Cara Menelepon dengan Telepon Rumah

Posted on

Telepon rumah atau yang lebih dikenal dengan sebutan telepon tetap memang sudah tidak sepopuler dulu. Namun, masih banyak orang yang menggunakan telepon rumah sebagai alat komunikasi di rumah. Bagi Anda yang masih menggunakan telepon rumah, berikut adalah cara menelepon dengan telepon rumah.

1. Mengangkat gagang telepon

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengangkat gagang telepon. Gagang telepon biasanya terletak di bagian bawah telepon rumah. Ketika ada panggilan masuk, Anda akan mendengar bunyi dering dan lampu pada telepon akan berkedip. Untuk menerima panggilan, angkat gagang telepon.

2. Menekan nomor telepon

Jika Anda ingin menelepon seseorang, tekan nomor telepon yang ingin dihubungi pada keypad telepon. Pastikan nomor yang Anda tekan benar agar panggilan dapat terhubung.

3. Menunggu panggilan dihubungkan

Setelah menekan nomor telepon, tunggu beberapa saat sampai panggilan terhubung. Anda akan mendengar suara dering dan lampu pada telepon akan berkedip lebih cepat. Jika panggilan tidak terhubung, coba lagi dengan nomor yang benar.

4. Berbicara dengan lawan bicara

Setelah panggilan terhubung, Anda dapat berbicara dengan lawan bicara. Letakkan telinga pada bagian atas telepon dan mulai berbicara. Pastikan suara Anda terdengar jelas dan tidak terlalu keras.

5. Mengakhiri panggilan

Jika sudah selesai berbicara, letakkan kembali gagang telepon ke tempatnya. Panggilan akan terputus secara otomatis.

Pos Terkait:  Persamaan dan Perbedaan Bimbingan dan Konseling

6. Menolak panggilan

Jika Anda tidak ingin menerima panggilan, biarkan telepon berdering sampai berhenti sendiri. Anda juga dapat menekan tombol “tombol merah” pada telepon untuk menolak panggilan.

7. Menggunakan fitur panggilan tunggu

Jika sedang menerima panggilan dan ada panggilan masuk lain, Anda dapat menggunakan fitur panggilan tunggu. Tekan tombol “tombol hijau” pada telepon untuk menjawab panggilan masuk lain. Untuk kembali ke panggilan sebelumnya, tekan tombol “tombol hijau” lagi.

8. Menggunakan fitur konferensi

Jika ingin berbicara dengan lebih dari satu orang dalam satu panggilan, Anda dapat menggunakan fitur konferensi. Setelah terhubung dengan lawan bicara pertama, tekan tombol “tombol hijau” untuk menghubungkan panggilan dengan orang lain. Jumlah orang yang dapat dihubungkan tergantung pada jenis telepon yang digunakan.

9. Menggunakan fitur redial

Jika ingin menelepon nomor yang sama seperti panggilan sebelumnya, Anda dapat menggunakan fitur redial. Tekan tombol “tombol merah” pada telepon untuk mengulang nomor terakhir yang ditekan.

10. Menggunakan fitur speakerphone

Jika ingin berbicara tanpa harus memegang telepon, Anda dapat menggunakan fitur speakerphone. Tekan tombol “tombol speaker” pada telepon untuk mengaktifkan fitur ini. Pastikan Anda berada dalam jarak yang cukup dekat dengan telepon agar suara terdengar jelas.

11. Menggunakan fitur caller ID

Jika memiliki fitur caller ID, Anda dapat melihat nomor telepon yang menelepon sebelum menjawab panggilan. Fitur ini memudahkan Anda untuk menghindari panggilan dari nomor yang tidak dikenal atau spam.

12. Menggunakan fitur voicemail

Jika sedang tidak bisa menjawab panggilan, Anda dapat menggunakan fitur voicemail. Fitur ini memungkinkan orang yang menelepon meninggalkan pesan suara. Untuk mendengarkan pesan suara, tekan tombol “tombol voicemail” pada telepon.

13. Menggunakan fitur call forwarding

Jika sedang tidak berada di rumah, Anda dapat menggunakan fitur call forwarding. Fitur ini memungkinkan panggilan masuk diarahkan ke nomor telepon lain. Untuk mengaktifkan fitur ini, hubungi penyedia layanan telepon rumah.

14. Menggunakan kode akses

Jika ingin menelepon nomor di luar area, Anda dapat menggunakan kode akses. Kode akses biasanya terdiri dari angka 0 atau 1, diikuti dengan kode area dan nomor telepon. Untuk menggunakan kode akses, tekan tombol “tombol 0” atau “tombol 1” pada telepon.

