Caramantap

Perbedaan TOEFL dan TOEIC

×

Perbedaan TOEFL dan TOEIC

Share this article

Jika kamu ingin kuliah di luar negeri atau bekerja di perusahaan multinasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kerja, kamu pasti pernah mendengar tentang tes TOEFL dan TOEIC. Namun, apakah kamu tahu perbedaan antara kedua tes ini?

Apa itu TOEFL?

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah tes standar internasional untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris bagi orang yang bukan penutur asli bahasa Inggris. Tes ini diterima oleh lebih dari 11.000 perguruan tinggi, universitas, dan lembaga di seluruh dunia.

TOEFL terdiri dari empat bagian, yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Setiap bagian diberi skor antara 0 hingga 30 dan total skor maksimal adalah 120. Tes ini dianggap sebagai tes yang lebih cocok untuk tujuan akademik, seperti kuliah atau studi lanjutan.

Apa itu TOEIC?

TOEIC (Test of English for International Communication) adalah tes standar internasional untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris dalam konteks bisnis dan perusahaan. Tes ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mengevaluasi kemampuan berbahasa Inggris karyawan mereka.

Pos Terkait:  2 Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus, Mudah

TOEIC terdiri dari dua bagian, yaitu Listening dan Reading. Setiap bagian diberi skor antara 5 hingga 495 dan total skor maksimal adalah 990. Tes ini dianggap sebagai tes yang lebih cocok untuk tujuan bisnis dan karir, seperti wawancara kerja atau promosi jabatan.

Perbedaan antara TOEFL dan TOEIC

Perbedaan utama antara TOEFL dan TOEIC terletak pada konteks penggunaannya. TOEFL digunakan untuk tujuan akademik, sedangkan TOEIC digunakan untuk tujuan bisnis dan karir. Selain itu, TOEFL terdiri dari empat bagian, sementara TOEIC hanya terdiri dari dua bagian.

TOEFL juga lebih fokus pada kemampuan berbicara dan menulis, sementara TOEIC lebih fokus pada kemampuan mendengarkan dan membaca. Oleh karena itu, jika kamu ingin mengambil tes untuk tujuan kuliah atau studi lanjutan, TOEFL adalah pilihan yang lebih tepat. Namun, jika kamu ingin mengambil tes untuk tujuan karir atau bisnis, maka TOEIC adalah pilihan yang lebih cocok.

Bagaimana Cara Mengambil Tes TOEFL dan TOEIC?

Kamu dapat mendaftar untuk mengambil tes TOEFL dan TOEIC melalui situs web resmi masing-masing tes. Untuk tes TOEFL, kamu dapat mendaftar di situs resmi ETS (Educational Testing Service), sedangkan untuk tes TOEIC, kamu dapat mendaftar di situs resmi ETS atau IIBC (Indonesia International Business Center).

Pos Terkait:  Cara untuk Menjadi Pemain Bola Voli yang Baik

Untuk mengambil tes TOEFL, kamu harus membayar biaya pendaftaran sekitar $200-$250, tergantung dari negara tempat kamu mengambil tes. Sedangkan untuk mengambil tes TOEIC, biaya pendaftarannya berkisar antara Rp. 1.000.000 hingga Rp. 2.000.000, tergantung dari tempat dan penyelenggara tes.

Bagaimana Cara Mempersiapkan Diri untuk Mengambil Tes TOEFL dan TOEIC?

Mempersiapkan diri untuk mengambil tes TOEFL dan TOEIC membutuhkan waktu dan usaha yang cukup. Beberapa tips yang dapat membantu kamu mempersiapkan diri untuk mengambil tes tersebut antara lain:

Kesimpulan

Jadi, apapun tujuanmu dalam mengambil tes bahasa Inggris, baik itu untuk tujuan akademik atau bisnis, TOEFL dan TOEIC dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun, sebelum kamu mengambil tes tersebut, pastikan kamu memahami perbedaan antara keduanya dan mempersiapkan diri dengan baik agar kamu dapat meraih skor yang tinggi.

Pos Terkait:  Temple Run Mod Apk: Download and Play the Latest Version

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close