Caramantap

Cara Live Streaming TVRI, Bikin Belajar dari Rumah Lebih Mudah

×

Cara Live Streaming TVRI, Bikin Belajar dari Rumah Lebih Mudah

Share this article

Belajar dari rumah saat ini menjadi sebuah keharusan bagi pelajar di seluruh Indonesia, terutama saat pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung. Bagi siswa yang tidak memiliki akses ke televisi atau tidak bisa menonton siaran TVRI di rumah, ada alternatif lain yang bisa dipilih, yaitu live streaming. Berikut cara live streaming TVRI yang bisa membuat belajar dari rumah menjadi lebih mudah.

1. Siapkan Aplikasi Live Streaming

Untuk bisa menikmati siaran TVRI melalui live streaming, pertama-tama Anda perlu menyiapkan aplikasi live streaming terlebih dahulu. Ada banyak aplikasi live streaming yang bisa digunakan, seperti Vidio, Mivo, dan UseeTV. Pilihlah salah satu aplikasi yang paling cocok dan mudah digunakan.

2. Buka Aplikasi Live Streaming

Setelah mengunduh aplikasi live streaming pilihan, buka aplikasi tersebut dan cari channel TVRI. Biasanya, channel TVRI dapat ditemukan pada menu atau bagian kategori yang tersedia pada aplikasi.

3. Pilih Program yang Ingin Ditonton

Setelah menemukan channel TVRI, pilih program yang ingin ditonton. TVRI menyediakan berbagai program pendidikan, seperti Belajar dari Rumah, Pendidikan Anak Usia Dini, hingga Program Pendidikan Menengah Kejuruan. Pilih program yang sesuai dengan tingkat pendidikan Anda atau anak Anda.

Pos Terkait:  Perbedaan Has Have Had: Apa Saja?

4. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Untuk menikmati live streaming TVRI dengan lancar, pastikan koneksi internet di rumah Anda stabil dan cukup cepat. Koneksi internet yang tidak stabil dapat membuat tampilan gambar dan suara menjadi terputus-putus dan tidak nyaman untuk ditonton.

5. Gunakan Layar yang Cukup Besar

Belajar dari rumah dengan live streaming TVRI akan lebih nyaman jika menggunakan layar yang cukup besar, seperti layar televisi atau layar komputer. Hal ini akan membuat tampilan gambar dan suara lebih jelas dan nyaman untuk ditonton.

6. Gunakan Speaker yang Berkualitas

Untuk mengoptimalkan pengalaman menonton live streaming TVRI, gunakan speaker yang berkualitas. Speaker yang berkualitas akan membuat suara lebih jelas dan nyaman untuk didengar.

7. Gunakan Earphone atau Headset

Jika tidak ingin mengganggu orang di sekitar, gunakan earphone atau headset saat menonton live streaming TVRI. Earphone atau headset akan membuat suara lebih jelas dan tidak mengganggu orang lain yang sedang beraktivitas di sekitar Anda.

8. Sediakan Camilan

Belajar dari rumah dengan menonton live streaming TVRI bisa membuat Anda merasa lapar. Sediakan camilan atau makanan ringan yang bisa dinikmati saat belajar, seperti buah-buahan atau biskuit.

9. Istirahat Secara Teratur

Belajar dari rumah dengan live streaming TVRI bisa membuat mata dan pikiran lelah. Istirahat secara teratur agar mata dan pikiran kembali segar dan bisa belajar dengan lebih baik.

10. Gunakan Waktu dengan Efektif

Live streaming TVRI bisa membuat belajar dari rumah menjadi lebih mudah dan menyenangkan, namun jangan lupa gunakan waktu dengan efektif. Jangan sampai menonton live streaming TVRI membuat waktu belajar menjadi terbuang sia-sia.

11. Lakukan Kegiatan Fisik

Belajar dari rumah dengan live streaming TVRI tidak boleh membuat Anda hanya duduk di depan layar saja. Lakukan kegiatan fisik seperti olahraga ringan atau stretching untuk menjaga kesehatan tubuh.

12. Gunakan Fitur Rekam

Jika tidak bisa menonton live streaming TVRI pada waktu yang ditentukan, gunakan fitur rekam yang ada pada aplikasi live streaming. Dengan fitur ini, Anda bisa menonton program yang telah direkam kapan saja dan di mana saja.

Pos Terkait:  Cara Melihat Pesan Berbintang di WA

13. Gunakan Fitur Reminder

Jika sering lupa menonton program pendidikan di TVRI, gunakan fitur reminder yang ada pada aplikasi live streaming. Dengan fitur ini, Anda akan mendapatkan notifikasi saat program yang ingin ditonton akan mulai ditayangkan.

