Caramantap

Persamaan dan Perbedaan Kerajaan Kutai Tarumanegara dan Sriwijaya

×

Persamaan dan Perbedaan Kerajaan Kutai Tarumanegara dan Sriwijaya

Share this article

Kerajaan Kutai Tarumanegara dan Sriwijaya merupakan dua kerajaan kuno yang pernah berdiri di wilayah Indonesia. Meskipun memiliki perbedaan dalam hal waktu berdiri dan wilayah kekuasaan, namun keduanya memiliki persamaan dalam beberapa aspek. Berikut adalah penjelasan mengenai persamaan dan perbedaan dari kedua kerajaan tersebut.

1. Asal-usul

Kerajaan Kutai Tarumanegara didirikan pada abad ke-5 oleh seorang raja bernama Kudungga, yang berasal dari sebuah desa kecil di sekitar Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Sedangkan Kerajaan Sriwijaya didirikan pada abad ke-7 oleh seorang raja bernama Dapunta Hyang Sri Jayanasa, yang berasal dari Sumatera Selatan.

2. Wilayah kekuasaan

Kerajaan Kutai Tarumanegara memiliki wilayah kekuasaan yang mencakup sebagian besar wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Sedangkan Kerajaan Sriwijaya memiliki wilayah kekuasaan yang meliputi sebagian besar wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Semenanjung Melayu.

3. Agama

Kerajaan Kutai Tarumanegara menganut agama Hindu-Buddha. Sedangkan Kerajaan Sriwijaya menganut agama Buddha dan Hindu. Kedua kerajaan sama-sama memiliki pengaruh besar dari agama Hindu dan Buddha dari India.

Pos Terkait:  Cara mengetik chat (pesan) WhatsApp menggunakan suara

4. Bentuk pemerintahan

Kerajaan Kutai Tarumanegara dan Sriwijaya sama-sama memiliki bentuk pemerintahan monarki, di mana raja memegang kekuasaan tertinggi dan dianggap sebagai penguasa yang diutus oleh para dewa. Namun, Kerajaan Sriwijaya memiliki sistem pemerintahan yang lebih terorganisir dan lebih kompleks dibandingkan dengan Kerajaan Kutai Tarumanegara.

5. Ekonomi

Kerajaan Kutai Tarumanegara dan Sriwijaya sama-sama memiliki ekonomi yang maju pada zamannya. Kedua kerajaan memiliki perdagangan yang berkembang dengan negara-negara tetangga dan menjadikan Asia Tenggara sebagai pusat perdagangan internasional. Namun, Kerajaan Sriwijaya memiliki keuntungan yang lebih besar dalam hal perdagangan karena letak geografisnya yang strategis di jalur perdagangan antara India dan Tiongkok.

6. Seni dan budaya

Kerajaan Kutai Tarumanegara dan Sriwijaya sama-sama memiliki seni dan budaya yang berkembang pesat pada zamannya. Kedua kerajaan memiliki kekayaan seni dan arsitektur yang terlihat dari bangunan-bangunan peninggalannya seperti candi, arca, dan relief. Namun, Kerajaan Sriwijaya memiliki pengaruh budaya yang lebih luas karena menjadi pusat agama Buddha dan memiliki hubungan perdagangan yang erat dengan negara-negara Asia Tenggara dan Cina.

7. Peninggalan

Kerajaan Kutai Tarumanegara dan Sriwijaya sama-sama memiliki peninggalan sejarah yang kaya dan berharga. Beberapa peninggalan Kerajaan Kutai Tarumanegara yang masih ada antara lain Candi Muara Kaman, Candi Penanjung, dan Candi Agung. Sedangkan peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang masih ada antara lain Candi Borobudur, Candi Sewu, dan Candi Prambanan.

Pos Terkait:  Jelaskan Bagaimana Kedudukan Beriman kepada Hari Akhir 3

8. Pengaruh

Kerajaan Kutai Tarumanegara dan Sriwijaya sama-sama memiliki pengaruh yang besar dalam sejarah Indonesia. Kedua kerajaan mengembangkan perdagangan, seni dan budaya, dan agama yang mempengaruhi perkembangan kebudayaan Indonesia. Kerajaan Sriwijaya juga menjadi pusat pengembangan agama Buddha di Asia Tenggara yang berpengaruh hingga saat ini.

9. Perbedaan dalam hal waktu berdiri

Kerajaan Kutai Tarumanegara didirikan pada abad ke-5, sedangkan Kerajaan Sriwijaya didirikan pada abad ke-7. Hal ini menunjukkan perbedaan waktu berdiri antara kedua kerajaan tersebut.

10. Perbedaan dalam hal wilayah kekuasaan

Kerajaan Kutai Tarumanegara memiliki wilayah kekuasaan yang lebih kecil dibandingkan dengan Kerajaan Sriwijaya. Hal ini menunjukkan perbedaan dalam hal wilayah kekuasaan antara kedua kerajaan tersebut.

11. Perbedaan dalam hal agama

Kerajaan Kutai Tarumanegara menganut agama Hindu-Buddha, sedangkan Kerajaan Sriwijaya menganut agama Buddha dan Hindu. Hal ini menunjukkan perbedaan dalam hal agama yang dianut oleh kedua kerajaan tersebut.

12. Perbedaan dalam hal sistem pemerintahan

Kerajaan Sriwijaya memiliki sistem pemerintahan yang lebih terorganisir dan lebih kompleks dibandingkan dengan Kerajaan Kutai Tarumanegara. Hal ini menunjukkan perbedaan dalam hal sistem pemerintahan antara kedua kerajaan tersebut.

13. Perbedaan dalam hal keuntungan perdagangan

Kerajaan Sriwijaya memiliki keuntungan yang lebih besar dalam hal perdagangan karena letak geografisnya yang strategis di jalur perdagangan antara India dan Tiongkok. Hal ini menunjukkan perbedaan dalam hal keuntungan perdagangan antara kedua kerajaan tersebut.

Pos Terkait:  Cara untuk Merestart Komputer

14. Perbedaan dalam hal pengaruh budaya

Kerajaan Sriwijaya memiliki pengaruh budaya yang lebih luas karena menjadi pusat agama Buddha dan memiliki hubungan perdagangan yang erat dengan negara-negara Asia Tenggara dan Cina. Hal ini menunjukkan perbedaan dalam hal pengaruh budaya antara kedua kerajaan tersebut.

15. Perbedaan dalam hal peninggalan

Kerajaan Kutai Tarumanegara dan Sriwijaya memiliki peninggalan yang berbeda, meskipun keduanya sama-sama memiliki peninggalan sejarah yang kaya dan berharga. Hal ini menunjukkan perbedaan dalam hal peninggalan antara kedua kerajaan tersebut.

16. Perbedaan dalam hal pengaruh

Kerajaan Sriwijaya memiliki pengaruh yang lebih besar dalam sejarah Indonesia dibandingkan dengan Kerajaan Kutai Tarumanegara. Hal ini menunjukkan perbedaan dalam hal pengaruh antara kedua kerajaan tersebut.

17. Kesimpulan

Kerajaan Kutai Tarumanegara dan Sriwijaya merupakan dua kerajaan kuno yang memiliki persamaan dan perbedaan dalam berbagai aspek. Meskipun keduanya telah lama lenyap, namun peninggalan sejarah mereka masih dapat dilihat hingga saat ini. Keduanya memberikan pengaruh yang besar dalam sejarah Indonesia dan terus menjadi sumber inspirasi bagi perkembangan budaya Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close