Cara Mengembalikan Aplikasi yang Dipaksa Berhenti

Posted on

Terkadang kita mengalami masalah saat menggunakan aplikasi di perangkat Android kita. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah aplikasi yang tiba-tiba berhenti dengan sendirinya. Hal ini tentu sangat mengganggu, terutama jika kita sedang menggunakan aplikasi tersebut untuk pekerjaan atau tugas penting.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan aplikasi yang dipaksa berhenti. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba.

1. Restart Perangkat Android Anda

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan merestart perangkat Android Anda. Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol power pada perangkat Anda, lalu pilih opsi “Restart. Setelah perangkat Anda menyala kembali, coba jalankan kembali aplikasi yang tadinya berhenti dengan sendirinya.

2. Bersihkan Cache Aplikasi

Selain merestart perangkat Android, cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan membersihkan cache aplikasi. Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat waktu loading. Namun, terkadang cache bisa menjadi korup dan menyebabkan aplikasi berhenti dengan sendirinya.

Pos Terkait:  Cara Mengubah Inci Menjadi Centimeter

Untuk membersihkan cache aplikasi, buka menu “Settings” pada perangkat Anda, lalu pilih opsi “Apps & notifications”. Cari aplikasi yang bermasalah, lalu pilih opsi “Storage & cache”. Di sini Anda akan menemukan opsi untuk membersihkan cache aplikasi. Setelah membersihkan cache, coba jalankan kembali aplikasi yang bermasalah.

3. Hapus Data Aplikasi

Jika membersihkan cache tidak berhasil, Anda juga bisa mencoba untuk menghapus data aplikasi. Namun, perlu diingat bahwa dengan menghapus data aplikasi, semua pengaturan dan data yang tersimpan pada aplikasi tersebut akan terhapus.

Untuk menghapus data aplikasi, buka menu “Settings” pada perangkat Anda, lalu pilih opsi “Apps & notifications”. Cari aplikasi yang bermasalah, lalu pilih opsi “Storage & cache”. Di sini Anda akan menemukan opsi untuk menghapus data aplikasi. Setelah menghapus data, coba jalankan kembali aplikasi yang bermasalah.

4. Perbarui Aplikasi

Jika aplikasi yang bermasalah adalah aplikasi yang sudah terpasang di perangkat Anda, cobalah untuk memperbarui aplikasi tersebut ke versi terbaru. Terkadang masalah pada aplikasi bisa diatasi dengan memperbarui ke versi yang lebih baru.

Untuk memperbarui aplikasi, buka Google Play Store pada perangkat Anda, lalu cari aplikasi yang ingin Anda perbarui. Jika ada opsi untuk memperbarui, pilih opsi tersebut dan tunggu hingga proses selesai. Setelah aplikasi selesai diperbarui, coba jalankan kembali aplikasi yang bermasalah.

Pos Terkait:  Perbedaan Sinopsis dan Resensi

5. Hapus dan Instal Ulang Aplikasi

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda bisa mencoba untuk menghapus dan menginstal ulang aplikasi yang bermasalah. Namun, perlu diingat bahwa dengan menghapus aplikasi, semua data dan pengaturan yang tersimpan pada aplikasi tersebut akan hilang.

Untuk menghapus aplikasi, buka menu “Settings” pada perangkat Anda, lalu pilih opsi “Apps & notifications”. Cari aplikasi yang bermasalah, lalu pilih opsi “Uninstall”. Setelah menghapus aplikasi, buka Google Play Store pada perangkat Anda, lalu cari aplikasi yang ingin Anda instal ulang. Pilih opsi “Install” dan tunggu hingga proses selesai. Setelah aplikasi selesai diinstal, coba jalankan kembali aplikasi tersebut.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan aplikasi yang dipaksa berhenti pada perangkat Android. Sebelum mencoba cara-cara di atas, pastikan Anda sudah memeriksa koneksi internet dan memastikan perangkat Anda memiliki memori yang cukup untuk menjalankan aplikasi tersebut. Jika masalah masih terjadi setelah mencoba semua cara di atas, sebaiknya Anda konsultasikan dengan teknisi atau layanan pelanggan dari pembuat aplikasi tersebut.

Pos Terkait:  Cara Mengubah Ukuran icon Aplikasi Menjadi Besar, Kecil dan Standar hp Xiaomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *