Caramantap

Perbedaan Officer dan Supervisor

×

Perbedaan Officer dan Supervisor

Share this article

Di dalam sebuah perusahaan, terdapat banyak level jabatan yang harus diisi. Diantaranya adalah officer dan supervisor. Namun, kadang kala orang awam tidak mengetahui perbedaan antara kedua jabatan tersebut. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas perbedaan officer dan supervisor.

Pengertian Officer

Officer merupakan sebutan untuk seseorang yang bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaan tertentu di suatu bagian atau departemen. Para officer ini biasanya dilibatkan dalam melakukan tugas administrasi dan pelaporan, serta menyelesaikan masalah-masalah operasional di lapangan.

Di dalam perusahaan, officer berada di bawah supervisor dan bertanggung jawab langsung kepada supervisor. Tugas utama officer adalah melakukan tugas yang diberikan oleh supervisor, mengumpulkan data dan informasi, serta membuat laporan yang nantinya akan diserahkan kepada supervisor.

Seorang officer biasanya memiliki kualifikasi pendidikan minimal D3 atau S1 dan memiliki kemampuan analisis data yang baik.

Pengertian Supervisor

Supervisor merupakan seorang manajer yang bertanggung jawab dalam mengelola suatu bagian atau departemen. Para supervisor ini biasanya memiliki tanggung jawab dalam mengawasi kinerja para officer yang bekerja di bawahnya.

Di dalam perusahaan, supervisor berada di atas officer dan bertanggung jawab kepada manajer. Tugas utama supervisor adalah memastikan bahwa pekerjaan yang dilakukan oleh officer sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Pos Terkait:  Cara Membuat Feed Instagram Nyambung dengan Canva

Seorang supervisor biasanya memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1 dan memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan, memimpin, serta mengawasi kinerja bawahannya.

Perbedaan Officer dan Supervisor

Setelah mengetahui pengertian dari kedua jabatan tersebut, berikut ini adalah perbedaan antara officer dan supervisor:

  1. Tanggung Jawab
    Officer berTanggung Jawab dalam melakukan tugas yang diberikan oleh supervisor, sedangkan supervisor berTanggung Jawab dalam mengelola bagian atau departemen yang dipimpinnya.
  2. Pendapat
    Officer tidak memiliki hak untuk memberikan pendapat dalam pengambilan keputusan, sedangkan supervisor memiliki hak untuk memberikan pendapat dalam pengambilan keputusan.
  3. Kemampuan
    Officer memiliki kemampuan analisis data yang baik, sedangkan supervisor memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan, memimpin, serta mengawasi kinerja bawahannya.
  4. Pendidikan
    Officer memiliki kualifikasi pendidikan minimal D3 atau S1, sedangkan supervisor memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1.
  5. Tingkat Jabatan
    Officer berada di bawah supervisor, sedangkan supervisor berada di atas officer.

Kesimpulan

Officer dan supervisor merupakan dua jabatan yang berbeda di dalam sebuah perusahaan. Officer bertanggung jawab dalam melakukan tugas yang diberikan oleh supervisor, sedangkan supervisor bertanggung jawab dalam mengelola bagian atau departemen yang dipimpinnya. Perbedaan lainnya terletak pada pendapat, kemampuan, pendidikan dan tingkat jabatan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami perbedaan antara officer dan supervisor.

Pos Terkait:  Cara Buat Tulisan Tebal di Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close