Caramantap

Apa Perbedaan Berat dan Massa?

×

Apa Perbedaan Berat dan Massa?

Share this article

Setiap orang pasti pernah mendengar istilah berat dan massa. Namun, apakah keduanya sama atau memiliki perbedaan? Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara berat dan massa secara detail dan mudah dipahami.

Pengertian Berat

Berat adalah besaran fisika yang mengukur gaya gravitasi suatu objek terhadap benda lain. Satuan dari berat adalah Newton (N) di SI (Sistem Internasional). Untuk mengukur berat suatu benda, kita memerlukan timbangan yang memanfaatkan gaya gravitasi Bumi. Misalnya, jika suatu benda memiliki berat 10 N, maka benda tersebut akan menarik benda lain dengan gaya 10 N.

Pengertian Massa

Massa adalah besaran fisika yang mengukur jumlah materi dalam suatu objek. Satuan dari massa adalah kilogram (kg) di SI. Untuk mengukur massa suatu benda, kita perlu menimbang benda tersebut tanpa memperhitungkan gaya gravitasi Bumi. Misalnya, jika suatu benda memiliki massa 5 kg, maka benda tersebut akan memiliki jumlah materi sebesar 5 kg.

Perbedaan Berat dan Massa

Dari pengertian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa perbedaan antara berat dan massa terletak pada satuan dan cara pengukurannya. Satuan dari berat adalah Newton, sedangkan satuan dari massa adalah kilogram. Cara mengukur berat adalah dengan menggunakan timbangan yang memanfaatkan gaya gravitasi Bumi, sedangkan cara mengukur massa adalah dengan menimbang benda tanpa memperhitungkan gaya gravitasi Bumi.

Pos Terkait:  Berapakah Besar Sudut PQR?

Selain itu, perbedaan lainnya adalah bahwa massa suatu benda tetap, sedangkan berat suatu benda dapat berubah-ubah tergantung pada gaya gravitasi Bumi. Misalnya, jika suatu benda dibawa ke Bulan, maka beratnya akan berkurang karena gaya gravitasi Bulan lebih kecil daripada gaya gravitasi Bumi. Namun, massa benda tersebut tetap sama.

Contoh Perbedaan Berat dan Massa

Untuk memperjelas perbedaan antara berat dan massa, berikut adalah contoh sederhana:

Bayangkan Anda memiliki benda dengan massa 10 kg. Jika benda tersebut diletakkan di Bumi, maka beratnya adalah sekitar 98 N (dengan mengasumsikan gaya gravitasi Bumi sebesar 9,8 m/s²). Namun, jika benda tersebut dibawa ke Bulan, maka beratnya akan berkurang menjadi sekitar 16,3 N (dengan mengasumsikan gaya gravitasi Bulan sebesar 1,63 m/s²). Namun, massa benda tersebut tetap 10 kg di Bumi maupun di Bulan.

Kesimpulan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa berat dan massa memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berat mengukur gaya gravitasi suatu objek terhadap benda lain, sedangkan massa mengukur jumlah materi dalam suatu objek. Selain itu, satuan dan cara pengukurannya juga berbeda. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali menggunakan kedua besaran ini. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami perbedaan antara berat dan massa agar tidak tertukar dalam menggunakannya.

Pos Terkait:  Link CCTV Sleman 24 Jam Pantau Lalu Lintas dan Arus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close