CaramantapHubungan PribadiKeluargaKomputer dan Elektronik

Cara Membuat Genogram Gambar

×

Cara Membuat Genogram Gambar

Share this article

Genogram adalah sebuah diagram yang digunakan untuk menunjukkan riwayat keluarga dan hubungan antar anggota keluarga. Diagram ini biasanya digunakan oleh psikolog dan ahli terapi keluarga untuk membantu memahami dinamika keluarga dan masalah yang mungkin timbul dalam keluarga. Membuat genogram bisa menjadi tugas yang menantang, namun dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, Anda dapat membuat genogram gambar dengan mudah.

Langkah 1: Gathering Informasi Keluarga

Langkah pertama dalam membuat genogram adalah mengumpulkan informasi tentang keluarga Anda. Informasi ini mencakup nama, tanggal lahir, tempat lahir, hubungan, pernikahan, perceraian, kematian, dan sebagainya. Anda dapat memulai dengan mewawancarai keluarga yang masih hidup, mencari informasi di dokumen resmi seperti akta kelahiran, nikah, atau kematian, atau mencari informasi di situs web genealogi.

Langkah 2: Menentukan Simbol Genogram

Setelah Anda mengumpulkan informasi keluarga, langkah selanjutnya adalah menentukan simbol genogram. Simbol ini digunakan untuk mewakili anggota keluarga, status pernikahan, jumlah anak, dan sebagainya. Anda dapat menemukan simbol genogram di situs web genealogi atau membuat simbol Anda sendiri.

Pos Terkait:  Cara Buat KTP Palsu: Apakah Ada yang Dapat Dilakukan?

Langkah 3: Membuat Kerangka Genogram

Setelah menentukan simbol genogram, langkah selanjutnya adalah membuat kerangka genogram. Anda dapat menggunakan kertas besar atau software komputer untuk membuat kerangka genogram. Jika Anda menggunakan kertas besar, gunakan pensil untuk menggambar kerangka genogram. Jika Anda menggunakan software komputer, buka program dan buat dokumen kosong.

Langkah 4: Menambahkan Simbol Genogram

Setelah Anda membuat kerangka genogram, langkah selanjutnya adalah menambahkan simbol genogram. Mulailah dengan menambahkan simbol untuk anggota keluarga, kemudian tambahkan simbol untuk status pernikahan, jumlah anak, dan sebagainya. Pastikan untuk memberi tahu semua orang tentang simbol genogram yang Anda gunakan sehingga mereka dapat memahami genogram yang Anda buat.

Langkah 5: Menambahkan Informasi Keluarga

Setelah menambahkan simbol genogram, langkah selanjutnya adalah menambahkan informasi keluarga. Informasi ini mencakup nama, tanggal lahir, tempat lahir, hubungan, pernikahan, perceraian, kematian, dan sebagainya. Pastikan untuk mengikuti urutan waktu dan memberikan informasi yang akurat.

Langkah 6: Menambahkan Keterangan

Setelah menambahkan informasi keluarga, langkah selanjutnya adalah menambahkan keterangan. Keterangan ini digunakan untuk menjelaskan masalah atau informasi penting yang perlu dicatat dalam genogram. Keterangan ini dapat ditulis di bawah simbol genogram atau di samping simbol genogram.

Pos Terkait:  Cara Melihat DM Instagram yang Dihapus

Langkah 7: Menambahkan Warna

Setelah selesai menambahkan informasi keluarga dan keterangan, langkah terakhir adalah menambahkan warna. Warna digunakan untuk menunjukkan pola atau tema tertentu dalam genogram. Anda dapat menggunakan warna untuk menunjukkan garis keturunan, jenis kelamin, atau masalah tertentu dalam keluarga.

Kesimpulan

Membuat genogram gambar bisa menjadi tugas yang menantang, namun dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, Anda dapat membuat genogram dengan mudah. Langkah-langkah ini termasuk mengumpulkan informasi keluarga, menentukan simbol genogram, membuat kerangka genogram, menambahkan simbol genogram, menambahkan informasi keluarga, menambahkan keterangan, dan menambahkan warna. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuat genogram gambar yang informatif dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close