Pos Terkait:  Cara Menghubungkan CPU ke Monitor Laptop

15. Menggunakan kode negara

Jika ingin menelepon ke luar negeri, Anda harus menggunakan kode negara. Kode negara terdiri dari tiga angka dan harus ditekan sebelum kode area dan nomor telepon. Untuk mengetahui kode negara yang tepat, cari di internet atau tanyakan pada penyedia layanan telepon rumah.

16. Menggunakan kode area

Jika ingin menelepon ke daerah lain di dalam negeri, Anda harus menggunakan kode area. Kode area terdiri dari tiga atau empat angka dan harus ditekan sebelum nomor telepon. Untuk mengetahui kode area yang tepat, cari di internet atau tanyakan pada penyedia layanan telepon rumah.

17. Menggunakan kode internasional

Jika ingin menelepon ke luar negeri, Anda harus menggunakan kode internasional. Kode internasional terdiri dari tanda tambah (+), kode negara, kode area, dan nomor telepon. Untuk menggunakan kode internasional, tekan tombol “+” pada telepon dan masukkan kode negara, kode area, dan nomor telepon.

18. Menggunakan kode akses internasional

Jika ingin menelepon ke luar negeri dari telepon rumah, Anda harus menggunakan kode akses internasional. Kode akses internasional biasanya terdiri dari angka 00 atau 011, diikuti dengan kode negara, kode area, dan nomor telepon. Untuk menggunakan kode akses internasional, tekan tombol “tombol 00” atau “tombol 011” pada telepon.

19. Menggunakan fitur call waiting

Jika sedang menerima panggilan dan ada panggilan masuk lain, Anda dapat menggunakan fitur call waiting. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengetahui ada panggilan masuk lain dan memilih untuk menjawab atau menolak panggilan tersebut.

20. Menggunakan fitur call block

Jika ingin menghindari panggilan dari nomor tertentu, Anda dapat menggunakan fitur call block. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memblokir nomor yang tidak diinginkan dan mencegah panggilan dari nomor tersebut masuk ke telepon Anda.

21. Menggunakan fitur call return

Jika ingin menghubungi kembali nomor yang sedang menelepon Anda, Anda dapat menggunakan fitur call return. Tekan tombol “tombol 69” pada telepon untuk menghubungi kembali nomor tersebut.

22. Menggunakan fitur call trace

Jika sering menerima panggilan yang tidak diinginkan atau mengganggu, Anda dapat menggunakan fitur call trace. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melacak asal panggilan dan melaporkannya ke penyedia layanan telepon.

Pos Terkait:  Profil dan Biodata Fanny Cynthia aka Funi, Pro Player

23. Menggunakan fitur call screening

Jika ingin mengetahui siapa yang menelepon sebelum menjawab panggilan, Anda dapat menggunakan fitur call screening. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendengarkan pesan suara dari orang yang menelepon sebelum memutuskan untuk menjawab atau menolak panggilan.

24. Menggunakan fitur call waiting ID

Jika memiliki fitur call waiting ID, Anda dapat melihat nomor telepon yang menelepon meskipun sedang menerima panggilan lain. Fitur ini memudahkan Anda untuk memilih panggilan yang ingin dijawab.

25. Menggunakan fitur speed dial

Jika sering menelepon nomor yang sama, Anda dapat menggunakan fitur speed dial. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyimpan nomor telepon dalam memori telepon dan menekan satu tombol untuk menelepon nomor tersebut.

26. Menggunakan fitur mute

Jika ingin berbicara dengan orang lain tanpa didengar oleh lawan bicara, Anda dapat menggunakan fitur mute. Tekan tombol “tombol mute” pada telepon untuk mematikan suara Anda.

27. Menggunakan fitur hold

Jika ingin menunda panggilan sementara waktu, Anda dapat menggunakan fitur hold. Tekan tombol “tombol hold” pada telepon untuk menunda panggilan. Untuk melanjutkan panggilan, tekan tombol “tombol hold” lagi.

28. Menggunakan fitur intercom

Jika memiliki lebih dari satu telepon di rumah, Anda dapat menggunakan fitur intercom untuk berkomunikasi antar telepon. Tekan tombol “tombol intercom” pada telepon dan masukkan nomor telepon yang ingin dihubungi.

29. Menggunakan fitur page

Jika ingin memanggil orang lain di rumah, Anda dapat menggunakan fitur page. Tekan tombol “tombol page” pada telepon dan suara panggilan akan terdengar di seluruh rumah.

30. Kesimpulan

Itulah beberapa cara menelepon dengan telepon rumah. Meskipun sudah tidak sepopuler dulu, telepon rumah masih menjadi alat komunikasi yang berguna di rumah. Dengan mengetahui cara menelepon dengan telepon rumah, Anda dapat memaksimalkan penggunaannya dan tetap terhubung dengan orang-orang terdekat.