Caramantap

Cara Menulis Latar Belakang Penelitian Kualitatif

×

Cara Menulis Latar Belakang Penelitian Kualitatif

Share this article

Pengertian Latar Belakang Penelitian Kualitatif

Latar belakang penelitian kualitatif adalah bagian dari penulisan proposal penelitian yang berisi tentang uraian singkat mengenai kondisi yang menjadi latar belakang penelitian, antara lain masalah yang akan diteliti, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan kontribusi yang akan diberikan oleh penelitian tersebut. Dalam penulisan latar belakang penelitian kualitatif, dibutuhkan kemampuan dan keahlian dalam menggali informasi, menganalisis data, serta menyusun argumen yang logis dan sistematis.

Langkah-Langkah Menulis Latar Belakang Penelitian Kualitatif

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam menulis latar belakang penelitian kualitatif:

1. Menganalisis Masalah

Sebelum menulis latar belakang penelitian kualitatif, analisis terlebih dahulu masalah yang akan diteliti. Dalam analisis tersebut, perlu diperhatikan aspek-aspek yang relevan dengan masalah tersebut sehingga dapat memberikan pemahaman yang mendalam mengenai masalah tersebut.

2. Menentukan Tujuan Penelitian

Setelah memahami masalah yang akan diteliti, tentukan tujuan penelitian yang ingin dicapai. Tujuan penelitian harus spesifik, terukur, relevan, dan dapat dijadikan acuan dalam menilai keberhasilan penelitian.

Pos Terkait:  Sebutkan Langkah-Langkah Dalam Membuat Ringkasan

3. Menyusun Kerangka Konsep

Setelah menentukan tujuan penelitian, susun kerangka konsep yang berisi tentang konsep-konsep dasar yang akan digunakan dalam penelitian. Kerangka konsep ini akan menentukan kualitas penelitian dan memperlancar proses penelitian.

4. Menyusun Hipotesis

Hipotesis merupakan pernyataan yang bersifat sementara dan harus diuji kebenarannya melalui penelitian. Hipotesis harus terkait dengan tujuan penelitian dan kerangka konsep yang telah disusun sebelumnya.

5. Menyusun Rencana Penelitian

Setelah menyusun kerangka konsep dan hipotesis, susun rencana penelitian yang terdiri dari metode penelitian, teknik pengumpulan data, populasi dan sampel, serta teknik analisis data.

6. Menunjukkan Kebaruan Penelitian

Penelitian yang dilakukan harus memiliki kebaruan dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. Hal ini dapat ditunjukkan melalui pemilihan masalah yang belum pernah diteliti sebelumnya atau pendekatan baru dalam mengkaji suatu masalah.

7. Menunjukkan Manfaat Penelitian

Penelitian yang dilakukan harus memiliki manfaat yang jelas bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Manfaat tersebut dapat berupa pengembangan metode baru, penemuan baru, atau memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi masyarakat.

Kesimpulan

Menulis latar belakang penelitian kualitatif tidaklah mudah dan membutuhkan kemampuan dalam menggali informasi, menganalisis data, serta menyusun argumen yang logis dan sistematis. Langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam menulis latar belakang penelitian kualitatif adalah menganalisis masalah, menentukan tujuan penelitian, menyusun kerangka konsep, menyusun hipotesis, menyusun rencana penelitian, menunjukkan kebaruan penelitian, dan menunjukkan manfaat penelitian.

Pos Terkait:  Cara untuk Menganalisis Cerita Pendek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close