Cara Agar Jam di Laptop Tidak Berubah

Posted on

Bagi pengguna laptop, jam yang terdapat pada laptop merupakan hal yang sangat penting. Jam yang ada di laptop biasanya digunakan untuk mengatur waktu saat kita bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Namun, terkadang jam di laptop bisa berubah sendiri, yang tentunya sangat menyebalkan. Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa cara agar jam di laptop tidak berubah.

1. Sinkronisasi dengan Server Waktu

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi jam di laptop yang berubah adalah dengan melakukan sinkronisasi dengan server waktu. Sinkronisasi ini dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada jam di bagian kanan bawah layar laptop, kemudian pilih “Adjust date/time”. Setelah itu, pastikan “Set time automatically” sudah diaktifkan. Dengan begitu, laptop akan secara otomatis menyesuaikan waktu dengan server waktu.

Pos Terkait:  Cara Bermain Clint Mobile Legend: Tips dan Trik untuk Mengalahkan Musuh

2. Reset Baterai CMOS

Jika sinkronisasi dengan server waktu tidak berhasil, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mereset baterai CMOS. Baterai CMOS berfungsi untuk menyimpan pengaturan BIOS pada laptop. Untuk mereset baterai CMOS, pertama-tama matikan laptop dan cabut baterai serta adaptornya. Kemudian, buka casing laptop dan cari baterai CMOS. Lepaskan baterai tersebut selama beberapa menit, lalu pasang kembali dan tutup casing laptop. Setelah itu, nyalakan laptop dan atur kembali jam pada laptop.

3. Update Driver atau BIOS

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi jam di laptop yang berubah adalah dengan melakukan update driver atau BIOS. Driver dan BIOS yang sudah kadaluarsa atau tidak cocok dengan hardware laptop bisa menyebabkan masalah pada laptop, termasuk masalah jam yang berubah-ubah. Untuk melakukan update driver atau BIOS, cari tahu terlebih dahulu jenis laptop yang digunakan dan cari update driver atau BIOS terbaru di situs resmi produsen laptop tersebut.

4. Periksa Kondisi Baterai

Kondisi baterai yang sudah tidak baik juga bisa menyebabkan jam di laptop berubah-ubah. Jadi, pastikan baterai laptop dalam kondisi yang baik. Jika baterai sudah terlalu tua atau sering digunakan, sebaiknya segera ganti dengan baterai yang baru.

Pos Terkait:  Contoh Paragraf Deduktif: Pengertian, Karakteristik, dan Contohnya

5. Hindari Perubahan Zona Waktu

Perubahan zona waktu pada saat bepergian dari satu negara ke negara lain juga bisa menyebabkan jam di laptop berubah. Jadi, hindari perubahan zona waktu jika tidak perlu. Jika harus bepergian, pastikan untuk mengatur kembali jam pada laptop setelah tiba di tujuan.

6. Matikan Fitur “Set Time Zone Automatically”

Fitur “Set time zone automatically” pada laptop bisa menyebabkan jam di laptop berubah jika terhubung dengan jaringan internet yang tidak stabil. Jadi, jika sering mengalami masalah jam berubah-ubah, matikan fitur tersebut.

7. Hindari Overclocking

Overclocking pada laptop bisa menyebabkan masalah pada hardware laptop, termasuk masalah jam yang berubah-ubah. Jadi, hindari overclocking jika tidak perlu.

8. Periksa Virus atau Malware

Beberapa virus atau malware dapat mempengaruhi pengaturan waktu pada laptop. Jadi, pastikan laptop dalam kondisi yang aman dari virus atau malware dengan menggunakan antivirus yang terpercaya.

9. Periksa Jaringan Internet

Jaringan internet yang tidak stabil bisa menyebabkan jam di laptop berubah-ubah. Jadi, pastikan jaringan internet dalam kondisi yang baik dan stabil.

10. Ganti Sumber Daya Listrik

Sumber daya listrik yang tidak stabil juga bisa menyebabkan jam di laptop berubah-ubah. Jadi, pastikan menggunakan sumber daya listrik yang stabil.

Pos Terkait:  Cara Menghitung Z Score dengan Gambar

11. Hindari Menggunakan Program Pihak Ketiga

Program pihak ketiga yang tidak terpercaya bisa menyebabkan masalah pada laptop, termasuk masalah jam yang berubah-ubah. Jadi, hindari menggunakan program pihak ketiga yang tidak terpercaya.

12. Periksa Hardware Laptop

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun masalah jam di laptop masih belum teratasi, kemungkinan masalahnya ada pada hardware laptop. Jadi, periksa hardware laptop dengan membawa ke tempat reparasi terpercaya.

13. Kesimpulan

Jam di laptop yang berubah-ubah bisa menyebabkan masalah pada waktu dan aktivitas yang dilakukan. Namun, dengan melakukan beberapa cara di atas, masalah jam di laptop bisa diatasi dengan mudah. Pastikan selalu memeriksa kondisi laptop secara berkala dan hindari penggunaan yang berlebihan atau tidak perlu pada laptop. Dengan begitu, laptop bisa tetap berfungsi dengan baik dan jam di laptop tidak akan berubah-ubah lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *