Caramantap

Cara untuk Membersihkan Tangan dari Getah Pohon

×

Cara untuk Membersihkan Tangan dari Getah Pohon

Share this article

Getah pohon merupakan zat lengket yang dikeluarkan oleh pohon ketika kulitnya terluka. Getah pohon bisa menempel pada tangan dan membuatnya lengket. Hal ini bisa sangat menjengkelkan terutama jika Anda sedang dalam perjalanan atau tidak memiliki air dan sabun untuk membersihkannya. Berikut adalah beberapa cara untuk membersihkan tangan dari getah pohon.

Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa membantu membersihkan tangan dari getah pohon karena minyak tersebut dapat melarutkan zat lengket pada tangan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menuangkan sedikit minyak zaitun pada tangan yang terkena getah pohon dan gosok-gosokkan dengan lembut selama beberapa menit. Setelah itu bilas tangan Anda dengan air hangat dan sabun.

Gunakan Baby Oil

Baby oil juga bisa digunakan untuk membersihkan tangan dari getah pohon. Caranya sama dengan menggunakan minyak zaitun, yaitu dengan menuangkan sedikit baby oil pada tangan yang terkena getah pohon dan gosok-gosokkan dengan lembut selama beberapa menit. Setelah itu bilas tangan Anda dengan air hangat dan sabun.

Gunakan Alkohol Medis

Jika Anda tidak memiliki minyak zaitun atau baby oil, maka Anda bisa menggunakan alkohol medis untuk membersihkan tangan dari getah pohon. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menuangkan sedikit alkohol medis pada tangan yang terkena getah pohon dan gosok-gosokkan dengan lembut selama beberapa menit. Setelah itu bilas tangan Anda dengan air hangat dan sabun.

Gunakan Pasta Gigi

Pasta gigi juga bisa membantu membersihkan tangan dari getah pohon. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada tangan yang terkena getah pohon dan gosok-gosokkan dengan lembut selama beberapa menit. Setelah itu bilas tangan Anda dengan air hangat dan sabun.

Pos Terkait:  Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Kartu Telkomsel 2

Gunakan Garam

Garam juga bisa digunakan untuk membersihkan tangan dari getah pohon. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil sedikit garam dan gosok-gosokkan pada tangan yang terkena getah pohon selama beberapa menit. Setelah itu bilas tangan Anda dengan air hangat dan sabun.

Gunakan Cuka

Cuka juga bisa membantu membersihkan tangan dari getah pohon. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menuangkan sedikit cuka pada tangan yang terkena getah pohon dan gosok-gosokkan dengan lembut selama beberapa menit. Setelah itu bilas tangan Anda dengan air hangat dan sabun.

Gunakan Susu

Susu juga bisa digunakan untuk membersihkan tangan dari getah pohon. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menuangkan sedikit susu pada tangan yang terkena getah pohon dan gosok-gosokkan dengan lembut selama beberapa menit. Setelah itu bilas tangan Anda dengan air hangat dan sabun.

Gunakan Lemon

Lemon juga bisa membantu membersihkan tangan dari getah pohon. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil sedikit air lemon dan gosok-gosokkan pada tangan yang terkena getah pohon selama beberapa menit. Setelah itu bilas tangan Anda dengan air hangat dan sabun.

Gunakan Baking Soda

Baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan tangan dari getah pohon. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan sedikit baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Setelah itu oleskan pasta tersebut pada tangan yang terkena getah pohon dan gosok-gosokkan dengan lembut selama beberapa menit. Setelah itu bilas tangan Anda dengan air hangat dan sabun.

Gunakan Tanah Liat

Tanah liat juga bisa membantu membersihkan tangan dari getah pohon. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan sedikit tanah liat dengan air hingga membentuk pasta. Setelah itu oleskan pasta tersebut pada tangan yang terkena getah pohon dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu bilas tangan Anda dengan air hangat dan sabun.

Gunakan Cuci Tangan Khusus

Jika Anda tidak memiliki minyak zaitun, baby oil, alkohol medis, pasta gigi, garam, cuka, susu, lemon, atau baking soda, maka Anda bisa menggunakan cuci tangan khusus yang dapat dibeli di toko-toko. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menuangkan sedikit cuci tangan khusus pada tangan yang terkena getah pohon dan gosok-gosokkan dengan lembut selama beberapa menit. Setelah itu bilas tangan Anda dengan air hangat dan sabun.

Hindari Menggunakan Bahan Kimia Berbahaya

Anda harus menghindari menggunakan bahan kimia berbahaya seperti thinner atau bensin untuk membersihkan tangan dari getah pohon. Bahan kimia tersebut dapat menyebabkan iritasi atau bahkan luka pada kulit Anda.

Pos Terkait:  Perbedaan Warna Nila dan Ungu

Hindari Menggosok Tangan Terlalu Keras

Anda juga harus menghindari menggosok tangan terlalu keras ketika membersihkannya dari getah pohon. Hal ini dapat menyebabkan iritasi atau bahkan luka pada kulit Anda. Sebaiknya gosok tangan dengan lembut dan perlahan.

Bilas Tangan dengan Air Hangat dan Sabun

Setelah Anda selesai membersihkan tangan dari getah pohon menggunakan salah satu cara di atas, Anda harus selalu membilas tangan dengan air hangat dan sabun. Hal ini akan membantu membersihkan sisa-sisa getah pohon yang mungkin masih menempel pada tangan Anda.

