Cara Membuat Fungsi Perkalian dengan Excel

Posted on

Excel adalah program spreadsheet yang digunakan untuk mengelola dan mengelompokkan data pada suatu tabel. Salah satu fitur yang sangat berguna pada Excel adalah fungsi perkalian. Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk menghitung hasil perkalian dari dua atau lebih angka dalam sel yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat fungsi perkalian dengan Excel dengan mudah.

Langkah 1: Buka Excel

Pertama-tama, pastikan Anda membuka program Excel di komputer Anda. Setelah itu, buatlah sebuah tabel dengan dua atau lebih kolom dan beberapa baris yang akan digunakan untuk melakukan perkalian.

Langkah 2: Tentukan Sel yang Akan Dikalikan

Setelah tabel Anda siap, tentukan sel yang akan dikalikan. Misalnya, jika Anda ingin mengalikan angka 2 dengan angka 3, maka ketiklah angka 2 di salah satu sel dan angka 3 di sel lainnya.

Pos Terkait:  Spy X Family: Siapa Damian Desmond dan Hubungannya

Langkah 3: Buat Fungsi Perkalian

Untuk membuat fungsi perkalian, klik pada sel yang akan menampilkan hasil perkalian. Kemudian, ketiklah tanda sama dengan (=) pada sel tersebut. Setelah itu, ketikkan nomor dari sel pertama yang akan dikalikan, diikuti dengan tanda bintang (*) dan nomor dari sel kedua yang akan dikalikan. Akhiri rumus dengan menekan tombol enter atau klik tanda centang yang ada di sebelah kiri atas layar.

Langkah 4: Hasil Perkalian Muncul

Setelah Anda menekan enter atau klik tanda centang, maka hasil perkalian akan muncul pada sel yang Anda tentukan sebelumnya. Misalnya, jika Anda mengalikan angka 2 dengan angka 3, maka hasilnya akan muncul pada sel yang Anda pilih sebagai hasil perkalian, yaitu 6.

Langkah 5: Gunakan Fungsi Perkalian pada Sel Lain

Anda dapat menggunakan fungsi perkalian pada sel lain dengan cara yang sama seperti langkah 3. Pilih sel yang akan menampilkan hasil perkalian, ketikkan tanda sama dengan, dan ketikkan nomor dari sel pertama dan kedua yang akan dikalikan.

Langkah 6: Gunakan Fungsi Perkalian pada Beberapa Sel Sekaligus

Anda juga dapat menggunakan fungsi perkalian pada beberapa sel sekaligus. Caranya adalah dengan mengetikkan sel pertama dan sel terakhir yang akan dikalikan, diikuti dengan tanda bintang dan nomor dari sel pertama dan kedua yang akan dikalikan. Misalnya, jika Anda ingin mengalikan sel A1 hingga A4 dengan sel B1 hingga B4, maka ketikkan A1:A4*B1:B4 pada sel yang akan menampilkan hasil perkalian.

Pos Terkait:  Lirik Lagu Mengapa Ku Memujanya – Sebuah Lirik yang Menyentuh Hati

Langkah 7: Gunakan Fungsi Perkalian pada Sel yang Berisi Angka Negatif

Anda juga dapat menggunakan fungsi perkalian pada sel yang berisi angka negatif. Caranya adalah dengan menambahkan tanda kurung pada angka negatif tersebut sebelum tanda sama dengan. Misalnya, jika Anda ingin mengalikan angka -2 dengan angka 3, maka ketikkan (=(-2)*3) pada sel yang akan menampilkan hasil perkalian.

Langkah 8: Gunakan Fungsi Perkalian pada Sel yang Berisi Persen

Jika sel yang akan dikalikan berisi persen, maka Anda harus mengubahnya menjadi desimal terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menghapus tanda persen pada sel tersebut atau dengan membagi angka persen tersebut dengan 100. Misalnya, jika sel A1 berisi 50%, maka ketikkan (=A1/100)*2 pada sel yang akan menampilkan hasil perkalian.

Langkah 9: Gunakan Fungsi Perkalian pada Sel yang Berisi Formula

Anda dapat menggunakan fungsi perkalian pada sel yang berisi formula. Caranya adalah dengan menambahkan tanda kurung pada formula tersebut sebelum tanda sama dengan. Misalnya, jika sel A1 berisi formula =SUM(B1:B3), maka ketikkan (=A1)*2 pada sel yang akan menampilkan hasil perkalian.

Langkah 10: Gunakan Fungsi Perkalian pada Sel yang Berisi Teks

Anda tidak dapat menggunakan fungsi perkalian pada sel yang berisi teks. Jika Anda mencoba melakukannya, maka akan muncul pesan kesalahan #VALUE!. Pastikan sel yang akan dikalikan hanya berisi angka dan bukan teks.

Pos Terkait:  Contoh Surat Lamaran Kerja Dokter

Kesimpulan

Itulah cara membuat fungsi perkalian dengan Excel dengan mudah. Dengan menggunakan fungsi ini, Anda dapat menghitung hasil perkalian dari dua atau lebih angka dalam sel yang berbeda dengan cepat dan akurat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memaksimalkan penggunaan Excel dalam mengelola data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *