Aplikasi dan Situs Web” di sebelah kiri dan batasi aplikasi yang terhubung ke akun Facebook Anda.

26. Gunakan Mode “Hanya Saya”

Jika Anda ingin benar-benar membatasi siapa yang dapat melihat status online Anda di Facebook, Anda dapat menggunakan mode “Hanya Saya”. Mode ini akan membatasi siapa saja yang dapat melihat aktivitas Anda di Facebook.

27. Matikan Fitur “Seberapa Dekat Saya dengan Orang Lain?”

Jika Anda tidak ingin Facebook terus-menerus meminta informasi tentang lokasi Anda, Anda dapat mematikan fitur “Seberapa Dekat Saya dengan Orang Lain?”. Caranya cukup mudah. Pertama, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas halaman Facebook Anda. Kemudian, pilih “Setelan” dari menu drop-down. Di sana, pilih “Privasi” di sebelah kiri dan gulir ke bawah hingga Anda

close