Gunakan Air Mengalir

Anda juga bisa menggunakan air mengalir untuk membantu membersihkan tangan dari getah pohon. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyalakan keran air dan membiarkan air mengalir pada tangan yang terkena getah pohon selama beberapa menit sambil menggosok-gosokkan tangan Anda secara perlahan.

Gosok Tangan dengan Es Batu

Es batu juga bisa membantu membersihkan tangan dari getah pohon. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil beberapa es batu dan gosok-gosokkan pada tangan yang terkena getah pohon selama beberapa menit. Setelah itu bilas tangan Anda dengan air hangat dan sabun.

Pakai Sarung Tangan

Jika Anda sering menghadapi masalah dengan getah pohon, maka sebaiknya Anda memakai sarung tangan ketika berada di sekitar pohon. Sarung tangan akan melindungi tangan Anda dari getah pohon dan membuatnya lebih mudah untuk membersihkannya jika terkena getah pohon.

Cuci Tangan dengan Air Sabun Setiap Hari

Untuk menghindari terkena getah pohon, sebaiknya Anda mencuci tangan dengan air sabun setiap hari. Hal ini akan membantu membersihkan tangan dari kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan iritasi atau infeksi pada kulit Anda.

Hindari Menggaruk Tangan yang Terkena Getah Pohon

Anda harus menghindari menggaruk tangan yang terkena getah pohon. Garukan tersebut dapat menyebabkan iritasi atau bahkan luka pada kulit Anda dan membuat getah pohon menempel lebih lama pada tangan Anda.

Potong Kuku Tangan Secara Teratur

Potong kuku tangan secara teratur juga dapat membantu mencegah getah pohon menempel pada kuku Anda. Hal ini karena getah pohon lebih mudah menempel pada kuku yang panjang dan tidak terawat.

Gunakan Lotion untuk Mencegah Iritasi Kulit

Jika kulit Anda mengalami iritasi setelah terkena getah pohon, maka Anda bisa menggunakan lotion untuk membantu mengurangi rasa gatal atau perih pada kulit Anda. Pilihlah lotion yang mengandung aloe vera atau oatmeal untuk hasil yang lebih baik.

Konsultasikan dengan Dokter Jika Kulit Anda Terus-Menerus Iritasi

Jika kulit Anda terus-menerus mengalami iritasi setelah terkena getah pohon, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter kulit dapat membantu menentukan penyebab iritasi dan memberikan pengobatan yang tepat untuk kulit Anda.

Pos Terkait:  Pinjaman Koperasi untuk Ibu Rumah Tangga: Solusi Keuangan yang Mudah dan Terjangkau

Cuci Pakaian yang Terkena Getah Pohon

Jika pakaian Anda terkena getah pohon, segera cuci pakaian tersebut dengan air dan sabun. Hal ini akan membantu membersihkan sisa-sisa getah pohon pada pakaian Anda dan mencegah getah pohon menempel pada kulit Anda saat Anda memakai pakaian tersebut.

Bersihkan Alat yang Digunakan untuk Membersihkan Tangan

Jika Anda menggunakan alat seperti handuk atau lap untuk membersihkan tangan dari getah pohon, sebaiknya bersihkan alat tersebut dengan air dan sabun setelah digunakan. Hal ini akan mencegah penyebaran getah pohon ke tangan Anda saat Anda memakai alat tersebut kembali.

Hindari Menggunakan Air Panas

Anda harus menghindari menggunakan air panas untuk membersihkan tangan dari getah pohon. Air panas dapat membuat kulit Anda lebih rentan terhadap iritasi atau bahkan luka.

Hindari Menggunakan Sikat Gigi

Anda juga harus menghindari menggunakan sikat gigi untuk membersihkan tangan dari getah pohon. Sikat gigi dapat menyebabkan iritasi atau bahkan luka pada kulit Anda.

Hindari Menggunakan Bahan Kasar

Anda harus menghindari menggunakan bahan kasar seperti kain kasar atau spons untuk membersihkan tangan dari getah pohon. Bahan kasar tersebut dapat menyebabkan iritasi atau bahkan luka pada kulit Anda.

Cuci Tangan secara Teratur

Untuk mencegah terkena getah pohon, sebaiknya Anda mencuci tangan secara teratur. Hal ini akan membantu membersihkan tangan dari kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan iritasi atau infeksi pada kulit Anda.

Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan yang Terkena Getah Pohon

Anda harus menghindari menyentuh wajah dengan tangan yang terkena getah pohon. Hal ini dapat menyebabkan iritasi atau bahkan infeksi pada kulit wajah Anda.

Hindari Menyentuh Mata dengan Tangan yang Terkena Getah Pohon

Anda juga harus menghindari menyentuh mata dengan tangan yang terkena getah pohon. Hal ini dapat menyebabkan iritasi atau bahkan infeksi pada mata Anda.

Hindari Menyentuh Makanan dengan Tangan yang Terkena Getah Pohon

Anda harus menghindari menyentuh makanan dengan tangan yang terkena getah pohon. Hal ini dapat menyebabkan penyebaran bakteri atau kuman pada makanan Anda.

Cuci Buah atau Sayuran Sebelum Dimakan

Sebelum memakan buah atau sayuran, sebaiknya Anda mencuci buah atau sayuran tersebut terlebih dahulu dengan air bersih. Hal ini akan membantu membersihkan buah atau sayuran dari kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan iritasi atau infeksi pada kulit Anda.

Hindari Menggaruk Kulit yang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close