Cara Merubah Video Landscape Menjadi Portrait

Posted on

Mungkin kamu pernah mengambil video dengan mode landscape atau horizontal, namun saat kamu ingin membagikannya di media sosial, kamu ingin mengubahnya menjadi mode portrait atau vertikal. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi edit video yang rumit. Berikut ini panduan cara merubah video landscape menjadi portrait.

1. Gunakan Aplikasi Editing Video

Salah satu cara termudah untuk mengubah video landscape menjadi portrait adalah dengan menggunakan aplikasi editing video. Ada banyak aplikasi di Google Play atau App Store yang bisa kamu gunakan, seperti Adobe Premiere Rush, FilmoraGo, atau InShot. Kamu bisa mengedit video kamu sesuai keinginan dan mengubah mode-nya menjadi portrait.

2. Menggunakan Aplikasi Pengubah Video

Selain menggunakan aplikasi editing video, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pengubah video. Ada banyak aplikasi di Google Play atau App Store yang bisa kamu gunakan, seperti Video Rotate & Flip atau Rotate Video FX. Kamu hanya perlu mengunggah video kamu, memilih mode portrait, dan menyimpannya.

Pos Terkait:  Perbedaan Si Merah dan Si Putih

3. Menggunakan Konverter Online

Kamu juga bisa mengubah video landscape menjadi portrait dengan menggunakan konverter online. Ada banyak situs web yang menyediakan layanan konverter online gratis, seperti Online Convert atau Convertio. Kamu hanya perlu mengunggah video kamu, memilih mode portrait, dan mengunduh hasil konversi.

4. Menggunakan Aplikasi Bawaan HP

Jika kamu tidak ingin mengunduh aplikasi atau menggunakan konverter online, kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan HP kamu. Hampir semua HP Android atau iPhone memiliki aplikasi bawaan untuk mengedit video atau memutar video. Kamu bisa membuka aplikasi tersebut dan mengubah mode video kamu menjadi portrait.

5. Menggunakan Fitur Edit di Instagram

Jika kamu ingin langsung membagikan video kamu di Instagram, kamu bisa menggunakan fitur edit di Instagram. Kamu bisa mengunggah video kamu, memilih mode portrait, dan membagikannya ke akun kamu. Namun, perlu diingat bahwa video yang diunggah di Instagram harus memiliki durasi maksimal 1 menit.

6. Menggunakan Fitur Edit di TikTok

Jika kamu ingin langsung membagikan video kamu di TikTok, kamu bisa menggunakan fitur edit di TikTok. Kamu bisa mengunggah video kamu, memilih mode portrait, dan membagikannya ke akun kamu. Namun, perlu diingat bahwa video yang diunggah di TikTok harus memiliki durasi maksimal 60 detik.

Pos Terkait:  Resensi Novel Sunda Pusaka Ratu Teluh: Karya Sastra yang Memikat Hati Pembaca

7. Menggunakan Fitur Edit di Snapseed

Jika kamu ingin mengedit video kamu dengan lebih detail, kamu bisa menggunakan fitur edit di Snapseed. Snapseed adalah aplikasi editing foto dan video yang gratis dan mudah digunakan. Kamu bisa mengubah mode video kamu menjadi portrait dan melakukan berbagai pengeditan seperti brightness, contrast, atau saturation.

8. Tips Mengambil Video dengan Mode Portrait

Untuk menghindari kesulitan dalam mengubah video landscape menjadi portrait, sebaiknya kamu mengambil video dengan mode portrait dari awal. Kamu bisa memutar HP kamu ke arah vertikal sebelum memulai pengambilan video. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengubah mode-nya lagi saat ingin membagikannya di media sosial.

9. Kesimpulan

Mengubah video landscape menjadi portrait tidaklah sulit. Kamu bisa menggunakan aplikasi editing video, aplikasi pengubah video, konverter online, atau aplikasi bawaan HP kamu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur edit di Instagram, TikTok, atau Snapseed. Namun, sebaiknya kamu mengambil video dengan mode portrait dari awal untuk menghindari kesulitan dalam mengubah mode-nya.

Pos Terkait:  Scrolling Text I Love You: Express Your Love with a Unique Twist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *