Caramantap

Perbedaan Pie dan Tart: Apa Saja?

×

Perbedaan Pie dan Tart: Apa Saja?

Share this article

Pie dan tart, dua jenis kue yang seringkali membuat kita bingung. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Yuk, kita bahas satu per satu!

Pie

Pie merupakan kue yang terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan mentega atau margarin. Adonan tersebut kemudian diisi dengan berbagai macam isian, seperti buah-buahan, daging, sayuran, atau bahkan krim.

Salah satu ciri khas pie adalah adanya tutup atau kulit di bagian atasnya. Tutup tersebut dapat berupa adonan tepung yang sama dengan bagian bawah pie atau bisa pula berupa potongan-potongan kering yang diatur sedemikian rupa.

Ada beberapa jenis pie yang cukup populer di Indonesia, seperti pie apel, pie kentang, pie daging, dan pie susu.

Tart

Sedangkan tart, merupakan kue yang terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan mentega atau margarin yang kemudian dipadatkan dan dipanggang. Tart umumnya diisi dengan berbagai macam bahan, seperti buah-buahan, krim, atau cokelat.

Bedanya dengan pie, tart tidak memiliki tutup atau kulit di bagian atasnya. Jadi, ketika dilihat dari atas, isiannya akan tampak terbuka dan terlihat jelas.

Beberapa jenis tart yang seringkali ditemukan di Indonesia antara lain tart blueberry, tart lemon, dan tart cokelat.

Pos Terkait:  Sebutkan Penelitian yang Menjelaskan Penerapan Fisika di Bidang Energi

Perbedaan Lainnya

Selain dari segi bentuk, ada beberapa perbedaan lainnya antara pie dan tart. Salah satunya adalah tekstur adonannya.

Adonan pie biasanya lebih padat dan kering, sedangkan adonan tart cenderung lebih lembut dan kruukru. Hal ini disebabkan oleh perbedaan dalam penggunaan mentega atau margarin dalam adonan.

Selain itu, pie umumnya lebih besar dan lebih tebal daripada tart. Ukuran pie biasanya mencapai 8-10 inci, sementara tart hanya sekitar 3-4 inci.

Kesimpulan

Jadi, meskipun seringkali terlihat mirip, pie dan tart memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pie memiliki tutup atau kulit di bagian atasnya, sedangkan tart tidak. Adonan pie juga lebih padat dan kering, sedangkan adonan tart lebih lembut dan kruukru.

Bagi penggemar kue, tentu saja perbedaan ini bisa menjadi pengetahuan yang menarik dan berguna. Kini, saat membeli kue, kamu sudah tidak bingung lagi antara pie dan tart, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close