Caramantap

Cara Membuat Foto Bergerak 3D

×

Cara Membuat Foto Bergerak 3D

Share this article

Apakah kamu pernah melihat foto yang tampak seperti bergerak dan memiliki efek 3D? Biasanya jenis foto ini disebut dengan foto cinemagraph. Foto ini terlihat sangat keren dan menarik perhatian. Kamu juga bisa membuat foto bergerak 3D sendiri dengan beberapa langkah mudah. Berikut adalah cara membuat foto bergerak 3D:

1. Pilih Objek yang Akan Dijadikan Foto Bergerak

Pertama-tama, kamu harus memilih objek atau subjek yang akan dijadikan foto bergerak 3D. Objek yang dipilih harus memiliki gerakan yang tetap selama beberapa detik. Misalnya, kamu bisa memilih bunga yang bergegas ditiup angin atau tetesan air yang jatuh dari keran.

2. Siapkan Kamera dan Tripod

Kedua, kamu perlu menyiapkan kamera dan tripod untuk mengambil gambar. Pastikan kamera dan tripod diletakkan pada posisi yang stabil agar tidak bergerak saat mengambil gambar. Kamu juga bisa menggunakan remote control untuk memicu kamera agar tidak bergerak saat mengambil gambar.

Pos Terkait:  Lihat Foto Lawas Anak Muda Jakarta 1980-an, Netizen

3. Ambil Gambar dalam Format Video

Ketiga, kamu perlu mengambil gambar dalam format video. Format video yang disarankan adalah format MP4 atau AVI. Kamu bisa mengambil gambar dengan durasi sekitar 5-10 detik.

4. Edit Video dengan Aplikasi Editing

Keempat, kamu perlu mengedit video dengan aplikasi editing. Ada banyak aplikasi editing yang bisa kamu gunakan, seperti Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, atau iMovie. Kamu bisa memotong video dan memperpendek durasinya agar lebih singkat.

5. Pilih Bagian yang Ingin Diberi Efek 3D

Kelima, kamu perlu memilih bagian yang ingin diberi efek 3D. Kamu bisa menggunakan alat seleksi atau mask untuk memilih bagian tertentu dalam video. Bagian yang dipilih harus memiliki gerakan yang tetap selama beberapa detik.

6. Buat Layer Baru

Keenam, kamu perlu membuat layer baru di atas video asli. Layer baru ini akan digunakan untuk menambahkan efek 3D pada bagian yang dipilih. Kamu bisa menambahkan efek seperti blur atau gradient pada layer baru ini.

7. Tambahkan Efek 3D pada Layer Baru

Ketujuh, kamu perlu menambahkan efek 3D pada layer baru yang telah dibuat. Kamu bisa menggunakan efek warp atau perspective untuk memberikan efek 3D pada layer baru. Efek ini akan membuat bagian yang dipilih terlihat seperti bergerak.

Pos Terkait:  Cara Mengunci Pulsa Telkomsel

8. Atur Kecepatan Efek 3D

Kedelapan, kamu perlu mengatur kecepatan efek 3D agar terlihat lebih alami. Kamu bisa mengatur kecepatan efek 3D dengan cara memperpendek atau memperpanjang durasi efek tersebut.

9. Simpan Hasil Edit

Kesembilan, setelah selesai mengedit video, kamu perlu menyimpan hasil edit dalam format MP4 atau AVI. Kamu juga bisa mengubah resolusi video agar lebih ringan dan mudah dibuka di perangkat lain.

10. Konversi Video ke Format GIF atau HTML5

Kesepuluh, kamu perlu mengonversi video ke format GIF atau HTML5 agar bisa dipublikasikan di website atau media sosial. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Photoshop atau online converter untuk mengonversi video ke format GIF atau HTML5.

11. Upload dan Bagikan Foto Bergerak 3D

Setelah mengonversi video ke format GIF atau HTML5, kamu bisa mengupload dan membagikan foto bergerak 3D ke website atau media sosial. Pastikan kamu menambahkan deskripsi yang menarik dan tagar yang relevan agar foto dapat ditemukan oleh orang lain.

12. Tips dan Trik untuk Membuat Foto Bergerak 3D

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu kamu dalam membuat foto bergerak 3D:

Pos Terkait:  Cara Menggambar Makanan Lucu dengan Mudah dan Menyenangkan

– Pilih objek yang memiliki gerakan yang tetap selama beberapa detik

– Gunakan tripod untuk mengambil gambar agar tidak bergoyang

– Gunakan aplikasi editing untuk memotong dan memperpendek durasi video

– Tambahkan efek blur atau gradient pada layer baru agar terlihat lebih menarik

– Gunakan efek warp atau perspective untuk memberikan efek 3D pada bagian yang dipilih

– Atur kecepatan efek 3D agar terlihat lebih alami

– Gunakan tagar yang relevan saat membagikan foto bergerak 3D di media sosial

Kesimpulan

Membuat foto bergerak 3D tidaklah sulit. Kamu bisa mengambil gambar dalam format video, mengedit video dengan aplikasi editing, memilih bagian yang ingin diberi efek 3D, membuat layer baru, menambahkan efek 3D pada layer baru, mengatur kecepatan efek 3D, mengonversi video ke format GIF atau HTML5, dan membagikan foto bergerak 3D ke media sosial atau website. Dengan mengikuti beberapa tips dan trik di atas, kamu dapat membuat foto bergerak 3D yang menarik dan keren.

close