Caramantap

Perbedaan Listen dan Hear

×

Perbedaan Listen dan Hear

Share this article

Apakah Anda pernah bingung antara kata listen dan hear? Kedua kata tersebut memang terdengar serupa, tetapi sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Pada artikel ini, kami akan membahas perbedaan antara listen dan hear secara detail.

Pengertian Listen

Listen adalah kata kerja yang berarti memperhatikan suara dengan sengaja. Ketika seseorang mendengarkan dengan sengaja, ia berusaha untuk memahami apa yang diucapkan oleh orang lain atau apa yang terjadi di sekitarnya.

Contohnya, ketika Anda sedang berbicara dengan teman Anda, dia akan mendengarkan dengan sengaja apa yang Anda katakan. Dia akan memperhatikan intonasi dan ekspresi wajah Anda untuk memahami apa yang sedang Anda rasakan.

Pengertian Hear

Hear juga merupakan kata kerja yang berhubungan dengan suara. Namun, hear dapat diartikan sebagai menangkap suara tanpa sengaja. Seseorang dapat mendengar suara tanpa berusaha untuk memperhatikan atau memahami artinya.

Contohnya, ketika Anda sedang bekerja di kantor, Anda mungkin dapat mendengar suara klakson mobil di luar. Namun, Anda mungkin tidak memperhatikan suara tersebut secara khusus.

Perbedaan Utama

Jadi, apa perbedaan utama antara listen dan hear? Perbedaan utama adalah bahwa listen membutuhkan usaha untuk memperhatikan suara dan memahaminya, sedangkan hear dapat terjadi tanpa usaha atau kesadaran.

Pos Terkait:  Jelaskan yang Dimaksud Karpogonium: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Jadi, ketika seseorang mendengarkan musik, dia akan berusaha untuk memperhatikan lirik dan melodi. Dia akan memahami arti lagu tersebut dan menikmati setiap detiknya. Namun, ketika seseorang hanya mendengar suara sirene polisi, dia mungkin tidak memperhatikan atau memahami artinya. Dia hanya mendengar suara tersebut dan mungkin merasa terganggu.

Penggunaan Kata Listen dan Hear

Listen dan hear dapat digunakan dalam berbagai situasi. Namun, ada beberapa perbedaan dalam penggunaannya.

Ketika seseorang ingin mengatakan bahwa dia memperhatikan dan memahami suara, ia akan menggunakan kata listen. Contohnya, “Saya sedang mendengarkan musik favorit saya.” Di sini, orang tersebut menyatakan bahwa dia sedang memperhatikan dan memahami lirik dan melodi musik tersebut.

Sedangkan, ketika seseorang ingin mengatakan bahwa dia hanya mendengar suara tanpa memperhatikan atau memahami artinya, ia akan menggunakan kata hear. Contohnya, “Saya hanya mendengar suara sirene polisi di luar.” Di sini, orang tersebut hanya menyatakan bahwa dia mendengar suara tersebut tanpa memperhatikan atau memahami artinya.

Kesimpulan

Jadi, perbedaan antara listen dan hear adalah bahwa listen membutuhkan usaha untuk memperhatikan dan memahami suara, sedangkan hear terjadi tanpa usaha atau kesadaran. Kedua kata tersebut dapat digunakan dalam berbagai situasi, tetapi ada perbedaan dalam penggunaannya. Oleh karena itu, penting untuk memahami perbedaan antara kedua kata tersebut agar dapat digunakan dengan benar dalam bahasa Inggris.

Pos Terkait:  Cara Setting Internet di Mikrotik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close