Caramantap

Cara Download Transkrip YouTube: Mudah dan Cepat

×

Cara Download Transkrip YouTube: Mudah dan Cepat

Share this article

YouTube adalah salah satu platform video terbesar di dunia yang menyediakan berbagai informasi dan hiburan bagi penggunanya. Namun, terkadang kita ingin memperoleh transkrip atau teks dari video YouTube tersebut untuk berbagai keperluan. Nah, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara download transkrip YouTube dengan mudah dan cepat.

1. Menggunakan Layanan Pihak Ketiga

Salah satu cara untuk mendownload transkrip YouTube adalah dengan menggunakan layanan pihak ketiga seperti DownSub, YouTubeText, atau GeniusU. Anda hanya perlu menyalin URL video YouTube yang ingin diunduh transkripnya, kemudian tempelkan pada layanan tersebut dan ikuti instruksi yang diberikan. Setelah itu, Anda bisa mendownload transkrip yang telah dihasilkan.

2. Menggunakan Fitur Bawaan YouTube

YouTube juga menyediakan fitur untuk mendownload transkrip dari video yang diunggah di platform mereka. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk beberapa video yang telah dilengkapi dengan fitur caption atau subtitle. Anda hanya perlu menekan tombol CC yang terletak di bawah video, kemudian pilih bahasa yang diinginkan dan unduh transkripnya.

Pos Terkait:  Cara Transfer Kuota Axis Melalui SMS

3. Menggunakan Software Download Manager

Anda juga bisa menggunakan software download manager seperti Internet Download Manager atau JDownloader untuk mendownload transkrip dari video YouTube. Caranya adalah dengan menyalin URL video yang ingin diunduh transkripnya, kemudian tambahkan URL tersebut pada software tersebut dan ikuti instruksi yang diberikan. Setelah itu, Anda bisa mendownload transkrip yang telah dihasilkan.

4. Menggunakan Add-On Browser

Ada beberapa add-on browser seperti Video DownloadHelper atau DownloadHelper for Chrome yang dapat membantu Anda mendownload transkrip dari video YouTube. Caranya adalah dengan menginstal add-on tersebut pada browser Anda, kemudian ketika Anda menonton video YouTube, Anda bisa mengklik tombol add-on tersebut dan memilih opsi untuk mendownload transkrip.

5. Menggunakan Command Prompt

Bagi Anda yang terbiasa dengan command prompt, Anda juga bisa menggunakan perintah tersebut untuk mendownload transkrip dari video YouTube. Caranya adalah dengan membuka command prompt pada komputer Anda, kemudian ketikkan perintah “youtube-dl –write-sub –sub-lang [bahasa] [URL video]” tanpa tanda kutip. Ganti [bahasa] dengan bahasa yang diinginkan, dan [URL video] dengan URL video YouTube yang ingin diunduh transkripnya. Setelah itu, Anda bisa mendownload transkrip yang telah dihasilkan.

Pos Terkait:  Perbedaan Kolom dan Baris

6. Menggunakan Online Converter

Anda juga bisa menggunakan online converter seperti Online-Convert atau Zamzar untuk mendownload transkrip dari video YouTube. Caranya adalah dengan mengunjungi situs tersebut, kemudian pilih opsi “Convert Video” atau “Convert File”. Setelah itu, Anda bisa mengunggah video YouTube yang ingin diunduh transkripnya, pilih bahasa yang diinginkan, dan klik tombol “Convert. Setelah itu, Anda bisa mendownload transkrip yang telah dihasilkan.

7. Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendownload transkrip dari video YouTube dengan mudah dan cepat. Anda bisa memilih salah satu cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, perlu diingat bahwa beberapa cara di atas mungkin tidak legal atau melanggar aturan YouTube, sehingga gunakan dengan bijak dan bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close