14. Berdiskusi dengan Orang Lain

Belajar dari rumah dengan live streaming TVRI bisa menjadi lebih menyenangkan jika berdiskusi dengan orang lain. Diskusi dengan teman atau keluarga tentang materi yang telah dipelajari akan membuat belajar menjadi lebih interaktif.

15. Gunakan Buku Pelajaran sebagai Referensi

Saat menonton program pendidikan di TVRI, gunakan buku pelajaran sebagai referensi. Hal ini akan membantu memahami materi yang telah disampaikan dengan lebih baik.

16. Lakukan Latihan Soal

Setelah menonton program pendidikan di TVRI, jangan lupa untuk melakukan latihan soal. Latihan soal akan membantu menguji pemahaman materi yang telah dipelajari.

17. Catat Catatan Penting

Saat menonton program pendidikan di TVRI, catat catatan penting yang bisa membantu memahami materi dengan lebih baik. Catatan penting ini bisa digunakan sebagai bahan referensi saat melakukan latihan soal.

18. Tanyakan ke Guru atau Orang Lain

Jika ada materi yang sulit dipahami saat menonton program pendidikan di TVRI, jangan ragu untuk bertanya ke guru atau orang lain yang bisa membantu menjelaskan materi tersebut dengan lebih baik.

19. Jangan Lupa Berdoa

Belajar dari rumah dengan live streaming TVRI bisa membuat Anda merasa lelah dan frustasi. Jangan lupa untuk selalu berdoa agar diberikan kemudahan dan kesabaran dalam belajar.

20. Evaluasi Diri Secara Berkala

Jangan lupa untuk melakukan evaluasi diri secara berkala. Evaluasi diri akan membantu mengetahui sejauh mana kemampuan dalam memahami materi yang telah dipelajari.

21. Jangan Terlalu Banyak Menonton TV

Jangan terlalu banyak menonton TV, termasuk live streaming TVRI. Terlalu banyak menonton TV bisa membuat pikiran menjadi lelah dan tidak fokus saat belajar.

22. Gunakan Kursi yang Nyaman

Belajar dari rumah dengan live streaming TVRI bisa membuat Anda duduk di depan layar dalam waktu yang lama. Gunakan kursi yang nyaman agar tidak merasa pegal atau sakit ketika belajar.

Pos Terkait:  10 Rekomendasi Game Buatan Indonesia di Steam, Seru

23. Gunakan Meja yang Cocok

Gunakan meja yang cocok saat belajar dari rumah dengan live streaming TVRI. Meja yang cocok akan membuat postur tubuh menjadi lebih baik dan tidak cepat lelah saat belajar.

24. Gunakan Lampu yang Cukup Terang

Gunakan lampu yang cukup terang saat belajar dari rumah dengan live streaming TVRI. Lampu yang cukup terang akan membuat mata tidak cepat lelah dan tetap fokus saat belajar.

25. Jangan Lupa Makan Siang

Jangan lupa makan siang saat belajar dari rumah dengan live streaming TVRI. Makan siang yang cukup akan membuat energi tetap terjaga dan belajar menjadi lebih produktif.

26. Jangan Terlalu Lama Menonton TV

Jangan terlalu lama menonton TV, termasuk live streaming TVRI. Terlalu lama menonton TV bisa membuat mata dan pikiran menjadi lelah dan tidak fokus saat belajar.

27. Gunakan Waktu Istirahat dengan Efektif

Gunakan waktu istirahat dengan efektif. Istirahat yang cukup saat belajar dari rumah dengan live streaming TVRI akan membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih segar dan siap untuk belajar lagi.

28. Gunakan Waktu Luang untuk Belajar

Gunakan waktu luang untuk belajar. Belajar dari rumah dengan live streaming TVRI bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, sehingga waktu luang bisa dimanfaatkan untuk belajar.

29. Jangan Lupa Beristirahat

Jangan lupa untuk beristirahat secara teratur. Beristirahat akan membantu mengurangi lelah dan stres saat belajar dari rumah dengan live streaming TVRI.

30. Jadikan Belajar Menjadi Kebiasaan

Jadikan belajar menjadi kebiasaan. Belajar dari rumah dengan live streaming TVRI bisa menjadi lebih mudah dan menyenangkan jika dijadikan sebagai kebiasaan sehari-hari.

Kesimpulan

Belajar dari rumah dengan live streaming TVRI bisa membuat belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Dengan mengikuti cara live streaming TVRI yang sudah dijelaskan di atas, diharapkan belajar dari rumah bisa menjadi lebih efektif dan produktif. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh dan berdoa agar diberikan kemudahan dan kesabaran dalam belajar.

close