Caramantap

Kisah Canda Sahabat ‘Auf bin Malik R.A Kepada Nabi Muhammad SAW

×

Kisah Canda Sahabat ‘Auf bin Malik R.A Kepada Nabi Muhammad SAW

Share this article

 

  Canda Sahabat ‘Auf bin Malik R.A Kepada Nabi Muhammad SAW

Dari ‘Auf bin Malik al-‘Asyja’I ia menuturkan: “pada perang tabuk, aku menemui Rasulullah saw yang saat itu berada dalam sebuah tenda dari kulit. Aku mengucapkan salam dan beliau membalasnya. Beliau berkata: “masuklah”. Aku bertanya: “apakah seluruh badanku yang masuk, wahai Rasulullah?” “ya, seluruh badanmu” jawab beliau.
Canda Sahabat ‘Auf bin Malik R.A Kepada Nabi Muhammad SAW
 
Kisah ini juga disebutkan di dalam musnad asy-syamiyyin dan selainnya, dengan redaksi: “Aku menemui Rasulullah saw yang saat itu sedang berada di dalam sebuah ruangan. Aku mengucapkan salam kepadanya, lalu beliau berkata: “hai ‘Auf”. “ya” balasku. “masuklah”! perintah beliau kepadaku. Aku berseloroh: “seluruh tubuhku atau bagiannya saja yang masuk?” beliau menjawab: “seluruhnya”.
 
Di dalam riwayat ath-Thabrani kisah itu di tuturkan dengan redaksi berikut: “aku menemui Nabi saw yang saat itu berada di dalam kemahnya yang terbuat dari kulit. Aku mengucapkan salam kepada beliau lalu meminta izin: “apakah aku boleh masuk?” Nabi menjawab: “masuklah”. Lalu aku memasukkan kepalaku, dan kulihat Rasulullah saw sedang berwudhu dengan dengan perlahan. Aku bertanya kembali: “wahai Rasulullah, apakah seluruh badanku yang masuk?”.
 

Imam Muhammad Syamsul Haq rahimahu-Allah, yaitu penulis kitab ‘Aunul Ma’bud, menjelaskan: “hadist ini menggambarkan bahwa sebagaimana Nabi saw bercanda kepada para sahabat, begitu pula mereka bercanda kepada beliau”.

Baca Juga: canda nabi muhammad saw dalam bentuk tarkhim (panggilan singkat)

 

Pos Terkait:  Platform Menulis yang Dibayar - Menjadi Penulis Profesional dan Dapat Bayaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close