Caramantap

Perbedaan Komponis dan Komposer

×

Perbedaan Komponis dan Komposer

Share this article

Pengertian Komponis dan Komposer

Sebelum membahas perbedaan antara komponis dan komposer, mari kita kenali terlebih dahulu pengertian dari kedua kata tersebut.Komponis adalah orang yang membuat atau menulis lagu atau musik, baik itu dalam bentuk notasi atau rekaman audio. Sedangkan komposer adalah orang yang menciptakan sebuah musik atau lagu dari awal dengan menggabungkan elemen musik seperti melodi, harmoni, dan ritme.

Perbedaan dari Segi Ejaan

Salah satu perbedaan antara komponis dan komposer adalah dari segi ejaan. Kata komponis di eja dengan huruf “i” di akhir kata, sedangkan kata komposer di eja dengan huruf “e” di akhir kata.

Perbedaan dari Segi Arti

Perbedaan yang paling mendasar antara komponis dan komposer terletak pada arti dari kedua kata tersebut. Meskipun keduanya memiliki hubungan erat dengan musik, namun arti dari kedua kata tersebut berbeda.Komponis lebih berkaitan dengan penggarapan musik yang sudah ada. Sebagai contoh, seorang komponis bisa saja membuat aransemen atau mengaransemen ulang sebuah lagu yang sudah ada.Sedangkan komposer lebih banyak berperan dalam menciptakan musik atau lagu dari nol. Seorang komposer akan menggabungkan elemen musik seperti melodi, harmoni, dan ritme untuk menciptakan sebuah karya musik yang baru dan orisinil.

Pos Terkait:  Explore The Fascinating World of Interesting Malls in Indonesia

Perbedaan dari Segi Karakteristik Karya Musik

Karakteristik dari karya musik yang dihasilkan oleh seorang komponis dan seorang komposer juga memiliki perbedaan.Karya musik yang dihasilkan oleh seorang komponis memiliki karakteristik yang lebih terbatas, karena komponis hanya mengembangkan atau mengubah sebuah karya musik yang sudah ada.Sedangkan karya musik yang dihasilkan oleh seorang komposer lebih orisinil dan memperlihatkan karakteristik yang lebih khas. Hal ini karena komposer memiliki kebebasan untuk menciptakan musik dari nol dan tidak terikat dengan karya musik yang sudah ada.

Perbedaan dari Segi Pemahaman Musik

Perbedaan lainnya antara komponis dan komposer terletak pada pemahaman mereka terhadap musik.Seorang komponis umumnya lebih terfokus pada pengembangan teknik dan keterampilan dalam menggarap musik yang sudah ada. Sedangkan seorang komposer lebih banyak berkutat dengan eksplorasi musik dan kebebasan dalam menciptakan musik baru.

Perbedaan dari Segi Pengakuan Publik

Pengakuan publik terhadap karya musik dari seorang komponis dan seorang komposer juga berbeda.Seorang komponis umumnya mendapatkan pengakuan publik karena berhasil mengembangkan atau mengubah karya musik yang sudah ada menjadi lebih baik. Sedangkan seorang komposer mendapatkan pengakuan publik karena berhasil menciptakan karya musik yang orisinil dan memperlihatkan karakteristik yang lebih khas.

Pos Terkait:  Cara Bayar Shopee Lewat Transfer Bank

Perbedaan dari Segi Peluang Karir

Peluang karir yang tersedia untuk seorang komponis dan seorang komposer juga berbeda.Seorang komponis umumnya lebih banyak berkarir di industri musik sebagai arranger atau pengaransemen musik untuk artis atau band lain. Sedangkan seorang komposer lebih banyak berkarir sebagai pencipta lagu atau musik untuk film, iklan, atau permainan video.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara komponis dan komposer terletak pada arti dari kedua kata tersebut, karakteristik karya musik yang dihasilkan, pemahaman musik, pengakuan publik, dan peluang karir yang tersedia.Namun, meskipun terdapat perbedaan di antara keduanya, keduanya tetaplah memiliki peran yang penting dalam dunia musik dan saling melengkapi satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close