Caramantap

Jelaskan Konsep Konfigurasi Dial Plan Server Softswitch

×

Jelaskan Konsep Konfigurasi Dial Plan Server Softswitch

Share this article

Jika Anda berkecimpung di dunia telekomunikasi, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah softswitch. Softswitch adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan telepon tradisional dengan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol). Dalam konfigurasi softswitch, terdapat konsep dial plan yang sangat penting untuk dipahami. Pada artikel ini, akan dijelaskan tentang konsep konfigurasi dial plan server softswitch secara lengkap.

Apa itu Dial Plan?

Dial plan adalah suatu konfigurasi yang digunakan untuk mengatur bagaimana panggilan telepon diteruskan atau dialihkan ke nomor tujuan yang diinginkan. Konfigurasi ini sangat penting dalam sistem telepon karena ini yang menentukan bagaimana panggilan telepon akan diarahkan ke nomor tujuan yang benar.

Bagaimana Dial Plan Bekerja dalam Server Softswitch?

Softswitch memiliki dial plan yang digunakan untuk mengatur rute panggilan telepon. Setiap softswitch memiliki dial plan yang berbeda-beda tergantung pada kebutuhan pengguna. Ketika panggilan masuk ke server softswitch, panggilan tersebut akan ditelusuri oleh dial plan untuk mengetahui rute yang harus dilewati.

Dial plan dalam server softswitch terdiri dari beberapa elemen penting seperti prefix, digit manipulation, dan routing. Prefix digunakan untuk menentukan jenis panggilan seperti local, long distance, atau international. Digit manipulation digunakan untuk memanipulasi nomor tujuan agar sesuai dengan format yang diinginkan. Routing digunakan untuk menentukan rute panggilan telepon ke nomor tujuan.

Pos Terkait:  Cara Menghilangkan Lendir di Hidung dan Tenggorokan

Contoh Konfigurasi Dial Plan

Sebagai contoh, jika pengguna ingin menghubungi nomor telepon di luar negeri menggunakan softswitch, maka dial plan akan menentukan rute yang benar agar panggilan tersebut dapat diteruskan ke nomor tujuan dengan benar. Contoh konfigurasi dial plan untuk panggilan internasional adalah sebagai berikut:

Prefix: 00

Digit manipulation: Menghapus digit 0 di depan nomor tujuan

Routing: Menentukan jalur untuk panggilan internasional

Dengan konfigurasi dial plan di atas, ketika pengguna memasukkan nomor telepon internasional dengan awalan “00”, softswitch akan menghapus digit 0 di depan nomor tujuan dan meneruskan panggilan tersebut melalui jalur internasional yang sudah ditentukan.

Kesimpulan

Dial plan adalah konfigurasi yang sangat penting dalam sistem telepon karena ini yang menentukan bagaimana panggilan telepon akan diarahkan ke nomor tujuan yang benar. Dalam server softswitch, dial plan digunakan untuk mengatur rute panggilan telepon. Setiap softswitch memiliki dial plan yang berbeda-beda tergantung pada kebutuhan pengguna. Konfigurasi dial plan terdiri dari beberapa elemen penting seperti prefix, digit manipulation, dan routing.

Jadi, itulah penjelasan tentang konsep konfigurasi dial plan server softswitch. Dengan memahami konfigurasi dial plan, pengguna dapat mengatur panggilan telepon dengan lebih efisien dan menghindari kesalahan dalam pengiriman panggilan.

Pos Terkait:  Cara Agar Video YouTube Muncul di Pencarian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close