Caramantap

Cara Menggunakan Split Screen di Android, Mudah untuk Pemula

×

Cara Menggunakan Split Screen di Android, Mudah untuk Pemula

Share this article

Split screen adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Fitur ini sangat berguna untuk multitasking dan memungkinkan pengguna untuk bekerja lebih efisien. Bagi pengguna Android, fitur ini sudah tersedia dan mudah digunakan. Berikut adalah cara menggunakan split screen di Android:

Langkah 1: Buka Aplikasi Pertama

Langkah pertama adalah membuka aplikasi yang ingin Anda gunakan pada layar pertama. Misalnya, Anda ingin membuka aplikasi YouTube. Buka aplikasi tersebut seperti biasa.

Langkah 2: Aktifkan Split Screen

Setelah aplikasi pertama terbuka, Anda dapat mengaktifkan split screen dengan beberapa cara. Cara pertama adalah dengan menekan dan menahan tombol Recent Apps di bawah layar. Setelah itu, Anda akan melihat daftar aplikasi yang pernah Anda buka. Pilih aplikasi kedua yang ingin Anda buka dan tahan ikon aplikasi tersebut. Setelah itu, pilih “Split screen” di menu yang muncul.

Cara kedua adalah dengan membuka aplikasi kedua terlebih dahulu, kemudian menekan tombol Recent Apps dan menahan ikon aplikasi pertama. Setelah itu, pilih “Split screen” di menu yang muncul.

Pos Terkait:  Cara Masukin Alamat di Google Map

Langkah 3: Sesuaikan Ukuran Layar

Setelah kedua aplikasi terbuka dalam satu layar, Anda dapat menyesuaikan ukuran layar masing-masing aplikasi. Caranya adalah dengan menyeret garis pembatas di antara kedua aplikasi ke atas atau ke bawah. Anda juga dapat mengubah posisi aplikasi dengan menyeret ikon aplikasi dari satu sisi ke sisi lainnya.

Langkah 4: Selesai

Setelah Anda menyesuaikan ukuran dan posisi aplikasi, Anda dapat mulai menggunakan kedua aplikasi tersebut secara bersamaan. Anda dapat menonton video YouTube sambil mengirim pesan teks atau mengecek email. Setelah selesai menggunakan fitur split screen, Anda dapat menonaktifkannya dengan menekan tombol Recent Apps dan menahan ikon salah satu aplikasi. Kemudian pilih “Exit split screen” di menu yang muncul.

Keuntungan Menggunakan Split Screen

Fitur split screen memiliki banyak keuntungan untuk pengguna Android. Pertama, fitur ini memungkinkan pengguna untuk multitasking dan bekerja lebih efisien. Anda tidak perlu lagi beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Kedua, fitur ini sangat berguna untuk pengguna yang sering menggunakan beberapa aplikasi sekaligus, seperti penulis yang membutuhkan referensi saat menulis artikel atau pebisnis yang perlu memantau email dan jadwal sekaligus.

Pos Terkait:  Cara Login Facebook FF

Kesimpulan

Fitur split screen di Android sangat berguna dan mudah digunakan. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar dan memungkinkan untuk multitasking dengan lebih efisien. Jangan ragu untuk mencoba fitur ini dan rasakan manfaatnya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close