Caramantap

Perbedaan Jangkrik Alam dan Biasa

×

Perbedaan Jangkrik Alam dan Biasa

Share this article

Jangkrik adalah serangga kecil yang sering dijumpai di sekitar kita. Ada dua jenis jangkrik yang sering ditemukan, yaitu jangkrik alam dan jangkrik biasa. Kedua jenis jangkrik ini memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut adalah perbedaan jangkrik alam dan jangkrik biasa.

Jangkrik Alam

Jangkrik alam adalah jangkrik yang hidup di alam liar atau di tempat-tempat yang alami seperti hutan, sawah, dan semak belukar. Jangkrik ini memiliki ukuran yang lebih besar dari jangkrik biasa dan warnanya lebih gelap. Jangkrik alam memiliki suara yang lebih khas dan lebih nyaring dari jangkrik biasa. Suaranya sering didengar di malam hari.

Jangkrik alam memiliki berbagai jenis, seperti jangkrik hijau, jangkrik hitam, dan jangkrik kuning. Jangkrik alam juga memiliki keunikan pada tubuhnya yang memiliki sayap dan dapat terbang. Jangkrik alam hidup dengan cara memakan tumbuhan dan serangga yang lebih kecil dari dirinya.

Jangkrik Biasa

Jangkrik biasa adalah jangkrik yang biasa dipelihara sebagai hewan peliharaan atau sebagai pakan burung. Jangkrik biasa memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jangkrik alam dan warnanya lebih terang. Jangkrik biasa memiliki suara yang tidak sekuat dan sejernih suara jangkrik alam.

Pos Terkait:  Bagaimana Proses Migrasi Nenek Moyang ke Indonesia?

Jangkrik biasa sering dipelihara sebagai hewan peliharaan karena mudah didapat dan harganya terjangkau. Jangkrik biasa dijual di pasar hewan atau di toko-toko hewan peliharaan. Jangkrik biasa juga sering digunakan sebagai pakan burung karena harganya yang murah dan mudah didapat.

Perbedaan Ukuran dan Warna

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jangkrik alam memiliki ukuran yang lebih besar daripada jangkrik biasa. Jangkrik alam juga memiliki warna yang lebih gelap daripada jangkrik biasa yang memiliki warna yang lebih terang.

Perbedaan Suara

Perbedaan utama antara jangkrik alam dan jangkrik biasa adalah suaranya. Suara jangkrik alam lebih nyaring dan khas dibandingkan dengan suara jangkrik biasa yang lebih lemah dan tidak sejernih suara jangkrik alam.

Perbedaan Harga

Harga jangkrik alam lebih mahal daripada jangkrik biasa karena jangkrik alam sulit didapat dan hanya bisa ditemukan di alam liar. Sedangkan jangkrik biasa mudah didapat dan harganya lebih terjangkau.

Penggunaan

Jangkrik alam biasanya digunakan sebagai pakan burung atau sebagai hewan peliharaan. Sedangkan jangkrik biasa biasanya digunakan sebagai pakan burung atau hewan peliharaan.

Keunikan

Jangkrik alam memiliki keunikan pada tubuhnya yang memiliki sayap dan dapat terbang. Sedangkan jangkrik biasa tidak memiliki sayap dan tidak bisa terbang.

Pos Terkait:  Cara Mengatasi HP Mentok Logo

Kesimpulan

Secara keseluruhan, jangkrik alam dan jangkrik biasa memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaan utama antara kedua jenis jangkrik ini adalah ukuran, warna, suara, harga, penggunaan, dan keunikan tubuh. Jangkrik alam lebih besar, memiliki warna yang lebih gelap, suaranya lebih nyaring, harganya lebih mahal, dan memiliki keunikan pada tubuhnya. Sedangkan jangkrik biasa lebih kecil, memiliki warna yang lebih terang, suaranya lebih lemah, harganya lebih terjangkau, dan tidak memiliki sayap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close